www.riaukontras.com
| DR Feryyandi ST MT MM di tunjuk Sebagai Pimpinan Sementara DPRD Inhil | | Kisruh Buket Padang Terancam Ke Ranah Hukum, Ini Kata Keuchik Zainuddin | | Kapten Inf Tarmizi Mewakili Dandim 0314/Inhil Pimpin Pemadaman Karhutla di Kec.Tempuling | | Dinas Kesehatan Kab. Inhil Dirikan Posko Kesehatan Dampak Kabut Asap | | Serius Tangani Karhutla, Kadus Lemang Ucapkan Terimakasih Kepada TNI | | Lewat Telepon, Jokowi Minta Menteri, Panglima TNI,hingga Kapolri Selesaikan Masalah Karhutla di Riau
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 16 09 2019
 
Minyak Curah Kelaut, LSM ASRI Minta KSOP dan Pelindo Dumai Tindak Tegas Perusahaan Yang Lalai
Editor: | Rabu, 29-05-2019 - 21:23:38 WIB

TERKAIT:
 
  • Minyak Curah Kelaut, LSM ASRI Minta KSOP dan Pelindo Dumai Tindak Tegas Perusahaan Yang Lalai
  •  

    DUMAI - Lagi-lagi publik dihebohkan dengan adanya insiden laut Dumai yang berdekatan dengan Perusahaan Tanki CPO di area kawasan Pelindo I Dumai kembali tercemar.

    Fenomena terjadi tercemarnya laut Dumai ini akibat curahnya minyak CPO kelaut, dan akhirnya mulai terkuak dan apa penyebabnya..!

    Minyak CPO yang curah ke laut tersebut diduga berasal dari Kapal Tongkang KJ.Marine 241 sebagai jasa transportir pengangkut PT.Multi Perkasa yang bersandar di Dermaga B Pelindo I Dumai, dan hendak Loading Arm ke Tanki Timbun milik PT.Kreasi Jaya Adhikarya.

    Diduga disaat melakukan Loading Arm, Kapal Tongkang KJ.Marine 241 mengalami kemiringan, sehingga sisi kemiringan tersebut membuat minyak CPO tumpah.

    Setelah awak media menerbitkan pemberitaan edisi pertama.

    Berbagai informasi akuratpun mulai didapat awak media. Berdasarkan informen yang didapat yang namanya dirahasiakan, bahwa kejadian ini adalah suatu bentuk kelalaian dari berbagai pihak, baik dari pihak Kapal Tongkang KJ.Marine 241 sebagai jasa pengangkut dari PT.Multi Perkasa Sejahtera maupun PT.Kreasi Jaya Adhikarya, ketika hendak Loading Arm ke Tanki Timbun milik PT.Kreasi Jaya Adhikarya, pada Rabu (29/05/2019) 

    Terkait hal ini, Direktur Eksekutif LSM Alam Semesta Riau (ASRI) Dumai Verdi Elfarian menanggapi persoalan ini. Perusahaan dikawasan Pelindo I Dumai baik dari Tongkang hendak Loading Arm ke Tanki Timbun selalu saja terjadi persoalan sehingga mencemari laut Dumai.

    "Fenomena ini sudah sering terjadi. Dan hal ini dianggap seperti hal yang biasa oleh pihak berwenang, yang mana minyak CPO tumpah (Curah) dan berceceran ke laut, akibat kelalaian dari masing-masing pihak" ungkap Verdi. 

    Menurut Verdi, yang ia ketahui adalah, bahwa Kapal Tongkang yang sudah bersandar ketika hendak Loading tentunya ada pengawasan baik dari Pihak Transportir, pihak yang menerima dan juga pihak KSOP Dumai.

    "Nah, pada kemana ini orang-orang yang berkaitan," cetus Verdi lagi, Rabu (29/05/2019) via Whatsappnya.

    Dan diduga pihak Kapal Tongkang KJ.Marine 241 sebagai jasa pengangkut dari PT.Multi Perkasa Sejahtera yang hendak Loading Arm minyak CPO ke Tanki Timbun PT.Kreasi Jaya Adhikarya, diduga tidak ada sefti Oil Bom, sehingga ketika minyak tersebut curah kelaut, maka minyak tersebut pun berceceran mengikut arus air.

    Kemudian informasi yang didapat, bahwa setelah terjadi insiden curahnya minyak CPO kelaut, terlihat ada orang yang membersihkan minyak CPO tersebut menggunakan ember, lalu di masukan kedalam jerigen.

    Konfirmasi awak media kepada Pimpinan PT.Kreasi Jaya Adhikarya melalui via Whatsapp nya mengatakan, itu minyak milik PT. Multi Perkasa Sejahtera (milik tongkang), bukan minyak Kreasi Jaya Adhikarya.

    ā€¯Mohon maaf sebelumnya Pak, tujuannya benar ke KJA Pak. Namun minyak tumpah dari Main Hole Tongkang, bukan pada saat proses Discharge ke KJA. Dari KJA belum memulai aktifitas bongkar pada saat kejadian, dengan kata lain, minyak bukan tumpah pada saat unloading," ungkapnya melalui via whatsapp nya.

    Awak media mencoba mengkonfirmasi kepada Pihak Pelindo I Dumai. Sebelumnya Pihak Pelindo I Dumai belum mengetahui insiden ini dengan menyampaikan, belum mengetahui kejadian ini. Setelah dikonfirmasi ulang kepada pihak Pelindo I Dumai setelah terbit pemberitaan, pihaknya mengetahui dari media.

    Terkait hal ini juga, awak media mencoba konfirmasi kepada Pihak KSOP via Whatsappnya dan Via Telfon Seluler, apakah KSOP sudah mengetahui atas insiden ini. Namun upaya konfirmasi tidak berhasil

    Sebelumnya jejak rekam PT.Kreasi Jaya Adhikarya juga pernah tumpah Stearin dalam jumlah besar mengotori laut kota Dumai.




    (Tim)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Minyak Curah Kelaut, LSM ASRI Minta KSOP dan Pelindo Dumai Tindak Tegas Perusahaan Yang Lalai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved