www.riaukontras.com
| Usai Bada Jumat, Kejari Temu Ramah Bersama Jurnalis Pulau Bengkalis | | Alfedri: Apresiasi Pembangunan di Kampung Rawang Kao Berkembang Pesat | | Pimpinan DPRD Bengkalis Hadiri Penyampaian LHP LKPP Tahun 2023 | | Pansus RPJPD Bengkalis Sinkronkan Draft Ranperda ke Bappedalitbang Provinsi Riau | | Wakil Ketua DPRD Bengkalis Silaturahmi dan Sambut Aspirasi Guru P3K | | Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan Hadiri Launching KBS
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jumat, 12 Juli 2024
 
Bibit Kelapa Sawit Bersertifikat 2023 Sudah Disalurkan, Disbun Bengkalis Berikan Pengarahan
Editor: Indra | Kamis, 19-10-2023 - 22:25:39 WIB

TERKAIT:
   
 

Bengkalis, RIAUkontras.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Bengkalis kembali menyalurkan bantuan bibit kelapa sawit bersertifikat, sekitar 33.160, batang bibit sawit kepada para kelompok tani (Poktan) yang sudah mengajukan proposal bantuan ke Dinas Perkebunan Bengkalis.


Sumber dana bibit kelapa sawit bersertifikat yang sudah disalurkan kepada 14 Poktan ini dari APBD Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp2.480.000.000,- (dua milyar empat ratus delapan puluh juta rupiah). Belasan Poktan tersebut terdiri dari 12 kelompok berada di Kecamatan Bantan dan Kecamatan Bengkalis dan 2 kelompok lagi berada di Kecamatan Bukit Batu dan Bandar Laksamana.


Kegiatan peninjauan dan pengarahan diatas yang sudah disalurkan pihak rekanan atau kontrakor ini, merupakan kegiatan yang berkelanjutan yang dilakukan oleh Disbun Bengkalis kepada Poktan yang telah memenuhi persyaratan dan telah terdaftar di aplikasi Simluhtan Kementerian Pertanian RI berdasarkan hasil verifikasi lapangan dan koordinasi dengan UPT Perkebunan Bengkalis. Untuk meninjau Poktan penerima bantuan bibit sawit bersertifikat tadi membutuhkan waktu sekitar 3 hari, dimulai dari Selasa sampai Kamis, 17-19 Oktober 2023.


Tujuan dari bantuan bibit sawit bersertifikat ini adalah untuk membantu menunjang perekonomian masyarakat petani/pekebun sehingga dapat membantu pembangunan daerah di sektor perkebunan.


Pantauan jurnalis media ini di lapangan saat mengikuti peninjauan pada Selasa (17/10/2023) diantaranya Desa Sungai Batang, Ketam Putih, dan Desa Pematang Duku Timur Kecamatan Bengkalis, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Mohammad Azmir, yang diwakili Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Marhalim,S.Pi, M.Si yang menjabat Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana didampingi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Arru Malaka,SE,Sy menyampaikan teknis kepada Ketua dan anggota beberapa Poktan yang ditinjau, mengatakan bibit tersebut dibiarkan selama 14 (empat belas) hari, paling lama 21 (dua puluh satu) hari. Kemudian lakukan perawatan, cek betul-betul bibitnya, jika bibit yang mati pihak rekanan akan menggunakan sesuai jumlahnya.


"Kalau hilang itu bukan tanggung jawab rekanan atau kontraktor yang menyalurkan bibitnya. Jagalah dengan baik, ada sangsi apa bila kedapatan ada kelompok maupun anggota kelompok melakuan penjualan bibit ini, kepada orang lain, kami akan tarik bibit kelapa sawit bersertifikat ini, akan kita ganti dengan kelompok lain," tutur Marhalim.


Kepada awak media, Marhalim mengatakan, "Penyerahan bibit ini adalah salah satu program dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, salah satu program Ibu Bupati untuk membantu memfasilitasi para pekebun termasuk untuk pekebun sawit. Program ini dibuat dikarenakan kita merasa petani-petani kita sangat sulit mendapatkan bibit yang berkualitas. Bibit berkualitas itu ditandai oleh sumber kecambah yang bersertifikat, penakar yang berizin, dan kemudian keluar benih yang bersertifikat. Kami berharap dengan penyerahan bibit ini, petani akan mendapatkan produksi lebih bagus lagi.


Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis berusaha untuk mengubah dari menanam bibit cabut yang jatuh dari pohon yang bagus pilihan masyarakat tetapi tidak menjamin, sekarang kami berusaha memberikan bibit bersertifikat sehingga produksinya kedepan akan lebih meningkatkan kesejahteraan para petani," ungkap Marhalim Selasa (17/10/2023).


Sementara itu Kades Ketam Putih, Suhaimi berharap, "Kepada kelompok tani dapat menggunakan bibit yang diberikan dengan sebaik-baiknya sehingga mendatangkan hasil dan akan bermanfaat bagi petani itu sendiri. Perlu perawatan yang betul-betul untuk menjadikan tanaman sawit ini lebih baik. Jangan sampai bibit ini terbuang begitu saja maupun bibitnya dijual kepada orang lain.


"Jika ada temuan menjual, otomatis saya akan turun tangan, menarik bibit bantuan ini dan melakukan pemanggilan terhadap anggota kelompok tani tersebut," tegas Suhaimi. saat diwawancarai RIAUkontras.com.


Ketua Kelompok Tani Mandiri RT 02 RW 06 Desa Pematang Duku Timur Jufrizal menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bupati Bengkalis Kasmarni, melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis memberikan bantuan bibit kelapa sawit bersertifikat.


"Terima kasih juga tim Dinas Perkebunan yang telah datang ke lokasi melakukan pengecekan 2.533 bibit sawit yang telah diantar untuk 17 orang anggota kelompok tani kami," ucap Jufrizal


"Kondisi lahan kelompok tani ini masih dalam persiapan, dipancang, ditebas, dibersihkan menjelang penyerahan (serah terima) dari Dinas Perkebunan," tutup! Jufrizal.


Di hari berikutnya, Ketua Kelompok Tani  Mekar Jaya Dusun Sepakat mengungkapkan rasa senang karena usulan untuk memperoleh bibit sawit berkualitas dan bersertifikat sudah terwujud. Sebanyak dua ribu lebih bibit sawit yang diterimanya itu akan dibagikan kepada seluruh anggota dan selanjutnya akan ditanam lahan seluas 24,5 hektar sesuai petunjuk dari Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis.


"Perasaan saya sangat senang sekali dengan adanya bibit berkualitas ini, nanti akan ditanam dan lima tahun mendatang mudah-mudahan bisa panen melimpah serta meningkatkan pendapatan kami," kata Buniran Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya Dusun Sepakat dengan nada berdoa.


Berikut ini adalah daftar kelompok tani penerima bibit kelapa sawit bersertifikat dan waktu penyaluran:
A. Selasa, 17 Oktober 2023. Lokasi Kecamatan Bengkalis.
1. Kelompok Tani Lestari Desa Sungai Batang Kecamatan Bengkalis.
2). Kelompok Tani Bakti Remaja Dusun I Kec Bengkalis,.
3). Kelompok Tani Padi Tumpah Dusun Bantaran Desa Pematang Duku Timur.
4. Kelompok Tani Tunas Pemuda Dusun Bantaran Desa Pematang Duku Timur.
5). Kelompok Tani Mandiri Desa Pematang Duku Timur. Masih Poktan menerima sebanyak 2.533 batang bibit kelapa sawit bersertifikat


B. Rabu, 18 Oktober 2023, Kecamatan Bengkalis-Bantan
1). Kelompok Tani Papal Lima Dusun Sido Mulyo Desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan.
2). Kelompok Tani Mekar Jaya Dusun Sepakat Desa Bantan Tengah, Kecamatan Bantan.
3). Kelompok Tani Maju Sejahtera Dusun Tuan Tengah Desa Bantan Sari Kecamatan bantan, sebanyak, 2.631 batang bibit.
4). Kelompok Tani Bermasa Dusun Mekar Desa Penampi Kec. Bengkalis.
5). Kelompok Tani Sehati Desa Temeran Kec. Bengkalis.
6). Kelompok Tani Maju Bersama Dusun Penebal Tengah Desa Penebal Kec. Bengkalis.
7). Kelompok Tani Timur Barat Desa Penebal Kecamatan Bengkalis.
Masing-masing Poktan juga sebanyak, 2.533 batang bibit kecuali Poktan Maju Sejahtera Dusun Tuan Tengah Desa Bantan Sari.


C. Kamis, 19 Oktober 2023, Kecamatan Bukit Batu - Bandar Laksamana
1). Kelompok Tani Tunas Muda Rt 06 RW 03 Dusun Parit Rodi Desa Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu.
2). Kelompok Tani Berkat Bersama Desa Sepahat Kec. Bandar Laksamana.
Dua Poktan ini masing-masing menerima sebanyak 1.333 batang bibit.


"Sekitar 33.160 bibit kelapa sawit bersertifikat disiapkan Pemkab Bengkalis dan telah dibagikan menyebar kepada 14 kelompok tani yang ada di kabupaten." ujar Kabid Sarana Prasarana Disbun Bengkalis, Kamis, (19/10/2023).**


 


Jurnalis : Indra_Jedt


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Bibit Kelapa Sawit Bersertifikat 2023 Sudah Disalurkan, Disbun Bengkalis Berikan Pengarahan
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved