www.riaukontras.com
| Pilot Batik Air Terserang Serangan Jantung, Pesawat Mendarat Darurat di Bandara El Tari Kupang | | Diduga KKN Pengadaan Mesin dan Bibit Padi IF8 Diluar BUMG | | Polri Menghimbau, Oknum Polisi Peminta Proyek Laporkan Melalui No.HP: 081384682019 | | IMO Indonesia Gelar Dialog Nasional 'Pers Pemersatu Bangsa' di Jakarta Timur | | Wali Kota Jamu HIMAPOL Indonesia | | Pejabat dan Tokoh Aceh Terima Anugerah Insan Cinta Al-Quran BKPRMI
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 18 November 2019
 
Aceh Utara
Literasi Gemar Membaca, Pemerintah Dorong Sekolah dan Gampong Miliki Perpustakaan
Editor: Muhammad Abubakar | Rabu, 23-10-2019 - 17:50:07 WIB

TERKAIT:
 
  • Literasi Gemar Membaca, Pemerintah Dorong Sekolah dan Gampong Miliki Perpustakaan
  •  

    ACEH UTARA, RIAUKontraS.com - Road Show Literasi, Safari gemar membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh mendapat simpati dari berbagai pihak. Kegiatan yang diikuti oleh para guru, pelajar SMP, SMA, Mahasiswa dan penggiat Literasi untuk menarik minat baca dikalangan masyarakat. Kegiatan yang digelar di gedung Pamg Lateh Lhoksukon, Rabu (23/10/2019) diikuti oleh ratusan peserta.

    Pelaksana kegiatan yang juga Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara Drs. Yusri dalam sambutannya mengatakan, Road Show Literasi atau safari budaya gemar membaca 2019, dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama kaum Melenial. Perpustakaan sebagai sistem pengelolaan rekaman, gagasan, pemikiran, pengalaman dan pengetahuan umat manusia mempunyai fungsi utama melestarikan hasil budaya umat manusia, yang berbentuk dokumen cetak dan karya rekam lainnya.

    Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Drs. Supriadi S.S, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, Safari gerakan nasional gemar membaca untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

    Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat cinta terhadap budaya lokal, lebih dekat dengan buku dan menjadikan perpustakaan sahabat terbaik sekaligus sebagai pusat belajar dan kegiatan bagi masyarakat serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia, "jelas Supriyadi.

    Rangkaian kegiatan ini, lanjut Supriyadi, merupakan bentuk nyata perpustakaan berperan mengembangkan potensi masyarakat pada penguatan dan hakikat budaya agar terwujud masyarakat yang cerdas dan memiliki kebiasaan membaca sebagai usaha belajar sepanjang hayat.

    Kegiatan ini merupakan pemberian wawasan pengetahuan, pembekalan keterampilan bagi seluruh masyarakat, pendekatan dalam ilmu sosial yaitu penguatan individu dan masyarakat partnership dengan ketentuan peraturan perundangan, layanan yang terintegrasi dengan layanan publik memberikan prioritas utama pada pencegahan dan penanganan atau insiden dan data yang terintegrasi.

    Sesuai dengan Peraturan Pemerintah tahun 2019 penguatan literasi untuk kesejahteraan masyarakat menjadi kegiatan prioritas dalam membentuk program prioritas percepatan pengurangan kemiskinan. Kebijakan transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk mendorong peran perpustakaan dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan rakyat.

    Untuk mendukung kegiatan prioritas atau penguatan literasi demi kesejahteraan melalui perpustakaan harus berubah paradigma, menjadikan perpustakaan sebagai ilmu untuk berbagi pengalaman belajar secara kontekstual dan ruang untuk berlatih keterampilan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah pusat, daerah dan swasta.

    Perpustakaan memiliki peran untuk menghubungkan antara sumber pengetahuan dengan penggunaan pengetahuan. Katalisator mempercepat proses desiminasi pengetahuan melalui pustakawan dalam mendukung program layanan berbasis inklusi sosial, melakukan tindakan yang nyata.

    Perpustakaan merupakan garda terdepan dalam menggerakkan pengetahuan bagi masyarakat untuk mendukung transformasi pengetahuan sebagai agen perubahan.

    Pemerintah pusat telah melakukan kegiatan strategi sebagai terobosan untuk membangun masyarakat yang berbudaya baca, melalui penyediaan sarana perpustakaan yang mudah dijangkau murah dengan melibatkan semua lapisan masyarakat.

    Perpustakaan menjadi mediator untuk mengembangkan pengetahuan, yang memungkinkan adanya perubahan masyarakat kearah yang lebih baik. Pustakawan berkarya membantu masyarakat dalam memanfaatkan informasi pengetahuan literasi dan menyebarluaskan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

    Sementara Wakil Bupati Kabupaten Aceh Utara Fauzi Yusuf dalam sambutannya, saat membuka acara Safari gemar membaca di Gedung Pang Lateh Lhoksukon menyebutkan, kegiatan ini sangat penting dan strategis terutama mengangkat motivasi anak sekolah para pemuda, remaja dalam mendukung minat baca para pelajar, siswa, mahasiswa, generasi muda dan masyarakat, harus dimulai dari karakter gemar membaca.

    Sehingga kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan, untuk dapat mendongkrak minat baca masyarakat.

    Melalui Safari gerakan nasional gemar membaca, bagaimana caranya kita menggabungkan gerakan ini sehingga mau diikuti oleh segenap lapisan masyarakat terutama ditindaklanjuti oleh stakeholder terkait, paling tidak gerakan ini dapat memotivasi diri kita untuk menumbuhkan minat terhadap baca tulis.

    Dengan membaca kata Fauzi Yusuf, akan terbuka Cakrawala berpikir dan wawasan pengetahuan yang dapat menembus peradaban. Penyediaan bahan bacaan menjadi kewajiban keluarga, pendidikan dan tempat kerja, agar masyarakat mudah mendapatkan bahan bacaan. 

    Lebih lanjut dikatakan nya, kami akan terus menggelorakan semangat literasi budaya gemar membaca ini, demi menyiapkan generasi yang cukup dan berwawasan luas. Untuk meningkatkan minat baca anak diharapkan semua sekolah di kabupaten Aceh Utara harus memiliki perpustakaan. Karena perpustakaan merupakan tempat yang baik mulai kita tinggalkan.

    Budaya membaca sebut Fauzi Yusuf, sudah berganti dengan permainan-permainan individualis di berbagai bidang. Pendidikan merupakan tantangan bagi kita untuk menggalakkan budaya membaca bagi kita dan anak-anak. Kami harapkan untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, perkantoran dan berbagai kesempatan, saat ini informasi tidak saja dicari di buku namun juga bisa dicari melalui buku dan perpustakaan digital.

    Safari gerakan nasional gemar membaca diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan Desa, taman bacaan serta masyarakat dalam peran sertanya mengembangkan perpustakaan. Perpustakaan merupakan media yang tepat untuk mengenalkan pengelolaan dari sudut pandang lainnya.

    Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan terus mendorong budaya baca dan meningkatkan minat baca masyarakat, akan membenahi berbagai sarana baca baik di perpustakaan sekolah maupun di tempat-tempat strategis dalam Kabupaten Aceh Utara. Untuk itu saya mengajak guru-guru untuk kreatif baca siswa baik dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah maupun dengan cara mengunjungi perpustakaan daerah.

    Kita akan terus menambah koleksi buku-buku perpustakaan, diharapkan kepada semua orang untuk rajin mengunjungi perpustakaan anak-anak remaja kita tidak terus dilalaikan dengan perangkat teknologi, telepon canggih yang mampu mengakses berbagai informasi dari manapun mereka suka, tapi mereka lupa kedangkalan informasi itu belum mereka butuhkan tidak pernah sama sekali untuk menunjang keberhasilan hidup mereka pada masa depan yang terjadi sebaliknya, "pungkas Fauzi Yusuf.(Muhammad Abubakar)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Literasi Gemar Membaca, Pemerintah Dorong Sekolah dan Gampong Miliki Perpustakaan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved