www.riaukontras.com
| Masyarakat: 6000 Bibit Sawit sudah Ditanam Lalu Dicabutnya, Apa Tidak Ada Pidananya? | | Siapkan SDM Berkualitas, Pemkab Siak Lanjutkan Program BeTunas | | Kajati Riau Ikuti Kunjungan Kerja Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung RI Secara Virtual | | Pengarahan Jaksa Agung RI Dalam Kunjungan Kerja di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan | | Plh. Asisten Pembinaan Kejati Riau Ikuti Halo RB Mei 2024 Karocana Tiyas Widiarto Secara Virtual | | Jam-Pidmil Kejagung Sosialisasi Nota Kesepahaman Kejaksaan RI dan TNI
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 9 Mei 2024
 
Bupati Kasmarni berikan Hadiah Pemenag Lomba Jalan Santai di Fastival Budaya Bahari 2023
Editor: Indra | Minggu, 22-10-2023 - 21:00:30 WIB

TERKAIT:
   
 

Selatbaru, RIAUkontras.com - Sebagai pemasaran Pariwisata untuk menarik minat para wisatawan yang berkunjung di Objek wisata di Pantai Indah Selat Baru, baik yang berada di pulau Bengkalis maupun mancanegara, Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disprabudpora) Kabupaten Bengkalis selenggarakan Festival Budaya Bahari tahun 2023 di Kecamatan Bantan, Ahad, 22 Oktober 2023.


Dalam menciptakan kemajuan ke Pariwisataan daerah yang memunculkan kearifan lokal yang sudah ada dari jaman terdahulunya, dalam kehidupan masyarakat, sehingga menjadi jati diri sebagai bangsa baharu tetap utuh dan terjaga hingga kini.


Beranjak dari hal tersebut maka, kegiatan ini pun berlangsung selama dua hari sejak, Sabtu - Ahad, tanggal 21 sampai dengan, 22 Oktober 2023, Pantau media RIAUkontras.com, Pengunjung memadati objek wisata pantai indah Selat Baru untuk melihat acara yang ditaja Disprabudpora Bengkalis yang di gelar pembukaan dan berbagai perlombaan yaitu, Penampilan Kesenian dan Budaya, dari Tari Kreasi Re Entertainment, Joget Twist serta Atraksi Barongsai kemudian dilanjutkan dengan Perlombaan Melukis, Melanggai, Jung, Layang-layang dan Perlombaan Gasing.


Perlombaan Budaya dihari kedua, Ahad, 22 Oktober, di mulai dari pagi yaitu, Penampilan Joget Twist, Senam Masal, Jalan Santai di ikuti seluruh masyarakat lokal dan pengunjung luar daerah kabupaten Bengkalis, lanjut dengan perlombaan festival Budaya Bahari 2023, penampilan Keseniaan dan Budaya. Sanggar Taria Melayu, Zapin Meskom, Akustik Igor, Sanggar Sayang-sayang Selat serta Tarian Suku Banjar dan suku-suku yang berada di kabupaten Bengkalis.


Semua hadiah lomba uang tunai dan Tropi masing-masing kegiatan di sediakan panitia penyelenggara fastival, biaya yang dikeluarkan dari anggaran APBD Kabupaten Bengkalis, Tahun Anggaran 2023.


Dari Festival Budaya Bahari 2023, Bupati Kasmarni langsung pergi ke tempat istirahat yang sudah disediakan pantia, seperti biasa buk bupati mengendong anak kecil dari salah satu pengunjung yang berada di tempat makan tersebut.


Usai makan siang bupati perempuan pertama di provinsi riau didampingi Kadis Disprabudpora, Kabag Prokopim Syafrizal, mengendarai motor ATV (All Terrain Vehicle) menuju ke bagian utara pantai selat baru, untuk melihat proses pembangunan Plaza Kuliner.


Dalam pidato Bupati Bengkalis Kasmarni, mengatakan, menyampaikan bahwa Pariwisata adalah salah satu industri yang bisa menopang pergerakan ekonomi Indonesia termasuk Kabupaten Bengkalis.


Upaya pengembangan industri pariwisata di daerah, akan terus kita lakukan guna menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dan salah satu daya tarik yang memiliki potensi sangat besar untuk menarik wisatawan adalah melalui festival budaya dan tradisi seperti ini, dengan mengedepankan kearifan serta budaya masyarakat lokal yang sudah mengakar dalam kehidupan masyarakat melayu Kabupaten Bengkalis. Dengan mengusung tema “Melalui Festival Budaya Bahari, Kita Bangkitkan Jati Diri Menuju Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera”


Bupati Bengkalis mengatakan, sektor pariwisata telah menjadi salah satu fokus pembangunan daerah, melalui program pengembangan yang berbasis renewable resources.


Oleh karenanya kepada semua pihak kami mengajak, khususnya desa-desa yang ada di Kabupaten Bengkalis, mari kita memanfaatkan segala potensi yang ada di desa kita masing-masing, melalui keunikan dan keunggulan yang dapat dikembangkan, seperti peninggalan sejarah, keanekaragaman adat-istiadat dan budaya, kuliner, serta adanya dukungan keindahan panorama alam, pantai, hingga hutan dan mangrove.


"Karena kami yakin, segala keunggulan tersebut, apabila dikembangkan serta dikemas secara baik, ianya dapat menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat dan menjadi sumber pendapatan bagi desa maupun bagi daerah yang kita cintai ini,” ungkap Kasmarni, Bupati perempuan pertama di Riau ini.


Alhamdulillah, sambung Bupati Kasmarni lagi, Sektor pariwisata kita Kabupaten Bengkalis sudah mampu berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah, dimana pada tahun 2023 (sampai dengan bulan September), jumlah pajak dan retribusi sektor pariwisata kita telah mencapai Rp 14.167.763.114,00.


"Artinya industry pariwisata di daerah ini sangat menjanjikan, dan usaha ini harus terus kita genjot dalam mendukung perekonomian daerah,” pungkas Bupati Bengkalis.


Disampaikan, Kadis Disprabudpora Edi Sakura mengatakan, bangkit dunia kepariwisataan telah memberikan peluang baru bagi pemerintah, yang tertuang dalam PP nomor 35 Tahun 2021, tentang ketentuan umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang dimaksud dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pajak sektor Pariwisata terdiri dari pajak hotel, restoran, pajak hiburan, salon kecantikan dan rumah kebugaran.


"Data kunjungan wisatawan ke destinasi pariwisata yang ada tahun 2023, sampai dengan bulan September, sebanyak 142.520 orang, dan 28.208 orang (19,79 %) diantaranya berasa dari kunjungan wisatawan ke pantai indah selat baru, Kecamatan Bantan," ungkap Edi Sakura, saat diwawancarai, Ahad, 22 Oktober 2023.


Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2021, jumlah pajak dan restribusi sebesar Rp. 14.492.053.324,- (Empat belas milyar empat ratus sembilan puluh dua juta lima puluh tiga ribu tiga ratus dua puluh empat rupiah) atau sebesar 5,10% dari jumlah total PAD Kabupaten Bengkalis, tahun 2021 sebesar Rp. 284.233.330.195,72 (Dua ratus delapan puluh empat milyar dua ratus tiga puluh tiga juta tiga ratus tiga puluh ribu seratus sembilan puluh lima rupiah tujuh puluh dua sen).


Diutarakan lagi Edi Sakura, "tahun 2022, jumlah pajak dan restribusi sektor pariwisata sebesar Rp. 20.520.924.046 atau 5,87% dari total PAD, sebesar Rp. 349.797.980.621,15 (Tiga ratus empat puluh sembilan milyar tujuh ratus sembilan puluh tujuh juta sembilan puluh delapan ribu enam ratua dua puluh satu rupiah lima belas sen).


"Jumlah pajak dan restribusi sektor pariwisata, hotel, restoran, pajak hiburan, salon kecantikan dan rumah kebugaran, sebesar Rp. 14.167.763.114 dan Restribusi sektor pariwisata, sebesar Rp. 159.734.000,- kontribusi PAD, di sektor pariwisata terhadap Kabupaten Bengkalis pada tahun 2023, sampai akhir bulan September, sebesar 5,57% dari Rp. 252.499.361.121,28 (Dua ratus lima puluh dua milyar empat ratus sembilan puluh sembilan juta tiga ratus enam puluh satu ribu seratus dua puluh satu rupiah dua puluh delapan sen)," terang Kadis Disprabudpora di acara Festival Budaya Bahari 2023.


Kadis Disprabudpora mengatakan, "Agar PAD ini terus meningkat, Disparbudpora kabupaten yang dahulunya berjuluk Kota Terubuk, kemudian berjuluk Negeri Junjungan dan sekarang Bermasa, Bermarwah, Maju, dan Sejahtera ini mengadakan motor ATV (All Terrain Vehicle).


Kemudian, bagi pencinta Grasstrack dan Motorcross telah ada sirkuit standar internasional yang selalu dimanfaatkan anak-anak muda tempatan berlatih di sirkuit yang terletak di belakang UPT Pariwisata, sisi kanan jalan arah ke Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) pintu keluar masuknya para pelancong.


Diungkapkan Kadis Edi Sakura, Kebun Binatang juga akan dibuka pada Desember akhir tahun ini. Selain itu, Plaza Kuliner Insya Allah selesai tahun depan yang setelah Bupati Kasmarni makan siang kemarin melakukan peninjauan didampingi Kadis Edi Sakura, Kabag Prokopim Syafrizal, mengendarai motor ATV menuju ke bagian Utara pantai untuk melihat proses pembangunannya.


Pantauan jurnalis media ini, baik beberapa hari sebelum even Festival Budaya Bahari 2023 maupun pada Ahad semalam, Kebun Binatang hanya perlu sedikit pembenahan sehingga hewan yang telah diperuntukkan masih berada di luar Bengkalis yang diucapkan Kabid Pariwisata Alwizar kepada jurnalis, bisa menjadi warga di habitat buatan Pemkab Bengkalis ini. Keberadaan musholla di sisi kiri UPT Pariwisata nan mungil terlihat bersih, stok air yang memadai bisa dimanfaatkan untuk bersujud kepada Illahi.


Kebijakan panitia Festival Budaya Bahari Tahun 2023 yang tidak mengutip karcis masuk lokasi pantai dari peserta Jalan Santai adalah satu keputusan yang baik. Jumlah tong sampah perlu ditambah sedikit lagi sebab masih terlihat sampah di banyak titik sebagai bukti "Kebersihan sebagian dari iman" bagai pemanis mulut sahaja karena pengunjung membuang sampai dengan semena-mena m. Jaringan Wi-Fi gratis, jumlah 20 kursi santai di jalan pinggir turap juga pernah ditambah.


Memberikan pemahaman akan manfaat dari dipindahkannya para pedagang yang saat ini berjualan di jalan pinggir turap tadi ke lokasi yang tengah dibangun dengan ukuran ruang jauh lebih kecil membuat mereka tidak merasa enggan lagi dan itu bisa terselesaikan dengan para konsumen mereka yang duduk di kursi santai yang jumlahnya bertambah.


Apresiasi patut diberikan kepada MC Muhammad Rizal dan Deby saat memandu acara hiburan dan pencabutan undian jalan santai lewat kalimat yang sangat bersahabat, membuat gelak tawa kerap menggema di panas terik namun sejuk lagi nyaman adanya. Apresiasi juga sangat patut diberikan kepada Kadis Edi Sakura yang pernah menjadi Kadis Pendidikan dengan Program One Day One Ayat dahulu, memberikan tambahan hadiah berupa uang antara 100 sampai 500 ribu rupiah jika ada peserta yang hafal surah pendek dalam Al-Qur'an.


Tambahan hadiah lagi berupa manisan cermai dan jambu yang diborong Kadis Edi Sakura dari perempuan paruh baya yang mengaku punya anak lelaki semata wayang duduk di kelas VI SD, serta suaminya telah 7 bulan menderita stroke.


Saat pencabutan undian berlangsung, kursi untuk rombongan Bupati Kasmarni diduduki mayoritas pelajar SD termasuk jurnalis yang di sisi kanan ada Bayu yang bercita-cita menjadi TNI AD. Bayu ingin mendapatkan hadiah kedua berupa mesin cuci sebab mesin cuci bundanya rusak sehingga bunda terpaksa mencuci menggunakan tangan. Di sisi kiri pula duduk Noval yang bercita-cita menjadi Kepala Dinas ini, kalau bisa dapat hadiah utama kulkas yang akan diberikan kepada ibunya karena kulkas di rumahnya telah rusak sehingga ibunya sedikit kewalahan menyimpan bahan makanan termasuk bakso dan bakso tahu yang dijual sang ibu di depan rumah.


Kupon dua pelajar kelas V SDN 21 Bantan ini hingga akhir pencabutan undian tidak membawa hasil, harap tetaplah harap, beda jauh dengan perempuan di sisi kanan kami, dapat hadiah sumbangan Bank Riau Kepri Syariah Cabang Bengkalis juga dapat uang bonus berjoget. Sepertinya, jumlah hadiah ini perlu diperbanyak mungkin melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) partisipasi pihak bank yang ada di Pulau Bengkalis atau pihak-pihak yang ingin berkontribusi. Mungkin juga melalui sedekah pribadi yang diberikan sebab manfaat dahsyat akan dirasakan oleh pemberi yang ikhlas karena Allah SWT. Wallahu'alam Bissawab.


Dalam perjalanan pulang jurnalis bersama tiga teman seprofesi, yang makan semeja berlaukkan lokan dan sotong yang citarasanya masih belum ketemu feel-nya, tetapi udang sambal sangat lezat bahkan karena tidak habis disantap, dibawa pulang ke rumah dengan niat dan doa semoga Dinas Parbudpora serta pemimpin negeri Bengkalis senantiasa dalam ridho Yang Maha Kuasa.**


Jurnalis : Indra_Jedt


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Bupati Kasmarni berikan Hadiah Pemenag Lomba Jalan Santai di Fastival Budaya Bahari 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved