www.riaukontras.com
| Sekda Bengkalis Serahkan Kusuka | | 170 Pejabat Administrator dan Pengawas Dilantik ole Bupati Rohil | | Wabup Pelalawan Bujuk Andini untuk Kembali Sekolah | | Sanggar Tuah Pusaka Kembali Juara I di Festival Tari 2019 Tingkat Kabupaten Bintan | | Akibat Tunggakan Uang Sekolah tak Bisa Bayar, Siswa dengan Kepsek SMA 2 Rakit Kulim "Adu Jotos" | | Pegawai ASN Pemkab Karimun Diringkus Sat Narkoba Polres Karimun
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 19 Maret 2019
 
Belajar Mengolah Sagu, Gubernur Papua dan Rombongan Kunjungi Meranti
Editor: | Kamis, 19-07-2018 - 17:28:37 WIB

TERKAIT:
 
  • Belajar Mengolah Sagu, Gubernur Papua dan Rombongan Kunjungi Meranti
  •  

    MERANTI, RIAUKontraS.com - Tepat pukul 9.45 Wib rombongan Pemerintah Provinsi Papua yang dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Papua Mayjend. Purn. TNI Soedarmo tiba di Desa Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, kedatangan rombongan Pemprov Papua dalam  rangka belajar pengolahan Sagu di Meranti langsung disambut oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan jajaran Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kamis (19/7/2018).

    Turut serta dalam rombongan Gubernur Papua, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw SE. M.Si, Ketua DPRD Jayapura Edison Awoitauw, Bupati Supiori Jules F. Warikar, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su'ud, Kadis Ketahanan Pangan Tjajo, Kadis Perkebunan Luis Nauw, serta pejabat Eselon III lainnya.

    Kunjungan Pemprov Papua yang dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Papua, Mayjend. TNI Soedarmo, dalam rangka silahturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sekaligus belajar tentang bagaimana Kabupaten Meranti mengolah Potensi Perkebunan Sagu yang dimiliki menjadi produk premium atau kelas satu, yang diekspor untuk mencukupi kebutuhan Sagu Nasional dan Mancanegara. Selain itu untuk melihat langsung bagaimana Pemerintah Kabupaten Meranti memberdayakan masyarakat dalam mengolah kebun-kebun Sagu rakyat dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

    Seperti diketahui Meranti merupakan daerah yang terkenal sebagai Kabupaten penghasil Sagu Nasional berkwalitas premium, luas kebun Sagu Meranti mencapai 38 Ribu Hektar dengan produksi Tepung Sagu kering sebanyak 200 ribu Ton pertahun. Dan Hasil Perkebunan Sagu merupakan salah satu sumber pendapatan sebagian besar masyarakat Meranti.

    Kedatangan rombongan, di Pelabuhan Tanjung Samak, langsung disambut oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si beserta Pejabat Eselon II diantaranya, Kepala Bappeda H. Makmun Murod, Kepala Dinas Perkebunan R. Prasetyo, Kepala Dinas Pertanian Ir. Jaka Insita, Kalaksa BPBD Meranti Drs. Edi Afrizal, Asisten II Sekda Drs. Syamsuddin, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Syaputra SH, Camat Rangsang Barat Drs. Tunjiarto dan Sekcam Rayan Pribadi SH.

    Selanjutnya rombongan langsung dijamu pihak Kecamatan dengan berbagai kuliner olahan Sagu, sambil menikmati makanan yang disajikan Gubernur Papua Soedarmo dan Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan M.Si, sempat berbincang santai sambil memperkenalkan daerah masing masing beserta potensi yang dimiliki.

    Acara ramah tamah dengan Bupati dan pihak Kecamatan rombongan Pemprov Papua langsung melakukan peninjauan ke Pabrik Pengolahan Sagu PT. Nasional Sagu Prima, dilokasi ini Gubernur Papua dan rombongan diperkenalkan tentang bagaimana PT. NSP mengolah batang Sagu menjadi tepung Sagu yang siap dipasarkan untuk kebutuhan Sagu Nasional dan diekspor ke manca negara seperti Jepang dan lainnya.

    Sekedar informasi PT. NSP merupakan perusahaan Grup Sampoerna yang memiliki Perkebunan Sagu seluas 14 ribu hektar, dari hasil perkebunan Sagu itu PT. NSP mampu memproduksi Tepung Sagu kering sebanyak 50 Ton perhari.

    Disitu rombongan Pemprov Papua dapat melihat langsung tahapan pengolahan dari Batang Sagu menjadi Tepung Sagu, hingga pengemasan oleh mesin mesin milik PT. NSP.

    Usai mengunjungi PT. NSP selanjutnya rombongan dibawa menuju Desa Sungai Tohor, salah satu Desa pusat perkebunan Sagu di Meranti, lokasi ini sempat dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo saat pertama kali menjabat Presiden tahun 2014 lalu. Dilokasi ini rombongan meninjau Kilang Sagu Rakyat yaitu sebuah pabrik pengolahan Sagu Tradisional yang dijalankan oleh masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) dimana keuntunganya nanti dibagi kepada anggota yang merupakan masyarakat tempatan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga dan mendongkrak peningkatan ekonomi Meranti secara umum.

    Disini rombongan Pemprov Papua diberi pengetahuan tentang bagaimana pengolahan Batang Sagu menjadi Sagu Basah dengan memanfaatkan mesin mesin yang ada. Yang dimulai dari proses perendaman, penyaringan untuk memisahkan limbah dengan Sagu basah yang sia oleh menjadi Tepung Sagu kering, Gula Sagu dan lainnya.

    Usai melakukan peninjauan selanjutnya rombongan Gubernur Papua Mayjend Purn. TNI Soedarmo bersama Bupati Kepulauan Meranti dan jajaran kembali ke Selatpanjang, kegiatan selanjutnya adalah ramah tamah dengan Pemda Meranti dan tokoh masyarakat yang akan dilaksanakan Kamis malam bertempat di Hotel Grand Meranti, Selatpajang. (Humas Meranti).

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Belajar Mengolah Sagu, Gubernur Papua dan Rombongan Kunjungi Meranti
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    6 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    7 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved