www.riaukontras.com
| Sekda Kampar Buka Musrenbang 2020 Kabupaten Kampar | | Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto: Komitmen Kita bersama Dalam Perangi KKN | | Pemkab Kuansing Peringati hari Sampah Nasional | | Kabur dari Tahanan, Kejari Pelalawan Tetapkan 4 Orang DPO | | Bupati Kuansing, Mursini Minta Pelayanan Transparan untuk Masyarakat | | Presedium GMNI Lakukan Aksi Demo di Dompak Kepri
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 21 Maret 2019
 
BUPATI NIAS UTARA
RESMIKAN PENCANANGAN KAMPUNG KB DESA MOAWO KECAMATAN LAHEWA KABUPATEN NIAS UTARA
Editor: | Jumat, 10-06-2016 - 01:32:30 WIB

TERKAIT:
 
  • RESMIKAN PENCANANGAN KAMPUNG KB DESA MOAWO KECAMATAN LAHEWA KABUPATEN NIAS UTARA
  •  

    NIAS UTARA, RiauKontras,- Bupati Nias Utara meresmikan pencanangan Kampung KB Desa Moawo Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di  Halaman Poskesdes Desa Moawo Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara, Senin 23/05/2016. Camat Lahewa bersama dengan Kepala Desa Moawo dan Masyarakat Desa Moawo menyambut Bupati Nias Utara, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Utara dan Wakil Ketua DPRD Nias Utara beserta rombongan dengan tarian pencak silat dari masyarakat Desa Moawo diiringi marching band dari Paroki Lahewa. Kegiatan ini turut dihadiri Kasdim 0213 Nias, Staf Ahli Bupati Nias Utara, Asisten Sekda Nias Utara, Kepala SKPD Nias Utara, Camat se-Kabupaten Nias Utara, Ketua TP.PKK Kabupaten Nias Utara, Kapolsek Lahewa,  Danramil Lahewa, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Nias Utara, Ketua dan pengurus Forum Anak Nias Utara, PLKB Nias Utara dan seluruh lapisan masyarakat yang menyaksikan kegiatan peresmian pencanangan Kampung KB serta peserta yang mengikuti pelayanan KB.

    Kepala Desa Moawo Syaharman Tanjung mengucapkan selamat datang kepada Bupati Nias Utara dan Kepala Perwakilan BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Utara beserta rombongan yang telah hadir dalam peresmian pencanangan kampung KB yang dilaksanakan pada hari ini berlokasi di Desa Moawo sebagai Kampung KB Kabupaten Nias Utara Tahun 2016. Dengan kegiatan pencanangan Kampung KB menjadi lembaran baru untuk kami semua dari masyarakat Desa Moawo dan siap mendukung program Kampung KB dan program Pemerintah demi kemajuan dan kesejahteraan kita bersama sebagai mana visi misi Bapak Bupati Nias Utara melakukan perubahan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias Utara, juga kiranya Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Utara memberikan perhatian serius kepada Kampung KB yang pertama di Nias Utara.
     
    Camat Lahewa A'aro'o Zalukhu, S.Pd, MM menyambut baik kegiatan ini dan berterimakasih kepada Pemerintah Nias Utara khususnya kepada Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang telah memilih Desa Moawo sebagai Kampung KB Kecamatan Lahewa kiranya menjadi momentum yang baru dan dapat diperhatikan kedepan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Juga melaporkan jumlah Kecamatan Lahewa terdiri dari 20 Desa dan 1 Kelurahan, dimana jumlah penduduk ada 23.561 jiwa dengan luas wilayah 228,70 KM2. Sarana pendidikan PAUD 7 unit, Taman Kanak-kanak 5 unit, SD 28 Unit, SLTP 9 unit, SLTA 6 unit. Dibidang Kesehatan Puskesmas 1 unit, Pustu 6 unit, Poskesdes 7 unit, Posyandu 8 unit, di bidang keagamaan diantara Gereja ada 62 unit, masjid 13 Unit.

    Kepala Badan KB'P3A Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM melaporkan pemilihan Desa Moawo sebagai Kampung KB telah melalui satu proses kriteria, ada beberapa kriteria yang telah ditetapkan yang pertama daerah pantai, galsitas yaitu tertinggal, terpinggir kemudian daerah terbatas dan rata-rata penduduk TRF atau rata-rata jumlah anak dalam keluarga agak tinggi dan banyak kriteria yang lainnya sehingga skor yang telah kami himpun maka terpilihlah desa Moawo sebagai Kampung KB Nias Utara tahun ini. Kami berkeyakinan kedepan program yang kita lakukan di Kampung KB ini bisa terlihat nilainya, pembinaan kampung KB bukan seperti pembinaan desa-desa seperti yang pernah kita lakukan tetapi kampung KB memiliki indikator-indikator yang bisa diukur mulai dari TFR atau jumlah anak setiap rumah tangga, tingkat kepesertaan keluarga terhadap penggunaan  alat kontaksepsi, jumlah anak yang putus sekolah harus ditekan, anak balita harus masuk Paud seluruhnya dan tentu hal ini juga tidak lepas dari dorongan dari ibu-ibu PKK Kecamatan. Adapun kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini adalah pelayananan kontrasepsi gratis.
        
    Wakil Ketua DPRD Nias Utara Ibelala Waruwu, menyampaikan bahwa acara ini merupakan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam mensejahterakan masyarakat melalui pencanangan Kampung KB yang kita laksanakan pada hari ini. Kita harus melihat masalah pada saat ini yang cukup memprihatikan yaitu makin pesatnya jumlah penduduk di Negara Indonesia ini. Dengan program KB ini dengan pelan-pelan masalah tentang kepadatan penduduk dan kemiskinan bisa teratasi. Kami dari lembaga DPRD siap bekerja sama dan mendukung program pemerintah tentang pencanangan kampung KB yang dialokasikan di Desa Moawo Kecamatan Lahewa. Menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Moawo yang telah ditetapkan sebagai Kampung KB Kabupaten Nias Utara supaya bisa mensukseskan program Pemerintah dan melaksanakan petunjuk-petunjuk yang telah diberikan dan juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara agar program KB ini tetap dilaksanakan setiap tahun atau secara berkesinambungan di desa lain yang ada di Kabupaten Nias Utara, sehingga kedepan seluruh keluarga menjadi keluarga bahagia dan sejahtera dengan mengikuti program KB yaitu dua anak cukup.

    Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Drs. Temazaro Zega, M.Kes menyampaikan pembentukan Kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari arahan bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar manfaat KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Kampung KB Nasional telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Jawa Barat pada Bulan Januari yang lalu di Kabupaten Cirebon, sehingga kami meminta izin dari pusat agar di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara dapat mencanangkan Kampung KB_nya oleh para Kepala Daerah Bupati/walikota se-Sumatera Utara. dan Kampung KB telah dicanangkan sebelumnya seperti Tapanuli Tengah, Kota Medan, Siantar dan ini yang ke empat Kabupaten Nias Utara. Kampung KB bukan hanya mengatur jumlah penduduk tetapi langkah-langkah mengatur sumber daya manusia, mengeimbangkan daya tampung lingkungan dengan sumber daya yang ada. Dimana Undang-undang nomor 52 BKKBN diberikan mandat untuk melakukan program kependudukan, menyiapkan grade design kependudukan, menyiapkan target apa yang dicapai dalam satu wilayah yang berkaitan dengan kependudukan yang instrumennya adalah rumah tangga.

    Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, A.Md

    Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, A.Md, menyampaikan tujuan dibentuk Kampung KB ini adalah meningkatkan peran Pemerintah dan lembaga non Pemerintah maupun swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan keluarga, meningkatkan ketahanan keluarga melalui program bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia. Dari sekian banyak tujuan yang akan dicapai sangat dibutuhkan pendampingan dari SKPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan dalam membenahi berbagai keterampilan yang produktif, apalagi pekerjaan masyarakat Desa Moawo mayoritas nelayan, perlu dipikirkan upaya peningkatan hasil tangkap ikan dan pemasarannya. Dan mengingatkan SKPD terkait agar mendukung program ini dan mengambil bagian agar pembinaan desa Moawo sebagai Kampung KB dapat nyata perubahannya menuju kearah yang lebih baik, dan agar kedepan Kampung KB ini dapat dikembangkan di beberapa desa lainnya untuk kesejahteraan  masyarakat Kabupaten Nias Utara. Pada program Keluarga Berencana banyak muncul berbagai tanggapan dan asumsi dari masyarakat, ada yang mengatakan banyak anak banyak rejeki, hendaknya kita sadari bahwa kehidupan saat ini bukan seperti kehidupan beberapa tahun yang lalu. Kehidupan keluarga banyak menghadapi tuntutan terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari, biaya pendidikan dan biaya kesehatan. Oleh karena itu kita wajib bersyukur Desa Moawo terpilih sebagai Kampung KB di Kabupaten Nias Utara, oleh karena itu jangan kita sia-siakan mari kita ambil manfaatnya, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi kekuatan kepada seluruh SKPD yang berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Moawo dan juga kepada semua diberikan kesehatan dan kekuatan, semoga Kampung KB ini dapat memberikan hasil yang baik,tutup Ingati. RK (Efori)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • RESMIKAN PENCANANGAN KAMPUNG KB DESA MOAWO KECAMATAN LAHEWA KABUPATEN NIAS UTARA
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    6 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    7 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved