www.riaukontras.com
| Jaga Marwah Adat, Tameng Adat LAMR Mandau Jalin Sinergitas Dengan Aparat Keamanan | | Program Bimtek ke Bali Tak Mencerminkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa, Ini Ungkap 2 Ketua LSM | | Desa Kembung Baru Jadi Tuan Rumah di Piala Karang Taruna Rayon Bengkalis Timur Jilid VI | | Pemdes Senggoro: Pentingnya Imunisasi Tetes Manis Polio untuk Balita dan Anak-anak, Ini Jadwalnya | | Berikut Penjelasan, Tunda Pembayaran Honor RT/RW se Kota Pekanbaru | | Jebakan Dukun Politik Ala RZ, Paslon Tunggal & Kotak Kosong
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 22 Juli 2024
 
Luruskan Berita Hoax, Kapolres Bengkalis: Peran Pers Sangat Penting dalam Pemilu Damai 2024
Editor: Indra | Senin, 20-11-2023 - 23:44:01 WIB

TERKAIT:
   
 

Bengkalis, RIAUkontras.com - Kapolres Bengkalis AKBP Satyo Bimo Anggoro,.S.H,.S.I.K,.M.H, di dampingi oleh Waka Polres Bengkalis Kompol Faris Nur Sanjaya, Kabag Ren Polres Bengkalis Kompol Fridolin beserta PJU Polres Bengkalis, mempererat silaturrahmi yang sudah terbina sekaligus makan malam bersama Journalist di Pulau Bengkalis 


Dengan suasana santai sambil menikmati hidangan asam pedas ikan Gerut dan sambil minum secangkir kopi, juga hiburan musik yang berada di Zamatra Coffee jalan Sultan Syarif Kasim Kelurahan Damon, Kecamatan Bengkalis, Senin 20 November 2023, malam.


AKBP Setyo Bimo Anggoro dalam sambutannya mengatakan, Kampanye tertutup akan dimulai dari tanggal 28 November sampai dengan tanggal 21 Januari 2024, dari Polres Bengkalis terutama mewakili dari Pemda Daerah, kami telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut pesta Demokrasi. 


Kita sudah mulai dengan beberapa Deklarasi Pemilu Damai, ada apel kebangsaan, gelar sarana prasarana pengamanan pemilu ada latihan sispamkota yang di lapangan Tugu, ada juga diselenggarakan Polres Bengkalis maupun dilaksanakan dari KPU maupun dari Bawaslu Kabupaten Bengkalis.


Kapolres Bengkalis, melihat di beberapa waktu ini, belum ada yang menyentuh rekan-rekan media, menurut dirinya sebenarnya terkait Pemilu, tidak hanya terkait dengan kontestan nya, penyelenggaranya tidak hanya pengawasnya dan fungsi pengamanannya tapi yang terpenting adalah peran  rekan-rekan pers dalam pemilu tahun 2024 ini," ujar AKBP Bimo. 


Media mempunyai peran yang sangat luar biasa dalam pemilu mendatang, apa perannya itu adalah menjamin semua informasi terkait dengan Pemilu itu adalah informasi yang benar, dan tidak Hoak, sekarang sudah eranya media sosial era di mana sudah tidak ada batas lagi orang menyampaikan informasi menyampaikan berita bahkan kalau di boleh bilang semua orang sudah jadi wartawan, emang tidak punya media.


"Tetapi mereka punya media sosial dan tidak punya kartu pers, dia punya kuota aja sudah cukup. dia memberitakan mobilitas itulah perbeda masyarakat awam dengan media. Rekan-rekan media punya kode etik jurnalistik, yang sudah diatur dalam undang-undang Pers no. 40 tahun 1999.


Membedakan rekan-rekan dengan masyarakat umum, mereka mungkin tidak paham tentang bagaimana menyampaikan suatu berita, bagaimana mencari berita, dam mengklarifikasi berita itu, kebenarannya keabsahannya sumbernya valid atau tidak, nah disinilah peran penting pers untuk meluruskan Berita Hoax," ungkap Kapolres, usai makan malam dan sambil santai nikmati secangkir Kopi di sebuah Caffe yang berada di pulau Bengkalis.


Saya ingin rekan-rekan media, mempunyai peran besar untuk memastikan semua berita yang ada di media, adalah berita-berita yang benar dan dapat diverifikasi kebenarannya maupun sumbernya, kemudian banyak sekali informasi di media yang tersebar yang kita tidak tahu kebenarannya dan itu akan memicu yang namanya polarisasi masyarakat, akan memicu adanya gangguan Kamtibmas di Kabupaten Bengkalis  yang kita cintai ini.


Lanjutnya, fanatisme dari pendukung parpol tertentu pendukung caleg tertentu, bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, mengakibatkan gangguan keamanan. maka peran wartawan atau pers, untuk mengamankan media sosial, agar lebih bijak dalam penggunaan media sosial supaya tidak menjadi bumerang bagi pengguna medsos.


"Kalau kami mengamankan Kamtibmas, disinilah peran rekan-rekan sangat penting mengawal di (medsos) media sosial, bagaimana caranya rekan-rekan jaringan pemberitaan lebih luas lagi dari kami pihak kepolisian Republik Indonesia beritanya pasti lebih luas daripada kamu yang di Polres.


Karena setiap hari rekan-rekan berkutat di dalam pemberitaan tentunya apabila rekan-rekan mencari berita dan membuat pemberitaan Kita yakin sudah pasti valid sudah pasti informasinya, serta kebenar, pasti diklasifikasi terlebih dahulu sebelum berita  di naikkan, kalau ada rekan-rekan menemukan berita-berita di media belum pasti kebenarannya mohon diinformasikan kepada kami, untuk kita bisa bantu klarifikasi apakah berita itu benar ataukah tidak." ujarnya. 


Diutaranya lagi, Apabila menemukan ada dugaan kecurangan, pelanggaran Pemilu,  maupun tidak pidana Pemilu dipersilahkan sampaikan kepada kami, agar jelas penanganannya untuk memberikan kepastian hukum, jangan sampai nanti ada kejadian pelanggaran Pemilu diberitakan oleh kelompok si A, 


Kemudian seolah-olah tidak ada penindakan itu, kemudian tidak juga diberitakan dianggapnya tidak ada upaya terhadap kelompok si A ini, sedangkan semuanya harus berimbang dan kami sampaikan di sini, Polres Bengkalis mewakili secara khususnya Kepolisian Negara Republik Indonesia,


"Kami bersifat netral kami tidak berpihak kepada siapapun meskipun di dalam koridor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), adalah dalam urusan berkoridor, tapi di luar itu dalam kontestansi pemilu tentu, kita melepaskan semua atribut itu, hanya pakai atribut Kepolisian.


Sebagai aparatur penegakan hukum aparatur (APH) untuk selalu penjaga Stasiun kamtibmas, kami bersifat netral, tidak ada kepercayaan baik kepada kelompok maupun orang tertentu, komitmen Polres Bengkalis dan kami sudah memberikan stressing ini, kepada seluruh anggota Polres, 


Apabila menemukan ada anggota kami di Polres Bengkalis yang sekiranya dianggap berpihak dan tidak Netral, dianggap membantu  beberapa calon atau diantaranya silakan laporan kepada kami," tegas AKBP Setyo Bimo Anggoro.


Untuk berikan klarifikasi kalau memang terbukti akan pastikan, "Saya tidak dengan tegas, itu Komitmen kami, meneruskan perintah dari Bapak Kapori melalui Bapak Kapolda Riau, yang kami sampaikan kepada rekannya media mohon bantuan luruskan.


Untuk melakukan patroli cyber di media, untuk mengklarifikasi semua pemberitaan, pertanyaan karena apapun yang anda ketik di media itu, akan berdampak terhadap prestasi keamanan, apa pun yang anda ketik itu akan berdampak terhadap prestasi keamanan." tutup Kapolres Bengkalis dengan tegas.


Penulis : Indrajedt


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Luruskan Berita Hoax, Kapolres Bengkalis: Peran Pers Sangat Penting dalam Pemilu Damai 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved