www.riaukontras.com
| Ayah dan Ibu Mertua Gerebek Menantu Cewek di Hotel Bareng Selingkuhan | | Wujudkan Pelayanan Publik yang Berkualitas, Lapas Bengkalis Kunjungi Ombudsman Riau | | Hadir HPN 2024, Kadis Kominfo Siak Sampaikan Dua Pesan Khusus Presiden Jokowi | | Sukses Terapkan Program Bangga Kencana, Pemkab Siak Dapat DAK Bidang KB | | LLMB Tapung Raya dan Mahasiswa Ancam akan Demo, Ini Ucap Praktisi Hukum dan Camat | | Dianggap Langgar Etika, Kasrul Tolak SF Hariyanto Sebagai PLH Gubernur Riau
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 22 Februari 2024
 
Pemda Rohil Gelar Bimtek Aplikasi Sikoncang, Bupati: Semua Pelayanan Sudah Online
Editor: Jarmain | Selasa, 14-02-2023 - 23:55:57 WIB

TERKAIT:
   
 

RiauKontras.com, Pekanbaru - Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong SIP resmi membuka Bimbingan Teknis Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Kepenghuluan Online Nan Canggih (Sikoncang) Administrasi Aplikasi Sikoncang Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (14/2/2023) di Pekanbaru, Provinsi Riau.


Dalam pengarahannya, Bupati mengingatkan bahwa tugas admin/operator desa sangatlah berat. Oleh karena itu, dia berharap agar pejabat penghulu dan operator desa tidak diganti jika terjadi pergantian pejabat Penghulu. Menurutnya, mereka sudah dilatih melalui Bimtek yang dibiayai oleh negara.


"Nanti ganti penghulu, ganti pula operator dan kaur, selesailah kita. Habis terbuang dana Bimtek. Ini nanti kita titipkan sama datuk penghulu agar semua operator jangan di berhentikan," kata Bupati.


Bupati juga berpesan kepada seluruh operator desa agar serius belajar agar teknologi yang digunakan bisa terserap dan tidak terbuang sia-sia. Menurutnya, korupsi tidak hanya menyangkut masalah uang, namun dalam Undang-undang Tipikor, membeli barang tapi tidak digunakan atau membangun gedung tapi tidak ditempati termasuk dalam tindak pidana korupsi.


" Ini bisa jadi temuan BPK," cetusnya.


Bupati menambahkan bahwa teknologi berfungsi untuk memudahkan manusia. Jika kita paham dengan teknologi, maka pekerjaan akan semakin efisien. Salah satu contoh buruknya sistem pendataan, ungkapnya, adalah terjadinya data ganda hingga mencapai 12 ribu. Ini menyebabkan dana penerima PKH tidak masuk dalam rekening penerima bantuan. Persoalan itu terjadi sejak tahun 2012. Oleh karena itu, secara bertahap sistem akan diperbaiki.


"Makanya secara bertahap kita akan perbaiki," sebutnya.


Di era sekarang, semua pelayanan sudah menggunakan sistem. Beratnya tanggung jawab dan pekerjaan aparatur kepenghuluan membuat pemerintah menaikkan gaji perangkat desa hingga tingkat RT. Hal ini bertujuan agar pelayanan di desa semakin baik.


"Saya berharap seluruh operator desa mendukung program kita sepenuhnya. Jika kita tidak didukung dari bawah, maka rusaklah kita yang di atas," ungkap Bupati.


Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Yandra MS,i mengungkapkan bahwa aplikasi Sikoncang sebenarnya sudah diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Namun, terkendala karena link database kependudukan belum dibuka oleh Dirjen Kependudukan. Oleh karena itu, pendataan dilakukan secara manual.


Pada awal Desember, Kemendagri menyetujui membuka database kependudukan dengan syarat harus melampirkan sertifikat ISO 27001. Untuk menggesa percepatan pendataan, pihaknya menggandeng perusahaan plat merah.


Yandra mengingatkan kepada seluruh admin kepenghuluan yang merupakan garda terdepan, bahwa saat ini keberadaan desa sudah bergeser kepada sistem desa cerdas dan khusus untuk di Riau, Rohil menjadi Ikon dan pilot project dari seluruh Kabupaten.


Karena itu, pemerintah pusat sudah mengamanatkan agar seluruh desa melakukan pelayanan secara online melalui aplikasi online. Aplikasi Database online di Kepenghuluan akan terkoneksi ke website Diskominfo, di mana progress kemajuan program di kepenghuluan dan tingkat keberhasilan pelayanan akan dipantau oleh pemerintah pusat.


Yandra berharap, dengan adanya aplikasi Sikoncang, pelayanan kepada masyarakat di Kepenghuluan Rohil akan semakin cepat, akurat, dan efisien. Dia juga menekankan pentingnya dukungan dari seluruh admin kepenghuluan untuk menyukseskan program ini.


Yandra menjelaskan bahwa Bupati menekankan pentingnya dukungan dari admin/operator desa untuk menyelaraskan program ini. Dia juga mengingatkan bahwa teknologi ada untuk memudahkan manusia dan dengan pemahaman teknologi yang baik, pekerjaan akan semakin efisien. Pelayanan masyarakat juga akan semakin baik jika menggunakan sistem online.


Dalam bimtek Bimbingan teknis pelatihan aplikasi Sikoncang, turut hadir owner PT Bali Putra Indonesia ibu LiLi,
perwakilan Sucofindo dari Jakarta, ketua Apdesi, Anggota DPRD Rokan Hilir, Risben, Kadiskominfo, Indra Gunawan, SE,MH dan seluruh Admin kepenghuluan se-Kabupaten Rokan Hilir.


 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Pemda Rohil Gelar Bimtek Aplikasi Sikoncang, Bupati: Semua Pelayanan Sudah Online
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved