www.riaukontras.com
| Siswa SMAN 1 Bernas Bersama SMKN 1 Pangkalan Kuras, Lakukan Penggalangan Dana Untuk Nika Efarina | | Bupati Inhil: RA Kartini Pioner Pejuang Kaum Perempuan | | Bupati Inhil: Revolusi Mental Perlu Dikuti Seluruh Pihak | | Satu Unit Rumah Hangus Dilalap Sijago Merah di Kec. Pangkalan Kuras | | Yuliasa Gulo SH Minta PPK Pangkalan Lesung Transparan, Jujur dan Adil dalam Perhitungan Suara | | Sekda Tengku Mukhlis Video Conference Bersama Pemprov Riau Laporkan Hasil Pemilu Tahun 2019
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 21 April 2019
 
Banda Aceh
Kemiskinan di Aceh Meningkat 0,05% Tahun 2018, Pokir Harus Sesuai Data BDT
Editor: Muhammad Abubakar | Rabu, 12-12-2018 - 10:11:36 WIB

TERKAIT:
 
  • Kemiskinan di Aceh Meningkat 0,05% Tahun 2018, Pokir Harus Sesuai Data BDT
  •  

    BANDA ACEH, RIAUKontraS.comKepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhuri MM mengaku prihatin dengan angka kemiskinan di Aceh. Rilis terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa masyarakat miskin di Aceh tertinggi se Sumatera.  Persentase penduduk miskin Aceh pada periode Maret 2018 mencapai 893 ribu orang atau 15,97 persen, meningkat 0,05 persen dibandingkan tahun sebelumnya.


    Kedepannya, Alhudri berharap semua stakeholder dapat bersinergi, terencana dan tepat sasaran dalam menekan dan menanggulangi angka kemiskinan di Aceh sesuai dengan basis data terpadu (BDT) yang dimiliki oleh Pemerintah Aceh.


    Begitupun untuk pokok pikiran (Pokir) yang sebelumnya disebut asprasi anggota DPR, tahun anggaran 2019 juga harus disesuaikan dengan data BDT.


    “Kalau pun nanti ada Pokir dari DPR  maka kegiatannya kita kembalikan ke daerah pemilihanya. Namun untuk penerima manfaatnya tetap harus merujuk pada BDT,” tegas Alhudri saat membuka Workshop Ekpose Hasil Penjajakan Awal dan Studi Kelayakan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah yang dilakukan Jaringan Suvei Inisitaif (JSI) di Kriyat Muraya Hotel, Banda Aceh, Selasa (11/12/2018).


    Menurut Alhudri,  hal itu  sebagai salah satu cara untuk menekan angka kemiskinan di Aceh, karena selama ini dinilainya upaya penanggulangan kemiskinan belum begitu tersistematis dan terencana antar pemerintahan dan dengan dunia usaha. “Maka jika rujukannya adalah data BDT, sudah barang tentu penerima manfaatnya tepat sasaran,” ujarnya.


    Alhudri menuturkan, Dinas Sosial Aceh adalah perpanjangan negara dalam meningkatkan kesejahteraan warga negara yang sudah diatur dalam UUD 1945. Oleh karenanya, Dinas Sosial Aceh memiliki berbagai program untuk mewujudkan kesejahteraan masayarakat khususnya Aceh.


    “Salah satunya adalah riset penjajakan dan studi kelayakan Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang bekerjasama dengan JSI. Tujuannya agar tepat guna saat kita memberikan bantuan,” katanya.


    Dia, kegiatan  seperti ini dapat terlaksana setiap tahun karena hasil kegiatan ini akan menjadi rekomendasi apa yang patut diberikan untuk masyarakat Aceh di kawasan KAT.


    “ Mereka adalah saudara kita yang belum beruntung, semoga dengan bantuan dari kita mereka nanti bisa menjadi beruntung,” harapnya.


    Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur JSI Ratnalia Indriawati, Biro Tata Pemerintahan Setda Aceh,  Bappeda, MAA, Dinas Sosial, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Pertanahan Wilayah Aceh, PLN Wilayah Aceh serta dari Akademisi Unsyiah  UIN Ar-Raniry.


    Hadir juga Dinsos Aceh Tengah, Camat Mesidah, Camat Jagong Jeget, Camat Linge, Reje Wertingkem, Reje Pantan Kuli, Reje Hakim Peteri Pintu, Reje Wih Resap, Reje Gegarang, Reje Paya Tungel, dan Reje Lumut.(***)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Kemiskinan di Aceh Meningkat 0,05% Tahun 2018, Pokir Harus Sesuai Data BDT
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    4 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    5 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved