www.riaukontras.com
| Kapal Bermuatan Arang Dari Rupat Dibongkar Di Sungai Mesjid | | FORGAN Audiensi Kepada Diskominfo Dumai | | Wabup Inhil:Nuzulul Qur'an Momentum Meningkatkan Kesadaran Mengamalkan Ajaran Al Qur'an | | Ada Apa dengan DAK 2019 di Talang Muandau?, Proyek Jalan Tanpa Volume yang Jelas dan Salah Alamat | | Komisi IV DPRD Riau Hearing dengan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Riau | | 7 Negara Hadiri Dragon Boat Internasional,Yang diselenggarakan Di Kampar,Ini Kata Panitia
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 24 Mei 2019
 
Pemerintah Kab. Rohil Melalui DLH Dukung Program Adiwiyata di Sekolah
Editor: | Minggu, 12-05-2019 - 22:15:52 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemerintah Kab. Rohil Melalui DLH Dukung Program Adiwiyata di Sekolah
  •  

    BAGANSIAPI-API, RIAUKontraS.com - Sekolah Adiwiyata atau sekolah berbudaya lingkungan sudah mulai diterapkan oleh beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.

    Dalam membentuk sekolah adiwiyata dikoordinatori oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang kemudian melibatkan sekolah- sekolah. Adanya dukungan dari pihak pemerintah serta DLH nampaknya mampu mendorong sekolah untuk menerapkan sekolah adiwiyata tersebut.

    Pemerintah Rokan Hilir mendukung program sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Hal ini diwujudkan Pemerintah Rohil melalui DLH yang terus berupaya mendorong sekolah untuk menyukseskan program sekolah Adiwiyata tingkat nasional tersebut.

    Dinas DLH Rohil kini telah melakukan pembinaan kepada 50 sekolah calon adiwiyata 2019 mulai dari Tingkat SD, SLTP dan SLTA. 

    Pembinaan yang dilakukan dengan memberikan arahan kepada pihak sekolah-sekolah,beserta pemberian langsung bibit tanaman pohon dan bibit bunga secara gratis beserta tong sampah.

    "Kita ada program pembinaan kepada pelajar tingkat SD,SMP dan SMA yang ikut program sekolah Adiwiyata tahun 2019 ini dengan memberikan arahan beserta bibit bunga dan tong sampah gratis di 50 sekolah," Kata Suwandi.

    Pelaksanaan pembinaan sekolah Adiwiyata ini, sambung Suwandi lagi dengan tujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah tentang sekolah yang berbudaya dan berwawasan lingkungan.

    "Kita mendorong dalam proses belajar- mengajar antara guru dan murid  juga menjalankan pengintegrasian serta pembiasaan dalam perilaku peduli lingkungan, hemat energy dan konservasi air," jelas Suwandi lagi.

    Program Sekolah Adiwiyata adalah merupakan program nasional, pelaksanaannya sampai dengan saat ini dikembangkan secara berjenjang dan diklasifikasikan berdasarkan capaian skor indikator penilaian.

    Ada Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten, Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi, Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri.

    "Semoga melalui program ini,pelajar kita dapat lebih peduli dengan lingkungan sekitar," pungkasnya.

    *Sekolah Lakukan Persiapan Adiwiyata*


    Dalam menghadapi Adiwiyata tingkat Provinsi Riau tahun 2019, salah satu Sekolah di Rokan Hilir yakni MAN 1 Rohil melakukan persiapan dengan menyiapkan sekolah berwawasan lingkungan.

    “Konsep yang kita usung adalah berwawasan lingkungan dengan menitik beratkan pada bersahabat dengan alam, “kata Kepala MAN 1 Rohil, Rahmawati.

    Diambil nya tema tersebut katanya, tidak lepas dari letak geografis MAN yang berada di daerah dataran rendah, sehingga sedikit lembah dan berair.

    “Bila di timbun tentu membutuhkan dana besar, untuk itu kita mencoba memanfaatkan kondisi alam dengan polesan kealamiahannya,”jelasnya.

    *13 Sekolah di Rohil Miliki Sertifikat Adiwiyata *