www.riaukontras.com
| Pangdam IM Pimpin Sertijab Pejabat Kodam IM | | Yonarmed 17 Gelar Lomba Menembak PPSC | | Pemerintah Kota Banda Aceh Dorong Partisipasi Perempuan | | Kota Sabang Atasi Stunting Melalui Bantuan Tunai Untuk Anak | | Mobil Pencuri Lembu Warga di Aceh Utara Dibakar Massa | | TNI Bangun Jalan Menuju Pesantren MUNA
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 22 Januari 2019
 
Gelar Rapat Koordinasi Bersama, Tokoh Masyarakat Nias Utara Domisili di Medan
Editor: | Selasa, 26-12-2017 - 10:46:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Gelar Rapat Koordinasi Bersama, Tokoh Masyarakat Nias Utara Domisili di Medan
  •  

    NIAS UTARA, RIAUKontraS.com - Pemerintah Kabupaten Nias Utara laksanakan rapat koordinasi bersama para tokoh masyarakat Nias Utara yang berdomisili di wilayah Medan dan sekitarnya, Jumat 22 Desember 2017.

    Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Nias Utara beserta Nyonya, Plt. Sekretaris Daerah Kab. Nias Utara Drs. Fonaha Zega, MAP, Anggota DPRD Kab. Nias Utara, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Staf Ahli Bupati Nias Utara sekaligus Ketua Panitia Rpat Koordinasi Yafeti Nazara, S. Kep, M.Kep, NSpM, Sekretaris Panitia Meidin A. Baeha, S.Sos, MAP, Asisten Sekda Kab. Nias Utara, Kepala OPD Lingkup Kab. Nias Utara, Camat se-Kab. Nias Utara, para Kabag lingkup Setda Kab. Nias Utara, Tokoh-Tokoh masyarakat, pemuda dan ormas Nias Utara yang berdomisili di Medan dan sekitarnya serta ASN Kabupaten Nias Utara yang berkesempatan hadir.

    Ketua Panitia Yafeti Nazara, S.Kep.NSpM dalam laporannya mengatakan dasar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Daerah Kabupaten Nias Utara Nomor 1 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2017 dan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Utara Nomor 8 Tahun 2017 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2017, Surat Keputusan Bupati Nias Utara Nomor 130/318/2017 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Rapat Koordinasi Pemerintahan dengan tujuan terlaksananya diskusi antara Pemerintah Kabupaten Nias Utara dengan para tokoh masyarakat dalam rangka percepatan pembangunan dan terjalinnya tali silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat Nias Utara yang berdomisili di Medan dan sekitarnya. Beliau juga menyampaikan bahwa manfaat dari kegiatan ini adalah upaya sinkronisasi perencanaan pembangunan antara Provinsi dan Kabupaten dalam rangka percepatan, menggali potensi daerah dari sektor pariwisata, pertanian, perikanan dan kelautan.

    Plt. Sekretaris Daerah Kab. Nias Utara Drs. Fonaha Zega, MAP dalam kata sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan wadah dalam mengumpulkan segala aspirasi dari seluruh masyarakat dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati Nias Utara. Beliau meminta agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat memberikan perhatian yang lebih untuk membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Nias Utara agar dapat dengan segera meninggalkan keterbelakangan yang selama ini terjadi di wilayah Kab. Nias Utara. Beliau berharap dengan adanya rapat koordinasi ini dapat memunculkan ide-ide baru demi kemajuan dan perubahan Kab. Nias Utara.

    Mewakili tokoh masyarakat, Sonitehe Telaumbanua menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan dalam rangka percepatan pembangunan ini yang merupakan keterbukaan dan trasnparansi pemerintah dalam membangun Kabupaten Nias Utara. Dia berharap agar dalam birokrasi pemerintahan adanya kesepahaman visi dan misi yang sama antara seluruh pelaku-pelaku kebijakan baik itu dari legislatif (DPRD) dan eksekutif (Pemda). Sonitihe berharap agar seluruh dinamika politik yang ada di Kabupaten Nias Utara bukan untuk menghambat perkembangan Nias Utara akan tetapi untuk mempercepat pembangunan. Beliau juga meminta agar tim eksekusi kebijakan dapat bergerak cepat demi memaksimalkan pembangunan sekaligus meminta kepada Bupati Nias Utara dapat bersikap tegas kepada para personil tim eksekusi kebijakan yang di nilai tidak dapat memgemban tugas yang diberikan.

    Mewakili Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Dalifati Ziliwu, M.Pd menyatakan lembaga DPRD Kabupaten Nias Utara siap membantu dan bekerja demi percepatan pembangunan Kab. Nias Utara. Beliau mengatakan bahwa Kabupaten Nias Utara memilik banyak potensi-potensi alami daerah yang jika mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak baik itu dari Provinsi dan Pusat maka diyakini akan membantu percepatan pembangunan. Visi dan Misi beserta aspirasi harus dapat dipertemukan dalam satu wadah demi mewujudkan keharmonisan pemerintahan. Dalam membangun Nias Utara harus memiliki pola pikir “Kalau bukan kita, siapa lagi” dan “kalau bukan sekarang, kapan lagi”. Untuk itu beliau berharap adanya masukan pemikiran dari Pihak Provinsi dan Tokoh Masyarakat yang membangun dalam kegiatan ini.

    Dalam paparannya Bupati Nias Utara secara garis besar memberikan gambaran tentang kondisi dan keadaan Kabupaten Nias Utara sejak tahun 2016 s/d 2017 dan memiliki batas terluar dari wilayah NKRI. Pembangunan Kabupaten Nias Utara didasarkan pada RPJM Nasional 2015-2019 Trisakti dan Nawacita dengan visi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, visi dan misi pembangunan Provinsi Sumatera Utara 2013-2018 yaitu “Menjadi Provinsi yang berdaya saing menuju Sumatera Utara Sejahtera dan Visi dan Misi Kepala Daerah Kabupaten Nias Utara periode 2016-2021 yakni “ Terwujudnya Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya” yang memiliki program unggulan daerah Nias Utara Cerdas, Nias Utara Sehat, Nias Utara Berprestasi, Nias Utara Sejahtera, Nias Utara Berbenah, Nias Utara Melayani dan Nias Utara Rukun.

    Beliau berharap agar dalam rapat koordinasi akan memunculkan ide-ide baru yang berdasar pada visi dan misi demi percepatan pembangunan dan sebagi solusi dalam menyelesaikan kendala-kendala yang ada dan berpotensi menghambat pembangunan. Beliau menekankan akan melakukan segala upaya demi membuka keterisoliran yang ada di Kabupaten Nias Utara khususnya di Kecamatan Tugala Oyo dan Kecamatan Afulu. Pada akhir paparannya beliau menyatakan bahwa seluruh program kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan hasil kerjasama dan dukungan seluruh pihak untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Seluruh rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan akan selalu mempedomani visi dan misi pemerintah daeah sebagaimana janji-janji politik dan segala kelemahan kiranya dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah  untuk terwujudnya Nias Utara yang Maju, Berdaya Saing, Beriman dan Berbudaya.

    Ismail Sinaga, mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara meminta agar kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin tahunan karena sangat bermanfaat dalam memahami arah pembangunan di setiap daerah. Beliau juga meminta agar dalam membuat pengusulan anggaran harus selalu berdasar pada visi dan misi serta aturan dan tahapan dalam pembuatan program kerja. Begitu juga Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara sepakat untuk membantu dalam percepatan pembangunan dan mempromosikan potensi-potensi daerah di Kabupaten Nias Utara dalam bidang perikanan, kelautan dan pariwisata. Sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Nias Utara baik yang berdomisili di Medan maupun yang berdomisili di Kabupaten Nias Utara untuk saling bahu membahu dan mendukung secara partisipatif demi kemajuan perubahan di Kabupaten Nias Utara.

    Pada pelaksanaan kegiatan ini para tokoh-tokoh masyarakat banyak memberikan masukan, ide, kritik dan saran yang menjadi bahan dalam percepatan pembangunan seperti percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, kantor pemerintah, potensi wisata, potensi perikanan, potensi kelautan, infrastruktur pendidikan, sarana kesehehatan, tenaga pendidik, tenaga kesehatan yang dinilai sangat urgent untuk segera dibenahi. Mereka juga berharap agar dalam pembangunan Nias Utara melibatkan pemuda yang  menyatakan siap membantu percepatan pembangunan Kabupaten Nias Utara.

    Dalam kata penutup, Sekretaris Panitia Meidin A. Baeha, S.Sos, MAP mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh undangan yang telah berkenan hadir dan memberikan sumbangsih pemikiran dalam rangka membangun Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya sekaligus berharap agar pembangunan Nias Utara ke depan dapat mempertimbangkan skala proritas dalam menampung segala masukan dan apresiasi yang telah disampaikan.. RK (Gea)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Gelar Rapat Koordinasi Bersama, Tokoh Masyarakat Nias Utara Domisili di Medan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    6 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    7 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    8 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved