www.riaukontras.com
| Jaga Marwah Adat, Tameng Adat LAMR Mandau Jalin Sinergitas Dengan Aparat Keamanan | | Program Bimtek ke Bali Tak Mencerminkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa, Ini Ungkap 2 Ketua LSM | | Desa Kembung Baru Jadi Tuan Rumah di Piala Karang Taruna Rayon Bengkalis Timur Jilid VI | | Pemdes Senggoro: Pentingnya Imunisasi Tetes Manis Polio untuk Balita dan Anak-anak, Ini Jadwalnya | | Berikut Penjelasan, Tunda Pembayaran Honor RT/RW se Kota Pekanbaru | | Jebakan Dukun Politik Ala RZ, Paslon Tunggal & Kotak Kosong
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 22 Juli 2024
 
Upacara HUT PGRI ke-78, Bagus Santoso: Guru Berpengaruh dalam Membentuk Generasi Penerus Berkualitas
Editor: Indra | Kamis, 30-11-2023 - 12:17:02 WIB

TERKAIT:
   
 

Bengkalis, RIAUkontras.com - Sempat diguyur hujan lebat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tetap melaksanakan upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dengan tema,"# "Bergerak  Bersama Rayakan Merdeka Belajar" bertempat di lapangan Tugu Bengkalis Kota, Kamis 30 November 2023.


Upacara peringatan hari ini, ikut guru-guru dan Sekolah-sekolah tergabung dua Kecamatan yaitu Bengkalis dan Bantan yang dipimpin langsung Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso, MP.


Peringatan HGN 2023 dan HUT PGRI ini, disambut riang gembira serta semangat para guru saat mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian seragam batik PGRI.


Dalam kata sambutan, Wakil Bupati Bengkalis, H. bagus Santoso membaca teks dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. Mengatakan, "Tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir saya merayakan Hari Guru Nasional.


Hal ini membuat saya merasa sedih, karena saya pasti akan rindu bertemu dengan ibu dan bapak semua. Saya yakin bahwa ibu dan bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal merdeka belajar.


"Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar," kata Wakil Bupati DR Bagus saat membaca sambutan tertulis, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


Sambung Bagus lagi, pada tahun pertama merdeka belajar, pemerintah telah menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Dengan menerapkan asesmen nasional agar semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan renumerasi serta karakter murid.


Pada tahun berikutnya, akan meluncurkan kurikulum merdeka, jika asesmen nasional mengukur tujuan perubahan, kurikulum merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru.


Karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.


Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform merdeka mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka.


"Terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan guru penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.


Mari kita rayakan hari guru ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan merdeka belajar," tutur Nadiem Anwar Makarim melalui Wabup Bengkalis.


Diutarakan Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso mengucapkan, terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas jasa para guru yang telah mengabdikan dirinya dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.


Peran guru sangatlah berpengaruh dalam membentuk karakter dan mencetak generasi penerus yang berkualitas, dan PGRI menjadi wadah yang tepat untuk menyatukan para pendidik dalam menghadapi berbagai tantangan pendidikan di era modern.


“Perjalanan PGRI selalu mewarnai dunia pendidikan Indonesia khususnya dalam memperjuangkan harkat dan martabat guru agar lebih baik. PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru pendidik dan tenaga kependidikan dalam berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan,” ucap Bagus Santoso.


Wabup Kabupaten Bengkalis juga berharap, peringatan HGN Tahun 2023 dan HUT ke-78 PGRI, dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan komitmen dari seluruh stakeholder terkait dalam mencerdaskan anak bangsa melalui dunia pendidikan.


“Makna peringatan ini harus dapat menumbuhkan semangat atau spirit perjuangan kita semua untuk mencerdaskan anak didik kita sebagai generasi emas dan memajukan dunia pendidikan di Negeri Junjungan,” beber Bagus.


Pantau media Pjsriau.com, tampak hadir Kasdim 0303/Bengkalis, Mayor Arh. Sudiyono, Kapolres Bengkalis diwakili Wakapolres Bengkalis Kompol Faris Nur Sanjaya, Sekretaris PN Bengkalis, Jumari, Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Mumu Mu'min Muktasidin, Kepala Kemenag Bengkalis, H. Khaidir, Jaksa Fungsional Steven Jefferson Mallasak,


Danposal POS Bengkalis, diwakili Pelda Mar Reza Helvetio Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Muthu Saily, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis, Sufandi, Ketua PGRI Bengkalis sekaligus Kepala Dinas Perikanan Kab. Bengkalis, Hj. Kholijah, Sekretaris Camat Bengkalis M. Jepri, Ketua MUI Bengkalis H. Amrizal, Ketua Baszas Bengkalis Ismail serta Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Dilingkungan Pemkab Bengkalis.


Usai upacara turut diserahkan penghargaan kepada guru berprestasi, kemudian Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menyempatkan untuk bersalaman dengan para guru dan berfoto bersama, serta di hibur dengan acara pertunjukan dari murid, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama Bekolaborasi dangan para Guru di Dua Kecamatan yang berada di pulau Bengkalis.**


Jurnalis : indra_jedt


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Upacara HUT PGRI ke-78, Bagus Santoso: Guru Berpengaruh dalam Membentuk Generasi Penerus Berkualitas
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved