www.riaukontras.com
| Diskominfo Kampar Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Covid-19 Melalui Mobil Keliling | | Bupati Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Labuhan Keude | | ASN Aceh Tamiang Sisihkan Gaji Bantu Masyarakat Lawan Covid-19 | | KUMKM dan Masyarakat Dapat Bantuan Masa Covid-19 Dari Diskop dan UKM Aceh | | Meunasah Jadi Rumah Idaman Bagi Santri Dayah Baitul Huda | | Satgas TMMD Gandeng Komunitas Ves Tanah Rencong di Panton Gajah
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 03 April 2020
 
Banda Aceh
Banda Aceh Raih Penghargaan Puskesmas PRA Terbaik Tingkat Nasional
Editor: Muhammad Abubakar | Senin, 29-07-2019 - 19:14:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Banda Aceh Raih Penghargaan Puskesmas PRA Terbaik Tingkat Nasional
  •  

    BANDA ACEH, RIAUKontraS.com - Pemerintah Kota Banda Aceh kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, salah satu unit layanan kesehatannya yakni Puskesmas Meuraxa terpilih sebagai Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak (PRA) Terbaik Tingkat Nasional tahun 2019.

    Penghargaan dalam bentuk piagam itu diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise pada peringatan Hari Anak Nasional 2019 di Makassar beberapa waktu yang lalu. Pada ajang yang sama, Banda Aceh juga meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tingkat Madya.

    Senin (29/7/2019) pagi tadi, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, menerima kedua penghargaan tersebut dari Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Media Yulizar di ruang kerjanya di balai kota. Turut hadir Kadinkes Warqah Helmi dan Kepala Puskesmas Meuraxa Lia Silvianti.

    "Alhamdulillah, pembangunan Banda Aceh dalam bidang kesehatan serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, hanya 21 daerah yang meraihnya. Penghargaan ini pun baru pertama kali di Aceh," kata Aminullah.

    Menurutnya, Puskesmas dengan PRA merupakan bagian dari pewujudan Kota Layak Anak. "Idealnya menang semua instasi pelayanan publik harus ramah anak, dan ini yang sedang kita perjuangkan. Dan 10 Puskesmas lainnya di Banda Aceh sudah kita SK-kan sebagai Puskesmas menuju ramah anak sejak dua tahun yang lalu."

    "Target kita, semua Puskesmas termasuk rumah sakit yang ada di Banda Aceh dapat penghargaan serupa. Untuk itu, 15 indikator Puskesmas Ramah Anak yang telah ditetapkan oleh pusat terus kita benahi. Indikator tersebut meliputi sarana, SDM, SOP, hingga sistem pelaporan di Puskesmas terkait perlindungan anak," katanya.

    Wali Kota Aminullah kembali menegaskan komitmen dirinya untuk mewujudkan Banda Aceh sebagai Kota Layak Anak pada 2022 mendatang. "Semua sektor mulai dari kesehatan hingga pendidikan harus ramah anak. Ini penting karena anak adalah aset paling berharga sebagai generasi penerus kota gemilang pada masa mendatang," katanya lagi.

    Kepala DP3AP2KB Media Yulizar menambahkan, dari hasil penilaian dan verifikasi yang dilakukan oleh pihak kementerian, Puskesmas Meuraxa paling memenuhi syarat untuk penghargaan tersebut. "Bahkan kita mampu menembus enam besar dari 21 Puskesmas yang meraih penghargaan ini," katanya.

    "Bekerjasama dengan dinas kesehatan, kita akan lihat lagi 10 Puskesmas yang lain untuk tahun depan kita usulkan ke pusat. Harapan kita sesuai dengan target Pak Wali, setiap tahunnya ada Puskesmas di Banda Aceh yang meraih penghargaan PRA."

    Ia pun merincikan sejumlah indikator penilaian Puskesmas PRA. "Minimal ada tiga orang SDM terlatih tentang hak anak, pojok bermain anak; jadi anak bisa bermain sembari orangtuanya berobat, dan sistem pelaporan kekerasan terhadap anak yang dimiliki oleh sebuah Puskesmas," tutupnya.(Muhammad Abubakar/Rls)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Banda Aceh Raih Penghargaan Puskesmas PRA Terbaik Tingkat Nasional
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    2 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    3 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    4 Polemik Pembangunan Jalan TOL di Riau Menggurita, Dana APBN Diduga Menjadi Dana Talangan
    5 Hanya Karna Rupiah, Kepala Sekolah SMK 3 Lahewa Larang Siswi Ikut Ujian
    6 Temuan BPK RI Sebesar Rp.42 Milyar di UIN Suska Riau, Dikonfirmasi Rektor UIN 'Bungkam'
    7 Plt Bupati Pelatihan Buka Resmi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa se-Kab.Bengkalis
    8 Tiang Baleho Miring Sangat Mengkhawatirkan Masyarakat
    9 Pakar Hukum Pidana Minta Ketua DPRD Provinsi Riau Serta Polres Rohil Panggil Pimpinan PT. SS
    10 Diduga Terjadi Korupsi Dalam Pembangunan Proyek Program KOTAKUĀ 
    Ketua DPD LSM Gerak Riau Sampaikan Laporan Resmi Ke Polresta PekanbaruĀ 
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved