www.riaukontras.com
| Wali Kota Minta Komite Memajukan Sekolah | | Pemerintah Rehabilitasi Ayah dan Anak Yang Terlantar di Bireuen | | Wali Kota: Jika Terjadi Kebakaran Segera Hubungi 0651-113 | | Di Banda Aceh Siswa Hafidz Qur'an Bebas Memilih Sekolah | | Dandim 0107 Asel Pimpin Upacara Bendera di SMA Insan Madani Meukek | | Tradisi Penyambutan Warga Baru Yonif Raider 112 DJ
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 22 Januari 2019
 
Ungkap Kasus Pungli di Desa Sifahandro, Polres Nias: Terhambat Hasil Audit Inspektorat
Editor: Emos | Selasa, 03-04-2018 - 18:32:43 WIB

TERKAIT:
 
  • Ungkap Kasus Pungli di Desa Sifahandro, Polres Nias: Terhambat Hasil Audit Inspektorat
  •  

    NIAS UTARA, RIAUKontraS.com - Masyarakat Desa Sifahandro, Kecamatan Sawõ Kabupaten Nias Utara, sangat  kecewa terkait hasil audit dari Kepala Inspektorat Kabupaten Nias Utara yang sampai saat ini, belum di sampaikan Kepada ke pihak penegak Hukum di Polres Nias.

    Laporan Masyarakat Desa Sifahandro tertanggal 16/08/2017 kepada pihak Polres Nias terkait Pungutan Liar (Pungli) pada Kegiatan Pembangunan Pembukaan Jalan Baru dan Pengerasan yang di lakukan oleh Kepala Desa Sifahandro dan Tim ADD dan DD Tahun Anggaran 2016, terkendala tidak adanya hasil audit dari Inspektorat Kabupaten Nias Utara.

    Berdasarkan laporan masyarakat Desa Sifahandro terkait dugaan Pungli yang dilakukan Kepala Desa Sifahandro dan kronisnya, pihak Polres Nias telah melakukan koordinasi kepada Inspektorat Kabupaten Nias Utara untuk memintakan agar di lakukan pemeriksaan / audit atas laporan tersebut, Polres Nias telah menyurati Inspektorat Kabupaten Nias Utara untuk memintakan di lakukan pemeriksaan/audit dugaan pemotongan harga bahan material dan pemotongan gaji terhadap pekerja pada pembukaan dan Pengerasan jalan dari Hiligawöö menuju sawah Sohoya Dusun II RT VII Desa Sifahandro Kecamatan Sawõ Kabupaten Nias Utara TA. 2016. Bahkan yang menjadi hambatan penyidik sampai saat ini, hasil pemeriksaan / audit dari Inspektorat Kabupaten Nias Utara belum di terima Penyidik.

    Masyarakat Desa Sifahandro 3 Kali menerima surat hasil perkembangan penyelidikan terkait laporan yang telah diterima Polres Nias:

    1. Gunungsitoli 24/11/2017, nomor : B/1372/XI RES.3.3/2017/Reskrim, dengan isi menyerahkan bukti-bukti/dokumen pendukung, dan melakukan koordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Nias Utara untuk memintakan agar di lakukan pemeriksaan / audit atas laporan tersebut.

    2. Gunungsitoli 23/01/2018, nomor : B/93/I/2018 Reskrim, dengan isi : -- menyurati Inspektur Kabupaten Nias Utara untuk memintakan di lakukan pemeriksaan/audit dugaan pemotongan harga bahan material dan pemotongan gaji terhadap pekerja pada pembukaan dan Pengerasan jalan dari Hiligawöö menuju sawah Sohoya Dusun II RT VII Desa Sifahandro Kecamatan Sawõ Kabupaten Nias Utara TA. 2016, -- Penyidik menyurati Inspektur Kabupaten Nias Utara untuk memintakan pemberitahuan sampai sejauh mana perkembangan pemeriksaan/ audit yang dilakukan.

    3. Gunungsitoli 16/03/2018, nomor : B/347/III/2018 Reskrim. Isi -- Hambatan bahwa sampai saat ini hasil pemeriksaan / audit dari Inspektorat Kabupaten Nias Utara belum di terima Penyidik, -- Rencana tindak lanjut, menyurati kembali Inspektur Kabupaten Nias Utara untuk memintakan pemberitahuan sampai sejauh mana perkembangan pemeriksaan/audit yang di lakukan.

    Masyarakat Desa Sifahandro kepada media ini mengatakan, kami sangat kecewa dengan kinerja Inspektorat Kabupaten Nias Utara saat ini yang tidak mau transparan terkait hasil auditnya, jangan-jangan Inspektorat Kabupaten Nias Utara terlibat juga. Sesal masyarakat.

    Sebelumnya Inspektorat Kabupaten Nias Utara telah memberikan harapan dan janji kepada masyarakat Desa Sifahandro pada saat konfirmasi  di kantornya beberapa bulan lalu mengatakan, masalah ini pasti kami sampaikan hasil audit dari pada laporan tersebut, sudah kami panggil Kepala Desa,  Ketua Tim dan Bendahara dan  benar ada Indikasi penyimpangan/Penyelewengan dan sudah mereka akui bahwa mereka sudah melakukan pemotongan Upah dan juga dalam pembelian bahan material.

    Pada saat itu, Kepala Inspektorat Tolanaso Gea memberikan perumpamaan kepada kami mengatakan : "Ibarat makanan yang telah masak tinggal menikmati " dan bukan hanya kaki yang terikat kepada Kepala Desa dan Timnya, tetapi ini  sudah Leher yang ter Ikat. Masalah ini akan segera kami sampaikan ke pihak penegak Hukum. Jelas Tolanaso Gea saat itu.

    Harapan dan janji yang disampaikan Kepala Inspektorat Tolanaso Gea kepada masyarakat Desa Sifahandro hanya isapan jempol, hasil audit dari Inspektorat belum juga disampaikan ditangan penyidik Polres Nias. (Em)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Ungkap Kasus Pungli di Desa Sifahandro, Polres Nias: Terhambat Hasil Audit Inspektorat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    6 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    7 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    8 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved