www.riaukontras.com
| Kajati Riau Terima Kunker Danlanud Roesmin Nurjadin | | Berkas Perkara Dugaan Tipikor Pembangunan Fisik Masjid Raya Masih DilengkapiĀ  | | Semua Eksepsi Terdakwa GM Perkara Dugaan Korupsi Harga Jual Beli Pasir Laut Takalar Ditolak Hakim | | Kejagung Periksa Satu Saksi Terkait Perkara PT. Waskita Karya (Persero) Tbk | | Kejati Riau Gelar Tausiyah Ba'da Dzuhur, Ust Chairul Ichwan Sampaikan Tentang Perintah Agama | | Kasi A Bidang Intelijen Kejati Riau Hadiri Rakor Wasdim
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 31 Mei 2023
 
Program Jemput Bola Dilakukan Pemda Rohil Untuk Meringankan Masyarakat Dalam Pengurusan Administrasi
Editor: Jarmain | Selasa, 11-04-2023 - 23:11:16 WIB

TERKAIT:
   
 

ROHILPOS.COM, BAGANSIAPIAPI -Dalam upaya mempercepat pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat. 


Bupati Rohil Afrizal Sintong memantau langsung proses perekaman e-KTP di Kepenghuluan Tanjung Medan, Kecamatan Tanjung Medan.


Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sipil) sengaja melakukan jemput bola untuk meringankan masyarakat Rohil yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan.


Program ini pelayanan keliling rekam dan cetak dinamakan dengan program Belacan Sedap yang artinya beri layanan cepat tanpa imbalan bagi semua dokumentasi administrasi penduduk. Hal ini rutin dilakukan setiap akhir pekan keliling kesetiap kecamatan.


Hadir meninjau pelaksanaan tersebut, Kadisdukcapil Rohil Andi Rahman, ketua GMRB Naladia Ayu Rokan, Kepala Dinas Sosial Budi Syahrial, Ketua PKK Sanimar, Camat Tanjung Medan Bahrul dan beberapa kepala OPD se Rohil serta anggota DPRD Rohil dari Dapil Tanjung Medan.


Diungkapkan Bupati, jarak antara Tanjung Medan dengan ibu kota Bagansiapiapi yang begitu jauh, tentunya masih banyak warga yang belum memiliki e-KTP. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan biaya masyarakat Tanjung Medan yang ingin memiliki identitas.


"Demi memudahkan masyarakat, setiap Minggu Disdukcapil keliling jemput bola. Sasaran utama kami khusus bagi pemula atau anak SMA yang sudah kelas tiga, supaya gitu tamat nanti sudah langsung punya e-KTP," ujar Afrizal Sintong.


Bupati berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen seperti ini agar seluruh masyarakat Rohil bisa memiliki identitas yang lengkap. Sehingga jika ada program bantuan dari pemerintah masyarakat juga bisa mendapatkan nya.


"Kami Pemkab Rohil ada bantuan BLT, banyak juga laporan masuk sama kami tidak dapat bantuan BLT karena tidak punya KTP, padahal mereka warga asli Rohil yang sudah lama menetap disini," ungkap Bupati.


Bupati berharap seluruh pelayanan publik di Rohil dapat memberikan yang terbaik dan kemudahan bagi masyarakat. Bukan hanya Disdukcapil, tapi dinas lain seperti kantor desa, puskesmas, rumah sakit, bagian perizinan dan lainnya diharapkan terus meningkat pelayanan kepada masyarakat.


Sementara itu Nur Surtini Datin Penghulu Tanjung Medan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohil yang mau turun langsung untuk memastikan masyarakat Tanjung Medan mendapat pelayanan e-KTP secara gratis.


"Kami masyarakat Tanjung Medan tentunya sangat terbantu dengan program seperti ini. Semoga selama kepimpinan pak Bupati, Rohil semakin sejahtera dan masyarakat semakin terlayani," pungkasnya.



* KTP Wajib Dimiliki Setiap Warga Negara *


Dalam upaya mempercepat pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat Suku Bonai, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir kembali melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi warga suku Bonai Kepenghulu Babussalam Rokan Kecamatan Pujud.


Dihadapan tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh masyarakat kepenghuluan Babussalam Rokan , Bupati Rokan Hilir dalam arahannya mengatakan, KTP wajib dimilki
oleh setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi ketentuan, termasuk untuk membuat akte kelahiran dan surat nikah.


" Tidak ada alasan lagi masyarakat tidak punya KTP, KK dan Akte Kelahiran. Kita menyadari, bagi warga suku Bonai ingin mengurus ke Bagansiapiapi tentu sangat sulit membutuhkan biaya yang sangat besar karena harus menginap dan mengeluarkan biaya transportasi. Untuk itu, kita langsung datang kesini," kata Bupati


Bagi Bupati, wilayah Babussalam Rokan tidak asing baginya karena dulu dirinya pernah mandah bekerja sebagai Helper Chainsaw. Untuk itu, dia mengajak seluruh tokoh masyarakat, alim ulama dan para pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat suku Bonai agar melakukan perekaman KTPel.


Dirinya menyebutkan, kebanyakan warga suku Bonai tidak memiliki KTP sehingga menyulitkan mereka untuk mengurus surat nikah dan menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri.


"KTP itu sangat penting, karena diperlukan untuk berbagai layanan. Melamar kerja butuh KTP, bikin SIM harus punya KTP, mau nikah harus punya KTP, syarat untuk bantuan sosial, jaminan sosial, dan untuk layanan publik lainnya KTP pasti dibutuhkan,” ujar Bupati.


Selanjutnya Bupati berpesan, kepada masyarakat yang hadir, untuk mengikuti pelaksanaan perekaman KTP Elektronik dengan tertib. “Kepada petugas dari Disdukcapil juga, saya minta fotonya yang bagus biar hasil foto di KTP nya bagus,” ucapnya.


Sementara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Rokan Hilir, Andi menyebutkan, pelaksanaan perekaman KTP-el bagi masyarakat suku Bonai merupakan program jemput bola untuk mempermudah layanan kependudukan. Pihaknya, akan terus melakukan perekaman didaerah terpencil agar percepatan layanan Adminduk di Kabupaten Rokan Hilir dapat terwujud.


Berdasarkan data yang diberikan Kadisduk, jumlah Kartu Keluarga (KK) yang tercetak untuk warga suku Bonai sebanyak 44 dokumen, KTP sebanyak 109 keping, Akte Kelahiran sebanyak 21 lembar dan KIA sebanyak 74 keping.


Kadisdukcapil berharap, program perekaman KTP-el bagi warga suku Bonai dapat berjalan dengan lancar, sehingga upaya mempercepat dan mendukung akurasi terbangunnya database kependudukan di Kabupaten Rokan Hilir dapat segera terwujud.


(Adv/Pemda Rohil) 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Program Jemput Bola Dilakukan Pemda Rohil Untuk Meringankan Masyarakat Dalam Pengurusan Administrasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    3 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    4 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    7 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    8 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    9 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    10 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved