www.riaukontras.com
| Akibat Tunggakan Pembayaran Listrik, Sudah 3 Malam Kota Bangkinang Gelap Gulita | | Kepengurusan Lembaga Laskar Melayu Bersatu Resmi Dilantik oleh Letjend TNI (Purn) Syarwan Hamid | | Bupati dan Wabup Terpilih Tinjau Lokasi Kebakaran di Pajak Lama Bagan Batu | | Sekda Bengkalis, Besok Jum'at Gubernur Riau Lantik Bupati Dan Wakil Bupati Bengkalis di Pekanbaru | | Tanggapi Proses Hukum Sedang Berjalan, 28 Cabor KONI Bengkalis Nyatakan Sikap | | 100 Personel Brimob BKO Polda Papua Berhasil Selesaikan Tugas, Atas Nama Negara Kapolda Riau Ucapkan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 26 Februari 2021
 
Panganan Si Dewi Biji Getah Dapat Hak Paten dan Ditetapkan Sebagai Produk Top Brand di Bengkalis
Editor: Indra | Sabtu, 23-01-2021 - 18:02:00 WIB

TERKAIT:
 
  • Panganan Si Dewi Biji Getah Dapat Hak Paten dan Ditetapkan Sebagai Produk Top Brand di Bengkalis
  •  

    Bengkalis, RIAUkontraS.com – Kerja keras dan istiqomah Dewi Melinda warga Desa Berancah, Kecamatan Bantan, mengolah biji getah atau buah karet menjadi panganan unggulan Negeri Junjungan, membuahkan hasil.

    Terbukti, di awal tahun 2021 ini, sejumlah produk panganan berbahan baku dari biji getah, masuk dalam sepuluh daftar produk top brand atau produk unggulan Kabupaten Bengkalis. Senarai ini berdasarkan hasil dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM). Tak hanya itu, karya Dewi Melinda ini juga telah mendapat hak paten dari instansi terkiat.

    “Alhamdulillah, ini tentu tak lepas dari dukungan dan dorongan dari keluarga dan masyarakat serta berbagai pihak,” ungkap Dewi Melinda, Sabtu (23/1/2021).

    Informasi mengenai panganan biji getah masuk senarai produk top brand ini, diterima dari Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi UMKM Bengkalis. Untuk memastikan produk biji getah, Plt Kadis datang langsung ke rumahnya untuk menyaksikan langsung dari dekat bagaimana terus mengolah biji getah

    Adapun, produk yang masuk top brand atau produk unggulan yakni keripik biji getah, biskuit biji getah, brownis biji getah, bolu biji getah, stik biji getah, biskuit gadung dan keripik gadung.

    Setelah mendapatkan hak paten dan ditetapkan sebagai produk top brand, semakin memicu dirinya untuk berinovasi membuat variasi panganan lain berbahan baku biji getah ini.

    Keteguhan hati Dewi mengolah produk biji getah ini, ternyata makin mengundang dari berbagai instansi terkait, seperti mendapatakan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bahkan mendapat sertifikat penghargan Dinasi Lingkungan Hidup dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

    “Penghargaan tersebut diberikan karena kami dinilai mengharumkan nama Bengkalis dan provinsi Riau ke tingkat Nasional sebagai Duta UMKM Brilian,” ujar Dewi.

    Saat menjadi Duta UMKM Brilian, produk biji getah satu satu nya dari Kabupaten Bengkalis yang lolos ke tingkat nasional.

    Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, Dewi bersama sang ibu tidak bisa bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo ke Jakarta, melainkan hanya melalui virtual.

    Meskipun hanya melalui sambungan virtual, nama saat itu kata Dewi, Presiden RI menyapa dirinya dan menyatakan apresiasi terhadap produk inovasi pangan lokal unggulan dari Kabupaten Bengkalis dan provinsi Riau.

    Tak hanya itu, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, merekomendasikan agar tahun ini, Dewi Melinda menjadi Duta Pemuda Pelopor dari Kabupaten Bengkalis untuk level Propinsi Riau.

    Selama ini dalam mengolah biji getah, Dewi dibantu sang ibu bernama Iis Sugiarti. Dalam hal pemasaran, mendapat dukungan penuh dari pemerintahan desa maupun masyarakat, terutama dalam hal promosi. Tak ketinggalan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Bank BRI Selatbaru dan Bengkalis  yang telah memfasilitasi keikutsertaannya pada ajang Brillian UMKM.(Rls/Hamdan)

    Sumber : Diskominfotik Bengkalis

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Panganan Si Dewi Biji Getah Dapat Hak Paten dan Ditetapkan Sebagai Produk Top Brand di Bengkalis
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    3 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2020 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved