www.riaukontras.com
| Dibanjiri Pengunjung Wali Kota Minta Piasan Seni Dibuat Sepekan | | Piala Pangdam IM CUP II Tahun 2019 Kejuaraan Tinju Amatir Diikuti 75 Atlit | | 45 Anggota DPRD Kab. Inhil Resmi Dilantik | | Siap Tingkatkan Kualitas, Bupati Lantik Pengurus DKIH | | Gubernur Riau Bersama Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Karhutla di Kecamatan Kerumutan Kab.Pelalawan | | Dumai resah saat ini telah diselimuti oleh asap yang tebal.
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 16 09 2019
 
7 Negara Hadiri Dragon Boat Internasional,Yang diselenggarakan Di Kampar,Ini Kata Panitia
Editor: MD.Waruwu | Selasa, 21-05-2019 - 22:50:22 WIB

TERKAIT:
 
  • 7 Negara Hadiri Dragon Boat Internasional,Yang diselenggarakan Di Kampar,Ini Kata Panitia
  •  

    KAMPAR, RIAUKontraS.com - Daerah Kabupaten Kampar/Riau,Saat ini,Menjadi Tuan Rumah pelaksana Event Kampar International Dragon Boat Festival yang akan diselenggarakan pada 18-22 Juli 2019 di Danau Rusa, Kelurahan Batubersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar,

    Pengurus  Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kampar Letkol Inf.Aidil Amin yang juga menjabat Dandim 0313/KPR,
    Berharap Event ini dapat menjadi kebanggaan kita masyarakat indonesia,Khususnya masyarakat kabupaten kampar,
    Ia menjelaskan"Bahwa kabupaten Kampar salah satunya pencetus sejarah dalam Keaneka ragaman Ras Suku dan Budaya,yang terangkul dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika,
    Event Dragon Boat ini Untuk Pertama Kalinya diadakan di kabupaten kampar,Daerah yang sangat mendukung di kawasan Hijau adalah Danau rusa PLTA Koto panjang,dan sekaligus Mewujudkan kampar menjadi Destinasinya Wisata Alam satu-satunya di riau,ungkapnya,

    Ketua Pengkab Podsi Kabupaten Kampar Letkol Inf. Aidil Amin dalam pemaparannya menjelaskan, rangkaian pelaksanaan International Dragon Boat Festival dilaksanakan di beberapa tempat, tidak hanya di lokasi penyelenggaraan dragon boat tetapi juga di beberapa lokasi seperti di Candi Muara Takus karena ada even lain selain dragon boat yang kita Adakan disana,
    Tambahnya lagi,beberapa kegiatan yang mempromosikan pariwisata Kampar seperti festival budaya, lomba memancing toman dan kemah wisata yang akan diikuti Pramuka Saka Wira Kartika se- Riau.

    Sejauh ini, peserta untuk kegiatan dragon boat untuk kelompok internasional pihaknya mengaku telah kordinasi keikut sertaan negara sahabat melalui  panitia sebanyak tujuh negara dari sepuluh negara yang diundang.

    Untuk Kelompok kedua adalah kelompok nasional yang akan diikuti pedayung dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dari TNI AL dan AD. "Kita ingin dapatkan even pariwisatanya, berprestasi dibidang olah raga dan memajukan Kampar,ungkapnya (red).

    Benernya lagi,saat ini panitia telah melakukan beberapa persiapan seperti mempersiapkan landscape, area parkir, area pedagang tradisional dan area umum lainnya.

    Ia menambahkan,Kita saat ini Memiliki Candi pertama kali ditemukan pada tahun 1860 oleh seorang arkeolog yang bernama Cornet D. Groot. Candi tertua di Sumatera,
    Ini adalah salah satu candi yang bersifat Buddhis. Hal ini merupakan bukti bahwa agama Budha pernah berkembang di kawasan ini. Jika dibandingkan dengan candi lainnya, Muara Takus memiliki keunikan tersendiri, yaitu candi ini terbuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Padahal sebagian besar candi di Indonesia, seperti Borobudur dan Prambanan menggunakan batu andesit sebagai bahan pembuatannya.

    Tanah liat yang digunakan untuk membuat Muara Takus sendiri diambil dari sebuah desa yang bernama Pongkai. Dalam Bahasa China Pong berarti lubang dan Kai berarti Tanah. Sehingga Desa Pongkai kemungkinan besar dinamai berdasarkan kondisi desa di mana banyak ditemukan tempat dengan tanah yang berlubang akibat penggalian besar-besaran untuk membuat batu candi.

    Latar belakang dibuatnya candi Muara Takus adalah karena pada zaman dahulu Muara Takus sering disinggahi oleh banyak pedagang dan pelaut yang menyusuri Sungai Kampar Kanan dengan kapal. Sehingga terjadilah pertukaran budaya yang membuat pemerintah pada zaman itu memutuskan untuk mendirikan sebuah candi sebagai tempat ibadah.

    Ia mengakui kampar ini sangat kental dengan budaya melayu,namu disisi sejarah,kabupaten kampar juga memiliki kekayaan Alam dan sejarah yang dikenal hingga kemanca negara,

    Sebagai putra daerah yang  kelahiran kabupaten kampar,menegaskan dirinya bangga dengan keaneka ragam,dan Budaya  yang ada dikampar saat ini,Memberikan Nuansa atau motifasi semangat,kedepan nya kampar dapat lebih dimenal dan menjadi salah satunya tujuan Wisata,baik lokal maupun internasional,tuturnya ***(Ali)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • 7 Negara Hadiri Dragon Boat Internasional,Yang diselenggarakan Di Kampar,Ini Kata Panitia
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved