www.riaukontras.com
| Sekda Kampar Buka Musrenbang 2020 Kabupaten Kampar | | Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto: Komitmen Kita bersama Dalam Perangi KKN | | Pemkab Kuansing Peringati hari Sampah Nasional | | Kabur dari Tahanan, Kejari Pelalawan Tetapkan 4 Orang DPO | | Bupati Kuansing, Mursini Minta Pelayanan Transparan untuk Masyarakat | | Presedium GMNI Lakukan Aksi Demo di Dompak Kepri
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 21 Maret 2019
 
Foanoita Zai, Sangat Mengapresiasi Keluhan Kelompok Tani Di Nias Utara
Editor: | Rabu, 19-04-2017 - 10:16:56 WIB
Foto dilahan kelompok tani
TERKAIT:
 
  • Foanoita Zai, Sangat Mengapresiasi Keluhan Kelompok Tani Di Nias Utara
  •  

    NIAS UTARA,  RIAUKontraS. Com - Sebagian Kelompok Tani di Nias Utara, merasa kesal karena hingga kini belum menerima Pupuk Bersubsidi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara.

    Sekretaris Kelompok Tani Luaha Gumbu Desa TetehĂ´si sorowi Kecamatan Lahewa Timur Kabupaten Nias Utara, Sukurmawari Zalukhu saat ditemui mengatakan bahwa sejak membentuk Kelompok Tani hanya sekali mendapatkan Pupuk Bersubsidi pada Tahun 2014 lalu dari Dinas Pertanian Kabupaten Nias Utara.

    "Terakhir kami menerima pupuk bersubsidi itu tahun 2014 lalu, mulai tahun 2015 sampai sekarang kami tidak menerimanya lagi. Padahal semua administrasi telah kami penuhi seperti Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) setiap tahun itu sudah kami serahkan."ucap Sukurmawari, (Sabtu,15/04/2017)

    Sukurmawari Zalukhu menambahkan, bahwa pernah mempertanyakan langsung hal ini ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara diBidang Sarana dan Prasarana namun tak ada realisasi sampai sekarang.

    "Kami sudah menyampaikan keluhan ini di Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara Namun tidak ada kepastian, bahkan yang menerima kami waktu itu menjawab bahwa dirinya baru ditugaskan dibagian itu, jadi untuk tahun yang sebelumnya dia pun tidak tahu. Memang kami tahu penyaluran pupuk bersubsidi ini harus melalui kios pengecer atau distributor yang punya UD tentunya tapi buat apa kami petani kalau sudah punya modal memiliki UD sendiri. Berarti selama distributor yang punya UD tidak ada yang bersedia jadi selama itu juga kami   tidak bisa mendapatkan, sementara kami sebagai petani sangat membutuhkan pupuk bersubsidi itu."tutur Sukurmawari

    Lebih lanjut Sukurmawari Zalukhu menjelaskan selama ini anggota kelompok Tani Luaha Gumbu baru bisa mendapatkan pupuk bersubsidi ketika membeli di pasaran dengan harga 5000 sampai 6000 perkilogram.

    Ditempat berbeda termasuk di Kecamatan Lahewa timur Ketua kelompok Tani Harmonis, Sokhinafao Nazara juga menyampaikan hal senada bahwa sejak beberapa tahun telah membentuk kelompok tani tidak pernah mendapatkan pupuk bersubsidi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara, sementara setiap tahun juga selalu membuat RDKK.

    "Karena kekesalan, kami langsung menghadap Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara di Kantornya Bapak Foanoita Zai. Beliau sangat mengapresiasi dan menerima ibaratnya kami sesama petani, dan Ia mengatakan waktu itu bahwa apa yang menjadi hak setiap kelompok tani supaya benar-benar sampai kepada petani karena keberhasilan Petani sudah menjadi keberhasilan Pemerintah Kabupaten Nias Utara. Beliau pun ikut kecewa atas kinerja Dinas Pertanian selama ini karena kenapa kelompok tani di Nias Utara bisa sampai seperti ini, dan Ia pun langsung menelpon Dinas Pertanian waktu itu untuk segera di perhatikan kelompok tani karena pupuk bersubsidi tersebut merupakan kebutuhan masyarakat petani. Usai Kami menyampaikan keluhan tersebut kepada pak Foanoita Zai baru kami merasa legah dan kami mewakili anggota kelompok tani mengucapkan Terimakasih kepada Beliau. Pak Foanoita Zai benar-benar wakil rakyat yang baik dan cukup prihatin kepada Petani."terang Sokhinafao, Sabtu(15/04/2017)

    Kelompok Tani ini berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk dapat membantu dan memudahkan mereka mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut.

    "Biarlah Tuhan yang tahu, dan Biarlah Tuhan yang memberi keadilan kepada kami yang benar-benar petani ini."ujar Sokhinafao singkat sambil berlalu.

    Mengkonfirmasi hal ini kepada Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara, Hezatulo Harefa mengatakan bahwa pihaknya hanya memfasilitasi jadi yang menyalurkan pupuk bersubsidi itu adalah kios pengecer atau distributor.

    "Benar ada kelompok yang mempertanyakan tentang pupuk bersubsidi ini, namun tak ada solusi selain melalui kios pengecer mereka dapatkan. Kemungkinan Kios pengecer mereka selama ini tidak aktif."ucap Hezatulo, Selasa(18/04/2017). (Man zega)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Foanoita Zai, Sangat Mengapresiasi Keluhan Kelompok Tani Di Nias Utara
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    6 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    7 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved