www.riaukontras.com
| Mobil Pencuri Lembu Warga di Aceh Utara Dibakar Massa | | TNI Bangun Jalan Menuju Pesantren MUNA | | TNI Bangun Jalan Menuju Pesantren MUNA | | Gelar Roadshow Millenial Road safety Festival, Kapolres Berpesan Hargai Orang Tua Dan Guru | | Melalui Latorsar Korem 011 Lilawangsa Tingkatkan Kualitas dan Kemampuan Prajuritnya | | Wali Kota Minta Komite Memajukan Sekolah
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 22 Januari 2019
 
Diduga Curi Volume, Proyek Simenisasi Peningkatan Kawasan PSU Pelalawan Rusak Parah
Editor: | Selasa, 16-01-2018 - 00:50:05 WIB

TERKAIT:
 
  • Diduga Curi Volume, Proyek Simenisasi Peningkatan Kawasan PSU Pelalawan Rusak Parah
  •  

    PEKANBARU, RIAUKontraS.com - Dugaan pencurian volume pada Pelaksanaan pembangunan Simenisasi peningkatan Kualitas Parasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) Perumahan di wilayah pemukiman Kabupaten Pelalawan, mengalami kerusakan berat (Patah).

    Demikian hal ini disampaikan Koordinator Forum Andalan Pengawasan Pembangunan Auditor Republik Indonesia (FAPPAR-RI), Defid Amriady kepada wartawan di Kabupaten Pelalawan, Senin (15/1/2018).

    Difed Amriady menerangkan, dalam hasil investigasi tim Forum Andalan Pengawasan Pembangunan Auditor Republik Indonesia (FAPPAR-RI) terkait pembangunan Simenisasi ini. Pihaknya sangat menyayangkan pengerjaan proyek Simenisasi peningkatan Kualitas Prasarana, Sarana dan Utilitas di daerah Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau ini, dinilai tidak sesuai Specsifikasi pengerjaan fisik diapangan.

    Benar, proyek ini dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 senilai Rp. 1.704.310.295,29 dengan dikerjakan melalui jasa CV. Natriando Agung Perkasa dengan Consultant pengawas CV. Indonesia dan No. Kontrak 02/Kontrak-Fisik-PSU-Pllw/2017.

    Dikatakan Defid, semestinya dalam pelaksanaan pembangunan Simenisasi  tersebut, rekanan harus mengutamakan kualitas dan kuantitas bangunan. Namun, dilapangan tidak sedemikian.

    Contohnya saja, pelaksanaan pengerjaan  rekanan tidak melakukan pembersihan clearing grabing atau pembersiahan badan jalan sebelum dikerjakan. Bahkan di beberapa titik-titik potongan melintang (Crosecction) yang diketahui ketebalannya berfariasi.

    "Ya, Crosecction ini tidak merata dengan ketebalan berfariasi mulai dari 0,8 CM sampai 12 CM. Sementara, dalam Specsifikasi bangunan setebal 15 CM," ungkap Defid Amriady.

    Lebih lanjut mantan konsultan ini menerangkan kepada ungkapriau.com bahwa rangkaian pembesian di pembangunan Simenisasi tersebu menilait tidak sesuai karena dalam Specnya diterangkan untuk pemasangan besi (Wiremesh) berukuran 6 MM dan ternyata setelah diukur oleh aktivis LSM ini dilapangan hanya besi 0,4 MM bencong.

    Defid Amriady, pembangunan Simenisasi itu sudah memprihatinkan kondisinya karena sudah patah. "Benar (Red) Simenisasi itu sudah patah. Bahkan maslah lebar Simenisasi jalan tersebut juga dipangkas volumenya yang semestinya 4 Meter rata-rata dan pada kenyataannya dilapangan tidak mencukupi," ungkapnya.

    Lebih lucunya lagi, pemasangan Wiremesh pada pembangunan simenisasi itu tidak didalam beton yang hanya diletkkan begitu saja oleh rekanan di atas lantai kerja sehingga posisi besi itu tidak didalam beton yang dampaknya mengakibatkan mengalami patah-patah.

    Sambungnya lagi, daya ketahanan Simenisasi itu dengan Koefisien (K 225) diragukan karena belum beberapa bulan setelah selesai dikerjakan sudah mengalami kerusakan (Patah).

    Terkait dengan kasus pelaksanan pembangunan peningkatan Jalan Simenisasi lingkungan pemukiman warga Pelalawan ini, Defid Already  meminta Tipiko Polda Riau dan Kajati Riau untuk memanggil rekanan dan Dinas PUPR bersangkutan.

    Ketika permasalahan ini dikonfirmasikan kepada PPTK PUPR Provinsi Riau, Manipol melalui Salulernya, Senin (15/1/2018) menita wartawan untuk menyampaikan surat kepada Dinas PUPR Provinsi Riau.

    "Jika masyarakat Kabupaten Pelalawan ada komplin tentang pekerjaan itu, silahkan masyarakatnya membuat surat kepada Dinas PUPR Provinsi Riau untuk sebagai dasar kami memanggil rekanannya," kata Manipol seraya menyarankan.


    Sumber: Ungkapriau

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Diduga Curi Volume, Proyek Simenisasi Peningkatan Kawasan PSU Pelalawan Rusak Parah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    6 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    7 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    8 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved