www.riaukontras.com
| TNI Amankan Kayu llegal, Satu Tersangka Kabur Saat di Tangkap | | Kodim 0106 Aceh Tengah Sumbang 54 Kantong Darah dan Berikan Sembako | | Wali Kota Minta Perbankan Jadi Leader Pengembangan Syariah | | LP3I Berkontribusi Tekan Angka Pengangguran | | Wali Kota Tutup Turnamen Futsal Antar Gampong | | Jasad Korban Tenggelam di Desa Empat Balai Kuok Akhirnya Ditemukan Tim Gabungan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 15 Desember 2018
 
Banda Aceh
Yuni Eko Hariatna Kalah Irwandi Yusuf Tersiksa, KPK Menang di Praperadilan
Editor: Muhammad Abubakar | Selasa, 25-09-2018 - 17:18:14 WIB

TERKAIT:
 
  • Yuni Eko Hariatna Kalah Irwandi Yusuf Tersiksa, KPK Menang di Praperadilan
  •  

    FOTO ISTIMEWA BBC ACEH
    BANDA ACEH, RIAUKontraS.com - Hakim Tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Dedy Hermawan mengatakan, "Praperadilan terhadap sah tidak nya penangkapan dan penahanan, terhadap Gubernur Aceh non aktif drh. Irwandi Yusuf menolak seluruh esepsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menyatakan permohonan praperadilan yang di ajukan oleh Yuni Eko Hariatna terhadap KPK tidak dapat di terima.

    "Dalam persidangan yang di mulai pada pukul 10:00 Wib tersebut, Hakim Dedy mambacakan putusan permohonan yang di ajukan oleh Yuni Eko Hariatna setebal tiga puluh lima halaman, kuasa Pemohon yang di wakili oleh Safaruddin, dan Kuasa KPK di Hadiri oleh Setiadi, Ade Juang Nirboyo dan Imam Akbar Wahyu.

    Dalam putusan yang di bacakan tersebut, pengadilan menolak seluruh eksepsi yang di ajukan oleh KPK dalam jawabannya pada tanggal 18/9 lalu, KPK mengajukan eksepsi bahwa 1.Permohonan materi pokok perkara, 2. Kedudukan Hukum (legal standing), 3. Tentang permohonan praperadilan kabur (obscuur libel), seluruh  eksepsi ini di tolah oleh Pengadilan.

    Dalam pertimbangan hukumnya Pengadilan mempertimbangkan bahwa permohonan praperadilan yang di ajukan oleh Yuni Eko Hariatnya terhadap KPK tidak memenuhi usur sebagaimana di atur dalam KUHAP tentang kedudukan hukum (legal standing) sebagai pemohon praperadilan dalam hal sah tidaknya penangkapan dan penahanan, dan juga hal ini di perkuat dengan adanya surat dari kuasa hukum Irwandi Yusuf kepada KPK yang menyatakan bahwa permohonan praperadilan yang di ajkukan oleh Eko Hariatna tersebut tidak terkait dengan dirinya dan juga keberatan terhadap adanyan praperadilan tersebut, dan oleh karena tidak punya legal standing Hakim menolak permohonan yang di ajukan oleh Yuni Eko Hariatna.

    Kuasa Hukum Pemohon, Safaruddin, usai sidang menyampaikan menerima dan menghormati putusan yang telah di bacakan oleh Hakim Tunggal Dedy Hermawan. : kami menghormati putusan pengadilan, dan sudah sepatutnya seluruh masyarakat juga menghormati putusan tersebut karena memang itulah saluran hukum yang telah di sediakan oleh Negara apabila keberatan dengan langkah hukum dari insrtitusi penegak hukum, dan putusan ini juga kami harapkan menjadi jawaban bagi masyarakat Aceh yang selama ini bingung terhadap infromasi yang berkembang terhadap sah tidaknya penankapan dan penahanan yang di lakukan oleh KPK terhdap Gubernur Aceh non Aktif, Irwandi Yusuf”.

    Safar juga menyampaikan bahwa setidaknya sudah ada warga Aceh yang menunjukkan kecintaaan terhadap pemimpinnya ketika ada masalah, walaupu upaya itu sendiri mendapat penolakan dari orang yang ingin di perjuangkan, “dengan tidak dapat diterimanya permohonan praperadilan ini maka penangkapan dan penahanan yang dilakukan oleh KPK terhadap Irwandi Yusuf sah dan tidak ada dasar hukum yang menyatakan itu tidak sah” ,terang Safar.(***)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Yuni Eko Hariatna Kalah Irwandi Yusuf Tersiksa, KPK Menang di Praperadilan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    5 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    6 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    7 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    8 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    9 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
    10 Wakil Bupati Minta Bupati Nias Barat Copot Kadis BPKPAD dan Kuasa BUD
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved