www.riaukontras.com
| Masyarakat Simandolak Percaya Komperensi Bisa Perjuangkan Aspirasi Masyarakat | | Kunker Kapolres Bengkalis Ke Pembibitan Kayu Gerunggang | | Pemkab Bengkalis Salurkan BLT ODP PMI kepada 4.107 Penerima | | 131 KK Desa Senggoro Tuntas Sudah Menyalurkan BLT Dana Desa Tahap III | | Bansos Covid-19 Sukses Diselenggaraan Pemkab Siak Dinas Sosial, DPRD Kampar Studi Banding ke Siak | | Hadapi Covid-19, Rasidah Alfedri Ajak Kaum Ibu Konsumsi Ikan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 07 Juli 2020
 
Banda Aceh
Siap Jemput Bola, Disdukcapil Banda Aceh Lahirkan Sejumlah Inovasi
Editor: Muhammad Abubakar | Kamis, 07-02-2019 - 20:41:18 WIB

TERKAIT:
 
  • Siap Jemput Bola, Disdukcapil Banda Aceh Lahirkan Sejumlah Inovasi
  •  

    BANDA ACEH, RIAUKontraS.com - Pemerintah Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah Usman dan Zainal Arifin (Amin-Zainal) terus melakukan berbagai upaya demi pelayanan terbaik kepada warga kota. Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada warga kota di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) siap melakukan jemput bola.


    Tercatat sejumlah gebrakan telah dilakukan, diantaranya melakukan program PELANGI (Pelayanan Langsung Jadi) ke gampong-gampong dalam wilayah kota Banda Aceh.


    "Tentu apa yang kita rencanakan untuk mempermudah kebutuhan warga, inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil pada tahun 2018 di antaranya melakukan nomor antrian berbasis online, pencatatan akta kelahiran secara online, pencataatan akta kematian secara online, program Pelangi (Pelayanan langsung jadi) ke gampong gampong, masyarakat uzur yang ada di gampong dan panti jompo dalam wilayah kota Banda Aceh," kata Kadisdukcapil kota Banda Aceh, Emila Sovayana, Kamis (7/2/2019).


    Dikatakannya, Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka percepatan  kepemilikan dokumen kependudukan (perekaman KTP Elektronik dan pembuatan akta kelahiran serta akta kematian).


    Menurut data pada 31 desember 2018, sebutnya, penduduk kota Banda Aceh berjumlah 244.686 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 123.780 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 120.906 jiwa.


    Sementara untuk penduduk kota Banda Aceh yang telah wajib memiliki KTP sebanyak 165.437 jiwa dan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 157.664 jiwa dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 7.557 jiwa.


    Menurutnya, warga kota Banda Aceh yang belum melakukan perekaman di antaranya adalah mereka pemegang KTP pemula yang memasuki usia 17 sampai dengan 23 tahun.


    Emila mengakui, dibalik inovasi yang dilahirkan, ada sejumlah kendala yang dihadapi diantaranya masih adanya masyarakat yang memiliki NIK ganda, blangko KTP el diadakan dari pusat, penghapusan dataduplicate record masih bergantung di server pusat dan belum adanya ruang arsip yg reprensentatif.


    Dalam rangka memberikan pelayanan kepada warga kota Banda Aceh yang berkebutuhan khusus atau uzur, imbuh Emila, pihaknya juga menyediakan layanan yang disebut Halo Disdukcapil.


    “Untuk warga kota Banda Aceh yang berkebutuhan khusus atau uzur bisa menghubungi Halo Disdukcapil di nomor 08116815919,” pungkasnya.(***)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Siap Jemput Bola, Disdukcapil Banda Aceh Lahirkan Sejumlah Inovasi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved