www.riaukontras.com
| Ketua DPRD Inhil Hadiri Perayaan Maulid Nabi di Mandah | | Taruna Akpol Riau Gelar Peringati Hari Sumpah Pemuda | | AMPG Riau Berkesempatan Membagikan Ratusan Paket Sembako Pada Warga | | Kapolresta Kembali Kunjungi Pusat Perbelanjaan Mall dan Plaza di Kota Pekanbaru | | Ngabalin Dukung IPJI Manfaatkan Uang Negara | | Dalam Sidang Online, KPK Sebut Bupati Bengkalis Nonaktif dan Istri Terima Uang Puluhan Miliar
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 30 Oktober 2020
 
Masyarakat Harap, Pemkab Bengkalis Dan LAM Bersinergi Lestarikan Tradisi Adat Warisan Leluhur
Editor: Indra | Sabtu, 10-10-2020 - 22:44:43 WIB

TERKAIT:
 
  • Masyarakat Harap, Pemkab Bengkalis Dan LAM Bersinergi Lestarikan Tradisi Adat Warisan Leluhur
  •  

    Bengkalis, RIAUkontraS.com - Dikalangan suku Melayu terkenal dengan berbagai adat istiadat yang merupakan warisan leluhur yang perlu dijaga dan dilestarikan turun temurun agar tidak hilang sesuai dengan perkembangan zaman. Sinergiritas bersama Pemerintah dan lembaga adat dalam melestarikan budaya adat  sangat diharapkan masyarakat melayu, agar warisan adat tetap terpelihara untuk generasi anak cucu kedepan, bak pepatah "Biar mati anak jangan mati adat" dengan maksud adat bertuan dinegeri sendiri.

    Menyikapi hal itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis beserta pemuka adat serta tokoh masyarakat melayu pulau pesisir dengan etnis melayu terbanyak mengelar tradisi adat yang dikemas dalam bentuk  Sholawat beghanyut dan do'a  memakai perahu nelayan keliling pulau.

    Salah satu tradisi adat budaya melayu yang nyaris terlupakan ini digelar selama dua hari diikuti sebanyak 150 orang dan dipimpin oleh Abah Guru Ahmad Fadhli Inayatullah.Dimana titik pelepasannya dipusatkan di pelabuhan Bandar Sri Laksemana pada. Sabtu (10/10/20).

    Pj.Bupati Bengkalis H.Syahrial Abdi saat pelepasan tradisi adat ini sangat mendukung dan dilestarikan karena kegiatan budaya ini memiliki nilai-nilai religius dalam upaya menjaga kampung atau negeri kita agar dijauhkan dari segala macam  marabahaya, malapetaka, wabah serta musibah yang dapat menghancurkan rasa kasih sayang maupun rasa persatuan dan kesatuan umat.

    Ditempat terpisah,Ketua pendiri Forum Budaya Adat Budaya Melayu Bengkalis, Iwan berharap tradisi adat dapat dipertahankan karena kegiatan ini mampu membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat  pulau pesisir untuk tidak melupakan bagian dari tradisi adat warisan leluhur, apalagi pulau Bengkalis ini banyak warisan dan situs cagar budaya  belum terpelihara, maupun terungkap dengan baik.

    "Ini bagian tradisi leluhur yang perlu dipertahankan karena mengandung relegiusnya. Semoga kegiatan ini mudahan akan menjadi kalender  tahunan berbarengan tahun Islam dan hari jadi Bengkalis, "harapnya.

    Harapnya lagi, Pemkab Bengkalis selain kegiatan seperti ini dilestarikan, situs budaya lain seperti pemugaran makam-makam bangsawan melayu tanpa nama yang tak tersentuh di pesisir pantai sebagian desa di pulau Bengkalis dapat dipugarkan. Ini kearifan lokal yang harus dipertahankan,karena kedepannya akan mempunyai daya tarik untuk dijadikan wisata relegius selain wisata bahari. Apalagi pulau Bengkalis  sangat berdekatan sekali dengan negara tetangga, tentunya akan memberikan dampak positif dalam menarik wisman.

    "Ini kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan.karena mengandung nilai wisata relegiusnya.Banyak masyarakat melayu sekarang tidak tau atas pemilik makam  tak bertuan tersebut.Jika hal ini dibiarkan akan menjadi dongeng  kartun untuk anak cucu kita kedepan," tutupnya.

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Masyarakat Harap, Pemkab Bengkalis Dan LAM Bersinergi Lestarikan Tradisi Adat Warisan Leluhur
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved