www.riaukontras.com
| Jaga Marwah Adat, Tameng Adat LAMR Mandau Jalin Sinergitas Dengan Aparat Keamanan | | Program Bimtek ke Bali Tak Mencerminkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa, Ini Ungkap 2 Ketua LSM | | Desa Kembung Baru Jadi Tuan Rumah di Piala Karang Taruna Rayon Bengkalis Timur Jilid VI | | Pemdes Senggoro: Pentingnya Imunisasi Tetes Manis Polio untuk Balita dan Anak-anak, Ini Jadwalnya | | Berikut Penjelasan, Tunda Pembayaran Honor RT/RW se Kota Pekanbaru | | Jebakan Dukun Politik Ala RZ, Paslon Tunggal & Kotak Kosong
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 22 Juli 2024
 
Sisa Bonus Atlet Porprov 2022, Kisruh Hingga Berbalas Pantun Antara Disparbudpora dan KONI Bengkalis
Editor: Indra | Jumat, 05-01-2024 - 14:00:26 WIB

TERKAIT:
   
 

Bengkalis, RIAUkontras.com – Belasan Pengurus Cabang Olahraga (Pengcab) menemui Kadis Parbudpora Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, Kamis (4/1/2024). Mereka mempertanyakan permasalahan sisa bonus Porpov X Riau, yang belum dibayarkan oleh KONI Bengkalis.


Melalui pertemuan diruang kerja kantor Disparbudpora Kabupaten Bengkalis, Jalan Arif Rahman-Bengkalis, sejumlah perwakilan cabang olahraga (Cabor) diantaranya Cabor Panjat Tebing, Tenis Meja, Arung Jeram, Silat, Catur, Atletik, Kempo, Petanque, Aero Sport dan anggota KONI Bengkalis, serta pengurus KONI Bengkalis.


Dalam pertemuan, Kadis parbudpora Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, tampak menerima kedatangan perwakilan Cabor. Melalui diskusi yang hangat, persoalan kisruh hingga “berbalas pantun” antara Kadis Parbudpora dan Ketua KONI Bengkalis terkait Bonus Atlet Porprov tahun 2022 di Kuansing, yang sejak awal dijanjikan KONI Bengkalis sebesar Rp 35 juta, namun hanya terealisasi Rp14 Juta, Rp 9 juta dan Rp 7 juta bagi peraih medali emas, perak dan perunggu, yang disalurkan oleh Disparbudpora karena sudah sesuai dengan regulasi yang ada.


Ternyata dalam diskusi itu, sejumlah cabor mendapatkan penjelasan kondisi tata kelola keuangan KONI yang diduga bermasalah. Dimana dana hibah KONI yang dialokasikan tahun 2023 sebesar Rp 4,5 Miliar, telah dicairkan berdasarkan proposal KONI Bengkalis yang ditandatangani oleh Ketua KONI Darma Firdaus Sitompul.


"Kita ni yaah pusing melihat KONI, sampai kita mendapatkan surat terguran dari BPK-RI, karena dianggap tidak bisa membina KONI," ujar Kadisparbupora Bengkalis Edi Sakura sambil memperlihatkan dari isi surat teguran dari BPK-RI dimaksud kepada cabor yang hadir.


Selain itu Edi Sakura yang memperlihatkan surat teguran BPK-RI turut menjelaskan, terkait dengan pencairan tahap I sebesar Rp 3,5 miliar pada tanggal 14 April 2023 hingga terbitnya surat peringatan (SP) I oleh Kadisparbudpora per tanggal 7 Agustus 2023. Karena belum juga diserahkan surat pertanggung-jawaban (SPj) dengan deadline tanggal 31 Agustus 2023 lalu.


Namun pada tanggal 10 Oktober 2023 kembali terbit SP II dari Kadisparbudpora kepada Ketua KONI Bengkalis Darma Firdaus Sitompul, bahwa KONI yang isi surat berbunyi, baru menyerahkan SPj sebesar Rp 937 juta lebih dari total Rp 3,5 miliar, yang diterima dengan deadline paling lambat 17 Oktober 2023, agar segera menyerahkan laporan pertanggung-jawaban ke Disparbudpora.


Selanjutnya, di tanggal 24 Oktober 2023 Ketua KONI Bengkalis kembali dilayangkan surat peringatan III, dalam surat tersebut (SP III), setelah diserahkan SP II Ketua KONI Bengkalis kembali menyerahkan SPj sebesar Rp620 juta lebih. Sementara pada SP III tersebut, masih tersisa SPj yang harus diserahkan yakni sebesar Rp 1,9 miliar lebih ke Disparbudpora paling lambat 31 Oktober 2023.


"Mengingat surat perintah membayar (SPM) langsung (LS) paling lambat tanggal 22 Desember 2023, Darma Firdaus Sitompul selaku Ketua KONI Bengkalis tak mampu menyelesaikan SPj secara keseluruhan dari total Rp 3,5 miliar pada pencairan tahap I, pada tanggal 14 April 2023," ungkap Edi Sakura.


Maka, sisa dana KONI Bengkalis sebesar Rp1,1 miliar yang harus dicairkan pada tahap II, karena permasalahan SPj KONI Bengkalis yang belum rampung, Disparbudpora menindaklanjutinya sesuai regulasi yang ada dengan tidak mencairkan anggaran sisa tersebut.


"Hal ini sudah kita sampaikan ke Inspektorat untuk ditindaklanjuti,"ungkapnya.


Tentu saja setelah mendapatkan penjelasan langsung dari Disparbudpora Bengkalis, perwakilan cabor terkejut atas jawaban dari Kadisparbudpora Bengkalis Edi Sakura.


Sementara dari anggaran yang diketahui melalui anggaran KONI Tahun 2023 sebesar Rp3,5 miliar yang cair, alokasi dana KONI sebesar Rp2,4 miliar, sedangkan sisanya Rp1,1 miliar untuk opersional masing-masing Cabor. Anggaran itu mengisyaratkan adanya pembinaan cabor yang tebang pilih, ibarat ada anak tiri dan anak kandung.


Perbedaan pemberian anggaran hibah ke cabor tertentu, ada yang ratusan juta seperti Cabor Anggar dan Sepeda, dibanding cabor lainnya. Pertemuan antara perwakilan cabor dan Kadisparbudpora Bengkalis Edi Sakura, sempat menuai protes, sebab yang selama ini bertungkuslumus latihan adalah atlet dan pelatih, malah pengurus KONI pulak yang mewah mendapatkan imbalan gaji dan juga dana operasional lainnya.


Saat dikonfirmasi dengan salah satu pengurus cabor yang enggan namanya menyebutkan, terkait dana pembinaan tahun 2023 dan 2022 SPj KONI lambat diserahkan ke Disparbudpora Kabupaten Bengkalis dan tak sedikit pula uangnya, tentu tahun-tahun sebelumnya bisa jadi sebesar itu juga.


"Dapat disimpulkan bahwa Kadis Parbudpora sudah benar-benar transparan dalam menjelaskan persoalan yang ada kepada semua pihak khususnya kami pengurus cabor, atlet dan pelatih, sangat puas kami terkait permasalahan bonus. Semestinya Ucok (Ketua KONI) Itu berembuk dulu dengan Kadisparbudpora dalam menentukan anggaran bonus ke atlet, jangan dio asbun (asal bunyi) menjanjikan yang manis ajo, dah diujung begini dio pulak yang buang badan nak membenturkan kami dengan Pak Kadisparbudpora,"ujarnya.


Sebelum mengakhiri pertemuan,  perwakilan pengurus Cabor mempertanyakan terkait dengan bonus, "Kita tetap menganggarkan Dana Pembinaan untuk KONI Rp 4.5 M di tahun 2024," ungkap Kadis.**(rls).


Sumber : Jetsiber.com


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Sisa Bonus Atlet Porprov 2022, Kisruh Hingga Berbalas Pantun Antara Disparbudpora dan KONI Bengkalis
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved