www.riaukontras.com
| Punge Blang Cut dan Jaya Baru Jadi Gampong Layak Anak | | Lepas Kafilah MTQ Banda Aceh, Wali Kota Siapkan Bonus Terbaik | | Diduga Lakukan Pembakaran Lahan Pria 60 Tahun Diamankan Polisi | | Dandim 0314/Inhil Ikuti Sertijab Bersama 3 Dandim Lainnya | | Anggota DPRD Siak Periode 2019-2024 Resmi Dilantik | | Zulkifli, Ditetapkan Jabat Ketua Sementara DPRD Siak
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 19 09 2019
 
Aceh Besar
ACT Aceh Distribusikan 1.000 Lebih Hewan Qurban
Editor: Muhammad Abubakar | Senin, 12-08-2019 - 18:38:58 WIB

TERKAIT:
 
  • ACT Aceh Distribusikan 1.000 Lebih Hewan Qurban
  •  

    ACEH BESAR, RIAUKontraS.com - Kebahagian menyantap daging kurban begitu terlihat di Masjid Rahmatullah Lampuuk, Lhoknga, Aceh Besar, Senin (12/8). Ratusan warga setempat begitu antusias mengikuti proses penyembelihan kurban dan penyiapan masakan kurban.

    Terdapat 27 hewan kurban yang disembelih di sana, hasil penyaluran Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh dari mitra asal Turki, Hayrat. Selanjutnya, hewan kurban tersebut didistribusikan ke hingga tujuh kecamatan di Aceh Besar. “Penerima manfaat daging kurban yang kita salurkan ini insya Allah adalah orang-orang yang berhak. Kita udah melaksanakan asesmen sebelum mendistribusikannya,” ujar Kepala ACT Aceh Husaini Ismail.

    Ia menuturkan, masyarakat nampak antusias menyantap keberkahan daging kurban yang diracik dengan resep khas Aceh Besar. Masyarakat bisa merasakan kenikamatan daging kurban sambil menyelami suasana masjid yang begitu religi. Ditambah lagi sejarahnya sebagai satu-satunya bangunan yang selamat dari dahsyat hantaman tsunami pada 2004 silam. Karena itu, kekhidmatan menyantap daging kurban  di lingkungan masjid yang berdekatan “Kampung Turki” semakin terasa.

    “Sambil menikmati daging kurban, kita dapat melihat Masjid Rahmatullah sebagai bukti atas kebesaran Allah,” lanjutnya.

    Suasana di Aceh Utara

    Suara kapak memotong tulang-tulang sapi kurban terdengar sangat jelas di satu sudut rumah warga di Gampong Geulinggan, Lhoksukon, Aceh Utara. Sekitar 10 orang lelaki asik menyiapkan masakan daging kurban lengkap nasinya. Mereka nampak bercengkrama sementara tangan mereka terus memotong daging.

    Proses penyiapan makanan tersebut menjadi bentuk kemeriahan warga menyambut hari raya Iduladha. Mereka bersiap menyantap daging kurban yang disalurkan Turkiye Diyanet Foundation (TDV) melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh. “Ini merupakan tahun ketiga TDV menjadikan ACT sebagai mitranya. Alhamdulillah, itu berkat dukungan masyarakat, relawan MRI dalam menjaga amanah mereka,” ucap Thariq Farline, Head of Marketing ACT Aceh, Minggu (11/8).

    Daging yang sudah masak tersebut kemudian dihidangkan di lingkungan Masjid Baiturrahim, Lhoksukon. Masyarakat dari berbagai kalangan dipersilahkan makan menikmati hidangan di bawah tenda yang telah disiapkan. Senyuman warga bermekaran.

    Sementara itu, di sudut lainnya Masjid Baiturrahim, penyembelihan sapi kurban dari TDV sedang berlangsung yang turut dibantu warga dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Jumlahnya 44 ekor sapi atau setara dengan 308 ekor kambing. Sapi-sapi tersebut langsung dijemput oleh masyarakat dari lima daerah target distibusi hari ini, yakni Aceh Timur, Lhoksweumawe, Aceh Utara, Aceh Tamiang, dan Langsa.

    Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib hadir ketika prosesi serah terima sapi secara simbolis dari TDV kepada masyarakat. “Kami berterima kasih kepada ACT Aceh yang sudah memfasilitasi salah satu lembaga dari Turki untuk mendistribusikan kurbannya kepada masyarakat Aceh Utara,” ucapnya.

    Thariq menambahkan, bahwa tahun ini ACT Aceh mendistribusikan lebih 1.000 hewan kurban setara kambing ke 13 kabupaten/kota Aceh. Kurban tersebut berasal dari sejumlah mitra lainnya seperti Moorden, MyBank, dan BNI Syariah. Ia berharap agar ke depan jumlah hewan yang didistribusikan mengalami peningkatan seperti halnya tahun ini. “Mudah-mudahan, dengan segala dukungan dan kepercayaan masyarakat selama ini, kami bisa berbuat lebih banyak lagi,” lanjutnya.

    Katanya, pada tahun ini antusiasme masyarakat berqurban melalui ACT Aceh mengalami peningkatan. Ia berharap masyarakat terus mendoakan dan mendukung ACT sebagai lembaga kemanusiaan.

    Perwakilan TDV Fuad merasa cukup senang bisa mendistribusikan daging kurban di Aceh. “Mudah-mudahan daging yang diterima masyarakat bisa bermanfaat,” pungkasnya.(Muhammad Abubakar/Rls)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • ACT Aceh Distribusikan 1.000 Lebih Hewan Qurban
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved