www.riaukontras.com
| Sempat Disomasi Pembatalan Tender 53,7 Miliar, Kata H Irwan Pokja Bersangkutan Bisa Menjawab | | Tender 53,7 Miliar Dibatalkan, Komisi II DPRD; Media Turut Awasi Pembangunan Kabupaten Bengkalis | | Kurangi Angka Kecelakaan dan Pelanggaran, Polres Bengkalis Gelar Operasi Patuh 2024 | | Camat Rafli Kurniawan Secara Resmi Tutup MTQ ke-XXIX Tingkat Kecamatan Bantan | | Perjuangan Agamudin, Menembus Batas untuk Meraih Kompetensi Wartawan | | Desa Senggoro Kembali Raih Juara Umum, Jumiarti Qoriah Terbaik di MTQ Tingkat Kecamatan Bengkalis
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 16 Juli 2024
 
Kunker Gubernur Riau Ke Rohul Dihadiri Langsung Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Beserta Bupati Rohul
Editor: | Senin, 04-07-2022 - 18:00:34 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohul, RiauKontras.Com-Gubernur Riau H.Syamsuar Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu dalam kegiatan Penanaman Pohon Aren serta Penaburan Bibit Indukan Ikan Arwana di Rawa Seribu Kecamatan Tambusai Utara, Senin (4/7/2022).

Turut hadir dalam acara, Perwakilan Kementerian LHK Republik Indonesia, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Pimpinan PT Torganda, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul, Camat dan Kepala Desa Mahato serta Ketua Gapoktan HKm Tambusai Sariman, SH.


Diawali dengan sambutan dari Ketua Gapoktan HKm Tambusai Utara, Sariman, SH yang mengatakan bahwa Gapoktan HKm Tambusai Utara Mempunyai 10 program yang mana dalam tahap awal ini dijalan kan dua program unggulan yakni Penanaman Aren dan Penaburan Indukan Benih Arwana.

Dalam menjalankan program yang dicanangkan tentunya kami berharap kepada Gubernur Riau kiranya dapat membantu merealisasikan alat berat ampibi untuk percepatan pengelolaan lahan-lahan supaya program-program dicanangkan bisa segera dilaksanakan.

Kemudian dari pada itu Sebelum sambutan dari Gubernur Riau terlebih dahulu diawali dengan penyematan tanda bagi peserta pelatihan Budidaya Lebah Madu dan Budidaya Aren oleh Gubri H.Syamsuar.

Selanjutnya Gubernur Riau, H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau tetap berkomitmen untuk mendukung program pengembangan per hutan Sosional.

"Yang mana program ini merupakan salah satu program prioritas Nasional yang diintruksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo," kata Gubri.

Dalam pengembangannya, Gubri berharap perhutan sosial menjadi bagian dari strategi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di Provinsi Riau, dalam upaya mewujudkan pengolahan kawasan hutan secara lestari, yang mana sering kali terjadi ilegal loging, perambahan hutan yang tentu tidak kita harapkan bersama.

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi gapoktan hutan kemasyarakatan Tambusai Utara Rawa seribu bekerja sama dengan Dinas LHK Provinsi Riau yang menyelenggarakan agenda penanaman bibit aren bersama pada hari ini," tambah Gubri.

Gubri menjelaskan ada sebanyak 10.000 batang pokok aren dari 20.000 jumlah secara keseluruhan yang nantinya akan ditanam.

"Pemerintah Provinsi Riau, melalui DLHK bersama beberapa pihak terus berupa ya mendorong percepatan pengembangan perhutan sosial, sebagai bagian dari aksi rencana aksi Riau Hijau," jelas Gubri.

Keberhasilan perhutan sosial di Provinsi Riau diharapkan Gubri tidak hanya dari sisi target luasan saja, namun hendaknya mampu mengembangkan pengelolaan perhutan sosial yang berkualitas sehingga betul-betul memberi manfaat bagi masyarakat.

"Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antar Kementerian terkait ditingkat Nasional, OPD ditingkat Provinsi maupun Kabupaten serta beberapa pihak termasuk masyarakat di dalamnya," sebut Gubri.

Tidak lupa juga Gubri menjawab permohonan yang disampaikan Ketua Gapoktan HKm Tambusai Utara yang mana dirinya menyarankan pihak Gapoktan melalui Desa dan Camat mengajukan Surat agar alat berat ampibi yang ingin di pinjam bisa dipakai dalam menggarap lahan Gapoktan HKm Tambusai Utara di Rawa Seribu.

Syamsuar juga menyampaikan terhadap realisasi pemekaran delapan (8) Desa yang diajukan Pemerintah Rokan Hulu saat ini berkas tersebut sudah berada di meja Sekretaris Provinsi Riau dan akan diusahakan hari ini akan ditandatangani supaya cepat bisa direalisasikan.

Dalam sambutannya Gubri H.Syamsuar juga mengharapkan kepada Gapoktan HKm Tambusai Utara agar selalu melakukan koordinasi dan konsultasi kepada pemerintah daerah dan LHK terutama dalam menjalankan program program yang ingin dikerjakan. Dirinya juga meminta agar dalam kawasan ini juga di tanami tanaman pohon khas Riau seperti pohon Tampui, Meranti dan lainnya agar kawasan ini bisa menjadi wahana yang bisa dapat diketahui dan dipelajari oleh anak, cucu maupun cicit nantinya.

Sementara itu, dalam kata sambutan Bupati H Sukiman mengakui bahwa Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu daerah penghasil gula aren, yang saat ini tercatat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Rokan IV Koto dengan luas 9,7 hektar dan kecamatan Tandun seluas 17,01 hektar.

"Ditambah lagi dengan 200 hektar di lahan gapoktan hutan kemasayarakatan Tambusai Utara yang kita hadirin saat sekarang ini," kata Bupati.

Diakui Bupati, gapoktan petani aren hutan kemasyarakatan Tambusai Utara ini menjadi gapoktan petani aren pertama dan satu-satunya di Kabupaten Rokan Hulu bahkan di Provinsi Riau.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau atas perhatian dan bantuan berupa 20 ribu pokok enau," tambah Bupati.

Oleh karena itu lanjut Bupati, Orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu itu berharap penambahan lahan perkebunan aren di lokasi gapoktan hutan kemasyarakatan tambusai utara ini, mampu merubah pola pikir dan perilaku para petani, khususnya yang tergabung di dalam gapoktan hutan kemasyarakatan Tambusai Utara, dan umumnya para petani yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini.

Masih dalam acara, Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Bupati Rohul, Sukiman juga melakukan penaburan indukan arwana yang berjumlah sebanyak 7 ekor, dimana 4 diantaranya adalah berjenis kelamin betina dan lainnya jantan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata kita bersama untuk menghidupkan kembali arwana sebagai ikon Rokan Hulu, sekaligus penyelamatan ikan arwana," pungkas Bupati.


 Editor  : MCDiskominforohul/Vp


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Kunker Gubernur Riau Ke Rohul Dihadiri Langsung Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Beserta Bupati Rohul
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved