www.riaukontras.com
| Kajati Riau dan Ketua IAD Riau Lakukan Kunker dan Supervisi IAD di Kejaksaan Negeri Bengkalis | | Dewan Pakar Adhyaksa Award 2024 Rilis 15 Nama Finalis Peraih Penghargaan Bergengsi | | Kajati Akmal Abbas Resmikan Rumah Restorative Justice Bersama | | Serahkan Berkas ke Kesbangpol, Romi: PJC Terus Berkomitmen Lahirkan Wartawan Profesional | | Masyarakat Desa Buruk Bakul Resah, Minta Polda Riau Proses Laporan DPN-PETIR | | Berhasil Bawa Negeri Siak Berkemajuan, Bupati dan Wakil Bupati Siak Terima Gelar Adat
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 13 Juni 2024
 
Wartawan Beritakan Indikasi Korupsi di Proyek Pembangunan Tribun Nias Utara
Kadis PUPR Nias Utara Diduga Suruh Sepupu Ancam dan Pukul Wartawan
Editor: | Sabtu, 03-02-2018 - 10:50:16 WIB


TERKAIT:
   
 

NIAS UTARA,  RIAUKontraS.com -  Pemberitaan terkait Pembangunan Tribun Nias Utara Diduga Bermasalah, Kadis PUPR Yulius Zai ST Suap Wartawan dengan Uang berbuntut dengan pengancaman bahkan pemukulan terhadap wartawan yang Aktornya diduga dilakukan oleh Kadis PUPR Nias Utara.

Salah seorang Wartawan yang bertugas di Kab. Nias Utara, Efori Gea selaku Kepala Biro Riaukontras gmail.com hampir saja dipukuli oleh oknum honor di Dinas PU Kab. Nias Utara, kejadiannya di Kantor  dinas PU Kab. Nias Utara (Selasa, 30/01/3018).

Kejadian itu terjadi akibat dari pemberitaan pelaksanaan pembangunan Tribun Nias Utara yang diduga telah menyalahi aturan yang ada, Yulius Zai memanggil wartawan di kantornya  untuk memberikan  penjelasan terkait pemberitaan tersebut. Begitu sampainya wartawan di kantor PUPR, Wartawan (korban) menunggu Kadis PU di ruang tunggu, salah seorang pemuda yang diketahui bernama Charlis (Pegawai Honorer) menghampiri hendak memukul korban, berkat bantuan dari pegawai yang ada ditempat itu, pukulan pelaku tidak sempat mengenai wajah korban.

Begitu selesai dilerai keributan, Kadis PU datang dan meminta maaf kepada korban atas kejadian tersebut dan pihaknya tidak menyuruh pelaku melakukan tindakan tersebut. Selanjutnya Yulius Zai mengajak korban ke ruangannya bersama Kasubag Keuangan  Y. Hulu dan PPK  R. Purba Dinas PU Nias Utara dan pelaku (Charlis) bahkan pelaku diketahui sepupu dari kadis PUPR Yulius zai.

Didalam ruangan Kasubag, Kadis PU menjelaskan  kepada pegawainya, kedatangan Kabiro Riaukontras (Efori Gea) di sini berdasarkan permintaan saya, siapapun yang datang di kantor ini jangan di buat  seperti yang sudah terjadi. Selanjudnya Yulius Zai mengatakan masalah ini kita selesaikan secara kekeluargaan, karena Charli ini  adalah anggota saya. Pada saat itu pelaku (Charli) mengakui bahwa itu adalah kesalahannya, dan minta maaf  kepada korban dan berdamai secara kekeluargaan.

Esoknya setelah kejadian di Kantor Dinas PUPR yakni Rabu, 31/01/2018, pelaku atas nama Charli yang mengendarai sepeda motor berplat "Merah" melakukan pengejaran  terhadap terhadap saya Efori (Efori Gea Red) di Desa Botolakha Kec. Tuhemberu sehinggga saya jatuh yang mengakibatkan Ibu Jari saya terluka. Kejadian ini sudah saya laporkan di Polsek Tuhemberua hari itu juga. Tutur Efori Gea (Wartawan Riaukontras) kepada sejumlah Wartawan di Lotu, 01/02/2018.

Pada hari esoknya setelah kejadian di Kantor Dinas PUPR Nias Utara,  Rabu, 31/01/18 pelaku  Yang bernama Charli yang mengendarai  sepeda motor berplat "Merah" Dinas PU Kabupaten Nias Utara melakukan pengejaran  terhadap terhadap saya Efori di Desa Botolakha Kec. Tuhemberu sehinggga saya jatuh yang mengakibatkan Ibu Jari saya terluka. Bahkan kejadian ini sudah saya laporkan di Polsek Tuhemberua hari itu juga. Tutur Efori Gea (Wartawan Riaukontras) kepada sejumlah Wartawan di Lotu, 01/02/2018.

Ketika dikonfirmasi kepada Kadis PUPR Kab. Nias Utara melalui selulernya (01/02/2018) terkait jejadian ini, Yulius Zai berjanji akan bertemu dikantornya hari itu juga jam 16.00 wib untuk klarifikasi kejadian dimaksud. Hingga waktu yang ditentukan oleh Yulius Zai tiba, yang membuat janji akhirnya tidak menempati jajinya dengan alasan pihaknya sibuk, inipun diketahui setelah nomor selulernya Yulius Zai dihubungi kembali.

Beberapa LSM dan Insan Pers yang menunggu pertemuan yang dijanjikan Kadis PUPR Nias Utara merasa kesal atas janji palsu seorang Kadis yang membidangi pembangunan. Bagaimana dapat terwujud Visi dab Misi Pemkab Nias Utara kalau Kadis PUPR nya seperti ini ? Ketus salah seorang LSM

Menanggapi ancaman terhadap wartawan, Wakil Ketua PWRI Nias Utara Agus Hulu  ketika di mintai tanggapannya mengatakan, mengutuk dan sangat menyayangkan perbuatan brutal yang di lakukan oleh oknum anggota Kadis PU Nias Utara, seharusnya jangan menggunakan cara - cara premanisme yang bisa mencendarai orang lain, Wartawan itu di lindungi oleh Undang-undang dalam profesi nya sebagai Jurnalistik. Kita berharap kepada Bupati Nias Utara agar meberikan pembinaan kepada Yulius Zai agar bawahannya itu dapat di arahkan ke jalan yg benar agar tidak menjadi Preman Koboy  tutur Agus Hulu dengan nada kesal.

Emos selaku Pimpinan Redaksi Riaukontras.com ketika wartawan meminta tanggapannya terkait apa yang dialami oleh anggotanya di Nias Utara mengatakan, sangat menyayangkan dan mengutuk perbuatan oknum pegawai honorer PUPR Nias Utara kepada wartawan saya, jelas bahwa wartawan itu dilindungin dengan UU No. 40 Tahun 1999, Pasal 18, Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah). Seharusnya Kadis  PUPR Yulius Zai menjelaskan kepada wartawan bukan dengan cara premanisme. Jelasnya

Apalagi informasi yang kita dapat bahwa yang melakukan ancaman terhadap wartawan itu adalah sepupu dari Yulius Zai Kadis PUPR Nias Utara, kita meminta Bupati Nias Utara Ingati Nazara untuk segera mencopot Carlis pegawai honorer dan Yulius Zai sebagai Kadis PUPR Nias Utara, karna dinilai sudah tidak layak sebagai pejabat publik yang masih menggunakan cara-cara Premanisme yang bisa membahayakan diri orang lain. Tegas Emos

Angga

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Kadis PUPR Nias Utara Diduga Suruh Sepupu Ancam dan Pukul Wartawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved