www.riaukontras.com
| Langkah Strategi Pemkab Siak Wujudkan Indonesia Emas 2045 | | Usai Bada Jumat, Kejari Temu Ramah Bersama Jurnalis Pulau Bengkalis | | Alfedri: Apresiasi Pembangunan di Kampung Rawang Kao Berkembang Pesat | | Pimpinan DPRD Bengkalis Hadiri Penyampaian LHP LKPP Tahun 2023 | | Pansus RPJPD Bengkalis Sinkronkan Draft Ranperda ke Bappedalitbang Provinsi Riau | | Wakil Ketua DPRD Bengkalis Silaturahmi dan Sambut Aspirasi Guru P3K
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 13 Juli 2024
 
Sentuhan Tangan Dingin Kasmarni, Negeri Junjungan Raih Juara Umum MTQ Riau 2023
Editor: Indra | Senin, 20-11-2023 - 14:15:06 WIB

TERKAIT:
   
 

Bengkalis, RIAUkontras.com - Penantian panjang sekitar 41 tahun, ternyata melalui sentuhan tangan dingin Bupati Kasmarni, akhirnya kafilah Kabupaten Bengkalis berhasil meraih prestasi gemilang sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau 2023.


Gelar juara umum yang disandang kafilah Kabupaten Bengkalis pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu, tentu tak lepas dari komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis di bawah kepemimpinan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso, memajukan pembangunan sektor keagamaan.


Pembangunan sektor keagamaan yang dilakukan bupati perempuan pertama di Bumi Lancang Kuning ini meliputi pembinaan kader Al-Quran melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bengkalis.


Dalam pembinaan kader Al-Quran tidak hanya sebatas di level kabupaten, namun pembinaan pada level akar rumput yakni di desa dan kelurahan serta kecamatan. Pada tataran level desa/kelurahan dan kelurahan, dialokasikan melalui anggaran untuk pembinaan.


Terlebih pada masa kepemimpinan Bupati Kasmarni, desa/kelurahan dan kecamatan diberi amanah untuk mengelola dana sebesar Rp 1 miliar yang masuk dalam program satu miliar, satu desa, satu kelurahan dan satu miliar satu kecamatan.


Melalui program unggulan ini, pemerintah desa/kelurahan maupun kecamatan dapat mengalokasikan anggaran pembinaan untuk memajukan sektor keagamaan, seperti pembinaan kader Al Quran melalui MTQ tingkat desa, kelurahan dan kecamatan.


Khusus untuk pembinaan di level kabupaten, anggaran yang dialokasikan Pemkab Bengkalis setiap tahun mengalami peningkatan. Melalui dana hibah kepada LPTQ Kabupaten Bengkalis secara rinci pada tahun 2022 sebesar Rp.1.265.000.000. Anggaran ini naik di 2023 menjadi Rp.1.400.891.000.


Tak hanya itu, mantan Camat Pinggir ini juga telah komitmen memberikan bantuan beasiswa tahfizh (penghafal Al Quran) bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.


Kemudian, program satu da'i satu desa/kelurahan yang menjadi penggerak dakwah di ceruk-ceruk kampung Kabupaten Bengkalis, serta program bantuan kepada rumah ibadah.


Program bantuan beasiswa tahfizh telah dilakukan sejak dua tahun atau selama kepimpinan Bupati Kasmarni. Bantuan yang digelontorkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Bengkalis ini, pada tahun 2022 kategori dalam negeri sebanyak 50 orang, dengan anggaran Rp.1.200.000.000. Sedangkan luar negeri sebanyak 20 orang dengan anggaran mencapai Rp.1.260.000.000.


Anggaran ini berubah di 2023, mahasiswa dalam negeri naik menjadi 85 orang dengan anggaran Rp.2.040.000.000. Sedangkan luar negeri masih 20 mahasiswa dengan anggaran Rp.960.000.000.


Diungkapkan Bupati Kasmarni, sebagaimana visi untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera, tidak hanya fokus pada pembangunan fisik semata, namun harus meliputi pembangunan sumber daya manusia maupun nilai-nilai spritual.


Terkait prestasi gemilang juara satu pada MTQ tingkat Provinsi Riau di Indragiri Hulu, Bupati Kasmarni mengatakan atas nama masyarakat dan Pemkab Bengkalis mengucapkan selamat dan tahniah kepada kafilah Negeri Kabupaten Bengkalis.


“Keberhasilan ini tentu tak lepas dari kerja keras seluruh elemen, mulai dari peserta, pelatih, official dan tentunya dukungan orang tua, sehingga Kabupaten Bengkalis dapat memboyong piala juara pertama,” ujar Kasmarni.


Yang lebih membuat Kasmarni bangga, para peserta yang ikut dalam perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2023, merupakan anak watan dari Kabupaten Bengkalis. Artinya seluruh peserta tidak ada istilah pemain impor namun seluruhnya para generasi qurani dari Negeri Junjungan.


“Tentu kami memberikan apresiasi atas prestasi ini, apalagi seluruh peserta yang tampil merupakan anak-anak dari Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.


Kebanggaan Bupati Kasmarni semakin kuat, karena selain memboyong gelar juara umum pada perhelatan MTQ Riau tahun 2023, ternyata salah satu Kabupaten Bengkalis tepatnya Muhammad Firdaus menyuguhkan prestasi gemilang yang dinobatkan sebagai qori terbaik tingkat Provinsi Riau. Terlebih sang qori terbaik ini, merupakan seorang pemuda asal Desa Muntai Kecamatan Bantan.


“Ini lah yang semakin membuat kita bangga dan kagum,” tandas Kasmarni, Senin, 20 November 2023.


Capaian prestasi sebagai juara umum pada perhelatan MTQ ke-41 tahun 2023, tentu menjadi cambuk bagi Pemkab Bengkalis maupun LPTQ dan seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan capaian itu pada tahun berikutnya.**


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Sentuhan Tangan Dingin Kasmarni, Negeri Junjungan Raih Juara Umum MTQ Riau 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved