www.riaukontras.com
| Sempat Disomasi Pembatalan Tender 53,7 Miliar, Kata H Irwan Pokja Bersangkutan Bisa Menjawab | | Tender 53,7 Miliar Dibatalkan, Komisi II DPRD; Media Turut Awasi Pembangunan Kabupaten Bengkalis | | Kurangi Angka Kecelakaan dan Pelanggaran, Polres Bengkalis Gelar Operasi Patuh 2024 | | Camat Rafli Kurniawan Secara Resmi Tutup MTQ ke-XXIX Tingkat Kecamatan Bantan | | Perjuangan Agamudin, Menembus Batas untuk Meraih Kompetensi Wartawan | | Desa Senggoro Kembali Raih Juara Umum, Jumiarti Qoriah Terbaik di MTQ Tingkat Kecamatan Bengkalis
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 16 Juli 2024
 
Bupati Rokan Hulu Terima Piagam Penghargaan Penganugerahaan Komisi Informasi Riau Award 2021
Editor: | Selasa, 30-11-2021 - 20:36:27 WIB

Ket.Foto Bupati Rokan Hulu
TERKAIT:
   
 

ROHUL, RiauKontras.com


 - Bupati Kabupaten Rokan Hulu H.Sukiman Hadiri dan Terima secara Piagam Penganugerahan Komisi Informasi (KI) Kategori  Kabupaten/Kota dengan kualifikasi Menuju Informatif Dalam Acara Anugerah Informasi oleh Komisi Informasi Riau di KI Riau Awards 2021 yang berlangsung di Aula Hotel Premiere Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Senin (29/11/2021).

Hadir dalam acara KI Riau Award, Gubernur Riau yang diwakili Sekdaprov Riau SF Hariyanto, M.T, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH SIK M.Si, Ketua DPRD Riau yang diwakili Ketua Komisi 1 Ade Agus Hartanto, Ketua KI Riau Zufra Irwan, SE, dan Wakil Ketua KI Sumatera Utara.

Selain itu turut hadir, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Bupati/Wali Kota Se Provinsi Riau, serta keterwakilan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Riau terutama bidang PPID.

Dalam laporannya Ketua KI Riau Zufra Irwan, SE menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pemenang dalam kategori yang ada dalam ajang KI Riau Awards 2021 ini, dimana anugerah ini tidak semerta-merta diberikan melainkan banyak menempuh berbagai tahapan tahapan.

Selanjutnya usai menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pemenang Kategori Kabupaten/Kota, Sekda Riau SF Hariyanto M.T menyampaikan dalam sambutannya bahwa Penyerahan piagam komisi awards Riau ini merupakan agenda tahunan yang dihelat oleh Komisi Informasi (KI) Riau yang bertujuan untuk mengukur kepatuhan badan publik yang telah mengimplementasikan undang-undang keterbukaan Informasi Publik.

Dimana Komisi informasi Riau telah melakukan monitoring dan evaluasi serta pemeringkatan kepada seluruh badan publik di provinsi Riau melalui uji kelayakan dan kepatuhan badan publik secara transparan dan terbuka. Selain melakukan tugas pokok dalam penyelesaian sengketa Informasi Publik KI Riau juga melakukan pengawasan terhadap Badan publik monitoring dan evaluasi terkait keterbukaan Informasi Publik pada badan publik di provinsi Riau.

Oleh karena itu, Lanjut Sekdaprov Riau penyelenggaraan penyerahan piagam KI Riau awards ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Komisi informasi Riau dalam menjalankan kewajiban dan mendorong badan publik memberikan akses Informasi Publik bagi masyarakat secara transparan dan terbuka sesuai dengan undang-undang keterbukaan Informasi Publik dalam menuju budaya kerja aparatur yang transparan.

"Kita ketahui bersama keterbukaan Informasi Publik begitu sangat penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, hal tersebut dapat ditandai dengan penerapan penyelenggaraan pemerintahan di berbagai sektor yang transparansi, partisipasi dan akuntabilitas" ujar Sekdaprov

Dirinya menambahkan bahwa Transparansi akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas partisipasi yang secara otomatis mampu mendorong akuntabilitas pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik dan Pembangunan Daerah di berbagai bidang. Dimana Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik menjamin bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan informasi publik dan mewajibkan badan publik melayani mempublikasikan informasi publik dengan atau tanpa diminta.

"Transparansi dan keterbukaan adalah keniscayaan sesuai amanah undang-undang tentu semangat keterbukaan ini bukanlah terbuka tanpa batas karena sesuai pasal 17 undang-undang KIP ada juga informasi yang harus dikembalikan atau harus kita rahasiakan" Jelasnya.

Sekda Prov Riau juga mengatakan dimana kondisi saat ini masih dihadapi dengan wabah pandemi covid-19, oleh karena itu bagi badan publik seperti rumah sakit yang termasuk Badan layanan Umum harus memberikan informasi mengenai penanganan wabah pandemi covid-19 sesuai hasil laboratorium kepada masyarakat. Selain itu juga kalau upaya pencapaian target dari program vaksinasi yang digalakkan pemerintah sekarang ini harus dibuka secara transparan dari badan publik terkait, oleh karena itu upaya Penanganan dan pencegahan wabah covid-19 oleh pemerintah juga harus didukung oleh seluruh badan publik lainnya.

Selain penanganan pandemi wabah covid-19 masih ada isu yang lainnya harus disampaikan kepada masyarakat sebagai ujung tombak dan jantung pelayanan Informasi Publik maka program seluruh badan publik ke depan mau tidak mau harus memberikan informasi secara transparan kepada masyarakat mengenai informasi informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja pemerintah sehingga mampu menerjemahkan standar layanan informasi publik dengan baik juga mampu menjembatani kepentingan masyarakat.

Sekda Prov berharap Melalui kegiatan penyerahan piagam komisi informasi Riau awards 2021 ini semoga dapat memberikan dampak positif dalam keterbukaan informasi kinerja badan publik khususnya dalam program pembangunan pemerintah daerah, hal ini bertujuan mendorong badan publik untuk meningkatkan pelayanan informasi publik yang transparan dan terbuka sebagaimana yang diamanatkan undang-undang KIP.

Sekda Prov yang dalam hal ini mewakili Gubernur Riau juga tidak lupa mengucapkan selamat bagi badan publik yang meraih anugerah komisi informasi Riau awards 2021, serta tidak lupa juga ucapan terimakasih dihaturkan kepada Komisi informasi Riau aksesi pemerintah daerah, kabupaten/kota, lembaga dan instansi dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah memberikan dukungan dalam penyelenggaraan KI Awards 2001 ini dapat berjalan sukses dan lancar.

Sementara itu, usai menerima penghargaan dengan Kategori Kabupaten/Kota Dengan Kualifikasi Menuju Informatif, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak penyelenggara KI Awards 2021 serta terimakasihnya kepada Semua yang berperan dalam keberhasilan meraih penghargaan ini, semoga kedepannya bisa lebih ditingkatkan dan tidak hanya kualifikasi Menuju Informatif melainkan sudah Informatif.

"Terimakasih kepada semuanya, serta anak anak yang sudah berusaha mencapai keberhasilan ini, semoga kedepannya bisa lebih kita tingkatkan lagi, jangan hanya menuju informatif melainkan tahun depan sudah berada pada posisi informatifnya" ucap Bupati Sukiman.

Selain dari pada itu tambah Bupati Sukiman, penghargaan ini merupakan suatu pencapaian yang membanggakan dimana sebelumnya ditahun 2019 kita juga mendapatkan penghargaan dengan kualifikasi Cukup Informatif, dan ditahun 2020 kita sama sekali tidak mendapatkan penghargaan di KI Awards ini tentu disebabkan karena kita fokus pada penanganan Pandemi Covid-19, kemudian di tahun 2021 ini kita kembali maju dua langkah langsung bisa mendapatkan Penghargaan dengan Kualifikasi Menuju Informatif, oleh karena itu di tahun 2022 nanti kita naikkan lagi ke posisi yang Informatif.

Editor : Vernando Panjaitan


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Bupati Rokan Hulu Terima Piagam Penghargaan Penganugerahaan Komisi Informasi Riau Award 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved