www.riaukontras.com
| Punge Blang Cut dan Jaya Baru Jadi Gampong Layak Anak | | Lepas Kafilah MTQ Banda Aceh, Wali Kota Siapkan Bonus Terbaik | | Diduga Lakukan Pembakaran Lahan Pria 60 Tahun Diamankan Polisi | | Dandim 0314/Inhil Ikuti Sertijab Bersama 3 Dandim Lainnya | | Anggota DPRD Siak Periode 2019-2024 Resmi Dilantik | | Zulkifli, Ditetapkan Jabat Ketua Sementara DPRD Siak
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 19 09 2019
 
Banda Aceh
PPRG Diharapkan Dapat Menghasilkan Pembangunan Merata Bagi Perempuan
Editor: Muhammad Abubakar | Kamis, 21-02-2019 - 10:12:23 WIB

TERKAIT:
 
  • PPRG Diharapkan Dapat Menghasilkan Pembangunan Merata Bagi Perempuan
  •  

    BANDA ACEH, RIAUKontraS.com - Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, Rabu (20/2/2019) membuka secara resmi sosialisasi Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi tim focal poin di aula Hotel Grand Arabia, Banda Aceh.


    Kegiatan ini diikuti oleh 56 tenaga tehnis perencana di SKPK dalam lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.


    Wakil Wali Kota yang akrab disapa Cek Zainal, berharap kegiatan yang digelar DP3AP2KB Kota Banda Aceh ini dapat menghasilkan pembangunan yang adil dan merata bagi kaum perempuan dan laki-laki dalam memperoleh akses, manfaat, berpartisipasi dalam mengambil keputusan serta kesetaraan terhadap kesempatan dan peluang dalam menikmati hasil pembangunan.


    Katanya, Pemko dibawah kepemimpinan Amin-Zainal sangat berkomitmen memberikan perhatian serius terhadap pemberdayaan perempuan.


    “Bahkan dalam salah satu misi tahun 2017-2022, kita masukkan poin khusus tentang peran perempuan, yaitu memperkuat upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Sebagai kota yang ramah terhadap perempuan, Banda Aceh telah meletakkan pondasi dan telah melakukan berbagai upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam beberapa tahun terakhir,” ungkapnya.


    Karenanya, kata Cek Zainal, kegiatan sosialisasi menjadi penting salah satu upaya dari Pemko untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui perencanaan dan penganggaran yang responsif gender.


    “Dan keberhasilan pembangunan kota ini sangatlah tergantung pada peran serta laki-laki dan perempuan secara bersamaan sebagai pelaku dan pemanfaatnya. Ketidakseimbangan serta peminggiran terhadap peran serta dari salah satu elemen tersebut bisa berakibat pada ketimpangan dan ketidakadilan,” tambahnya.


    “Karenanya, semua program pemberdayaan harus memperhatikan dan diorientasikan pada pencapaian dan optimalisasi peran yang setara antara laki-laki dan perempuan,” pungkasnya.


    Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh, Media Yulizar sebagai ketua panitia kegiatan ini menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut digelar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran para perencana pada SKPK tentang konsep gender dan pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah. Selain itu, tujuan lainnya adalah, untuk meningkatkan ketrampilan (terlaksananya program skill) para perencana SKPK tentang cara kerja PPRG.


    Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan harapan adanya sejumlah tenaga tehnis perencana di SKPD dalam lingkungan Pemko yang memahami tentang gender dan pengarustamaan gender yang kemudian diimplementasikan dalam perumusan kebijakan, program dan kegiatan sesuai tupoksi.


    Kemudian, sejumlah tenaga tehnis perencana di SKPK dalam lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh diharapkan memiliki pemahaman dan ketrampilan secara tehnis menyusun dokumen PPRG sebagaimana amanat Perwal No 18 Tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan perencanaan dan penganggaran responsif gender pada SKPK.(***)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • PPRG Diharapkan Dapat Menghasilkan Pembangunan Merata Bagi Perempuan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved