www.riaukontras.com
| Pangdam IM Pimpin Sertijab Pejabat Kodam IM | | Yonarmed 17 Gelar Lomba Menembak PPSC | | Pemerintah Kota Banda Aceh Dorong Partisipasi Perempuan | | Kota Sabang Atasi Stunting Melalui Bantuan Tunai Untuk Anak | | Mobil Pencuri Lembu Warga di Aceh Utara Dibakar Massa | | TNI Bangun Jalan Menuju Pesantren MUNA
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 22 Januari 2019
 
PEMERINTAH KABUPATEN NIAS UTARA
Melaksanakan Kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB-KESEHATAN 2016
Editor: | Jumat, 10-06-2016 - 02:11:58 WIB
Foto Bupati Nias Utara
TERKAIT:
 
  • Melaksanakan Kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB-KESEHATAN 2016
  •  

    NIAS UTARA, RiauKontras,- Kegiatan pencanangan bulan bhakti IBI-KB-Kesehatan di Lingkungan pemerintah Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara, di sambut dengan pengalungan bunga dan penyampaian sekapur sirih dari Siswa SMKN 1 Sitolu Ori, Kegiatan ini dihadiri Bupati Nias Utara, Wakil Ketua beserta anggota DPRD Nias Utara, Staf Ahli Bupati Nias Utara, Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Nias Utara, Ketua TP.PKK Nias Utara, Ketua dan Pengurus PC IBI Kabupaten Nias Utara, Kepala Klinik KB/Bidan se-Kabupaten Nias Utara, Ketua dan pengurus Forum Anak Kecamatan Sitolu Ori, PLKB Nias Utara dan seluruh lapisan masyarakat yang mengikuti kegiatan pencanangan IBI-KB-Kesehatan, Jum'at 29 April 2016.

    Kepala Badan KB'P3A Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM  melaporkan kegiatan ini dilakukan mulai dari pusat, Provinsi dan sampai ke daerah, dimana Kabupaten Nias Utara jumlah Kepala Keluarga tercatat 30946 KK, diantaranya terdapat 20280 pasangan usia subur dan 9419 orang telah ikut peserta KB dengan presentase  46,47% bila dilihat dari presentase ini sangat kurang kepesertaan masyarakat Nias Utara di bidang akseptor dan hal ini berdampak pada tidak terkendalinya keadaan penduduk. Hal ini kita bisa lihat 10-20 tahun kedepan yang akan datang dan dan angkat kelahiran didalam keluarga sampai sekarang terdapat sekitar 4-5 orang anak, sehingga hal ini berdampak dan mempengaruhi keluarga miskin dan tanggungan dikeluarga semakin banyak. Dia menyampaikan sesuai dengan pencanangan IBI-KB-Kesehatan tahun ini mengangkat tema "IB mempercepat pencapaian keluarga sejahtera melalui pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang (KB MKJP)". Lebih jauh dia menyampaiakan dan mengikuti akseptor pada hari ini ada 90-orang. Disamping itu tenaga PLKB yang ada di Nias Utara ada sebanyak 45 Orang dan telah di bagi keseluruh Kecamatan dan Klinik yang ada di Nias Utara, dan berharap partisipasi masyarakat di Kiabupaten Nias Utara dapat meningkat dalam mengikuti program pemerintah agar bisa mendongkrat ketertinggalan kita sehingga kita bisa mengendalikan penduduk dimasa yang akan datang.   

    Ketua PC. IBI Kabupaten Nias Utara Rosana Poluang pencanangan IBI-KB-Kesehatan ini merupakan kegiatan dari pusat sampai ke daerah dan bekerjasama dengan bidan dalam pencapaian KB di tingkat Nasional maupun Provinsi sehingga dapat berkontribusi dalam menurunkan angka kematian ibu. Disamping itu juga sesuai dengan tema "IBI mempercepat pencapaian keluarga sejahtera pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang (KB MKJP)" dan dilanjutkan dengan puncak perayaan  pada 24 Juni 2016 yang akan datang yang mengangkat tema " penguatan peran bidan dalam pemberdayaan perempuan dan keluarga untuk mendukung SDJS". Disamping kegiatan ini organisasi IBI dapat mewujud nyatakan peran sebagai linit terdepan untuk melaksnakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya pelayanan KB kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias Utara.
     
    Drs. Fonaha Zega mewakili tokoh masyarakat juga menyambut kegiatan pencanangan kegiatan IBI-KB-Kesehatan yang dilaksanakan saat ini sehingga dapat menurunkan angka kelahiran yang terus berkembang dan didisi lain belum tentu apakah 2 anak sudah sejahtera begitu juga 10 anak belum tentu menderita dan juga banyak anak banyak rejeki tapi hal ini tergantung kepada orang tua bagaimana mengatur hidup serta memenuhi kebutuhan keluarga dan proses kelahiran harus juga diperhatikan tuturnya.

    Camat sitolu Ori Aluisokhi Zai S.Pd menyambut baik kegiatan ini dan berterimakasih kepada Pemerintah Nias Utara khususnya kepada Kantor KB menghunjuk Kacamatan Sitolu Ori sebagai tempat terselenggaranya pencanangan IBI-KB-Kesehatan tahun anggaran 2016 ini. Juga melaporkan jumlah penduduk Kecamaatan Sitolu Ori menyampaikan keadaan jumlah penduduk sampai bulan Maret 2016 sebanyak 12.362 jiwa dan diataranya ada 6 Desa dan fasilitas pendidikan mulai dari pendidikan SDN 13 buah sekolah, SMPN 3 buah, SMPS 1 buah,  1 buah SMKS, 1 SMAS, dan tahun ini ada penerimaan siswa baru SMAN 1 Sitolu Ori tahun pelajaran 2016/2017 yang izin operasionalnya sudah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan.

    Wakil ketua DPRD Nias Utara Fatizaro Hulu, SE, MM menyampaikan kami dari pihak Legislatif Kabupaten Nias Utara mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk pelaksanaan bulan bhakti IBI-KB-Kesehatan dan kiranya dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan bersama, dimana kegiatan program KB yang sangat bagus yang merupakan program dari Pemerintah pusat sampai ke daerah.

    Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara A.Md pencanangan bulan bhakti sosial IBI-KB-Kesehatan ini merupakan upaya untuk mencapai visi BKKBN, yakni mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas sesuai dengan tema "IBI mempercepat pencapaian keluarga sejahtera pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang (KB MKJP)"  suksesnya pelayanan bulan bhakti IBI-KB-Kesehatan tahun 2016 tidak terlepas dari tanggungjawab kita bersama, saya berharap dari dukungan dari Kepala Desa, Camat, Dinas Kesehatan, IBI, Ketua TP PKK Kabupaten dan Kecamatan, Tokoh agama, tokoh masyarakat, PLKB dan seluruh lapisan masyarakat kebersamaan kita yang kuat untuk mampu menyukseskan program KB Nasional khususnya di Kabupaten Nias Utara yang kita cintai ini. Bupati Nias Utara mengingatkan bila penduduk tidak berkualitas maka ini menjadi bencana kemiskinan sehingga menjadi beban keluarga dan pemerintah, untuk itu saya menganjurkan dua anak cukup agar orangtua mampu memelihara, mendidik dan membahagiakan anaknya sehingga anak yang dilahirkan menjadi anak yang berguna dan berkualitas. Karena hanya dengan generasi yang berkualitas kita bisa maju dan sejahtera. Juga mengingatkan kepada para pasangan usia subur saya menghimbau jangan takut ber KB, ayo ikut KB, dua anak cukup, laki-laki perempuan sama saja.  RK (Efori)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Melaksanakan Kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB-KESEHATAN 2016
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    6 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    7 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    8 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved