www.riaukontras.com
| Bupati Siak Hadiri Gema Sholawat dan Haflah Milad Ke-6 Ponpes Nurul Furqon | | Kasus Payung Elektrik Masjid Agung An-Nur Pekanbaru di Sorot Kembali, Diungkap Ketua KNPI Riau | | H Muhammad Rafee Dapat Dukungan 7 Pengurus Kabupaten/Kota Maju Sebagai Calon Ketua PELTI Riau | | Kejari Kepulauan Tanimbar Sampaikan Perkembangan Penanganan Perkara Dugaan Tipikor | | Kajari Rohil di Sambut Secara Adat Melayu | | Kejati Riau Ajukan 2 Perkara Keadilan Restoratif Justice Disetujui Jampidum
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 22 Juni 2024
 
Lembaga Jemad Dan CV.BSI Beri Bantuan Bibit Manggis Kepada 4 Kelompok Tani
Editor: Indra | Minggu, 11-04-2021 - 18:50:05 WIB


TERKAIT:
   
 

Dumai, RIAUkontraS.com - Lembaga Jemad (Jelajah Mania Dumai) bersama CV.BSI (Buah Segar Indonesia) melaksanakan kegiatan penyerahan bibit tanaman manggis dan pinang batara kepada 4 Kelompok Tani Bunga Tanjung Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan. Minggu (11/04/2021).

Penyerahan bantuan bibit 4 kelompok tani ini bertujuan tentang kepedulian Lembaga Jemad dan CV.BSI terhadap pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, Lembaga Jemad dan CV. Buah Segar Indonesia ajak seluruh masyarakat Bunga Tanjung menanam manggis dan pinang batara.

Program penanaman manggis dan pinang batara ini di gagas oleh Lembaga Jemad  Dumai yang dipimpin oleh Mhd.Budianto dan Dirut CV.Bah Segar Indonesia yang disapa akrabnya Datuk Amin.

Selain melestarikan lingkungan, penanaman manggis dan pinang batara ini juga di yakini akan lebih bermanfaat kepada masyarakat Bunga Tanjung.

Junaidi yang kerap disapa Atan Ketua RT.28 Bunga Tanjung merasa terbantu dengan adanya program penghijauan berproduktif yang menghasilkan ini, sebab Atan juga salah satu Ketua Kelompok Tani di Bunga Tanjung.

Menurut Atan, ia meyakini prospek lima tahun kedepan program ini akan mengatasi lemahnya ekonomi masyarakat di Kelurahan Bukit Datuk khususnya masyarakat Bunga Tanjung jika masyarakat punya keinginan menanam manggis dan pinang batara.

"Saya melihat program penghijauan menghasilkan yang di gagas oleh Lembaga Jemad dan CV.BSI ini akan mengatasi lemahnya prekonomian masyarakat bunga tanjung 2,5 hingga 5 tahun kedepan," ucap Atan. 

Program pelestarian lingkungan yang di gagas oleh Lembaga Jemad dan CV. Buah Segar Indonesia turut melibatkan seluruh elemen masyarakat di kelurahan Bukit Datuk khususnya masyarakat Bunga Tanjung.

Sejauh ini penanaman sudah melibatkan beberapa organisasi yang aktif di Kota Dumai antara lain SPN (Serikat Pekerja Nasional), Karang Taruna Dumai, GPK (Gerakan Pemuda Ka'bah) dan beberapa organisasi lainnya yang sedang disusun jadwal penanaman nya.

Selain itu, program Lembaga Jemad dan CV.Buah Segar Indonesia juga mendapat dukungan Walikota Dumai, dengan pertemuan singkat beberapa waktu lalu, untuk ikut mendorong program ini agar tercapai target penanaman pohon manggis dan pinang batara se Kota Dumai. Yang mana Walikota Dumai juga akan menggalakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di tanami berbagai jenis tanaman, dengan tujuan antisipasi karhutla. 

Ketua Umum Lembaga Jemad Mhd.Budianto melalui Ketua Bidangnya Ihwan Nazli Hasan didampingi Sekretarisnya Khairul menyampaikan, maksud dan tujuan penghijaun berpenghasilan ini untuk menciptakan lahan ekonomi baru bagi masyarakat Kelurahan Batu Teritip dan membawa perubahan ekonomi yang sejahtera dimasa mendatang.

"Program penghijauan menghasilkan yang kita laksanakan hari ini, sebagai bentuk kita untuk mengubah ekonomi masyarakat Bunga Tanjung dimasa 2,5 hingga 5 tahun kedepan. Oleh karena itu, jika ini berjalan, maka masyarakat disini nantinya  bisa menjadi contoh ketahanan Ekonomi di bidang pertanian/perkebunan." pungkas ihwan.

Zulkifli yang kerap di sapa Datuk Amin selaku Dirut CV. Buah Segar Indonesia menjelaskan, bahwa perusahaannya adalah salah satu perusahaan yang terdaftar di Kementan RI sebagai perusahaan eksportir buah manggis dari 70 perusahaan yang ada di Indonesia.

Datuk Amin menjelaskan, bahwa masyarakat tidak perlu ragu atau khawatir apabila program ini berjalan tidak ada yang membelinya. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir, CV. BSI siap MoU untuk sebagai jaminan masyarakat 2,5 hingga 5 Tahun kedepan jika menanam manggis dan pinang batara. Yang mana MoU tersebut untuk lebih menambah kepercayaan masyarakat," ucap Datuk Amin. 

Selain itu, lanjut Datuk Amin, pihaknya akan memberikan bantuan bibit manggis kepada masyarakat yang mempunyai lahan, akan tetapi tidak mampu membeli bibit dengan mekanisme yang berlaku.

"Program kita ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita kepada masyarakat serta membantu salah satu peran pemerintah, yang mana bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dibidang pertanian," tandas Datuk Amin.(In)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Lembaga Jemad Dan CV.BSI Beri Bantuan Bibit Manggis Kepada 4 Kelompok Tani
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved