www.riaukontras.com
| Dugaan Praktek Pungli, PJI-Demokrasi Minta Kadisdik Non-Aktifkan Hanafi,S.Pd Dari Kepala Sekolah | | Tidak Gunakan Masker, 8 Warga Bangko Pusako Dikenakan Sanksi Tertulis | | Langgar Prokes, 10 Orang di Sanksi | | Gerakan S3 (Sedekah Seribu Sehari) | | Polres Kuansing Kedepankan Tindakan Simpatik serta Himbauan Prokes dalam Operasi Zebra | | Ketua DPRD Inhil Hadiri Perayaan Maulid Nabi di Mandah
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 31 Oktober 2020
 
BAPDAS Mulai Beraksi Benteng Pulau Dengan Mangrove
Editor: Indra | Sabtu, 03-10-2020 - 12:38:08 WIB

TERKAIT:
 
  • BAPDAS Mulai Beraksi Benteng Pulau Dengan Mangrove
  •  

    Bengkalis,(Riau) RIAUkontraS.com - Badan Penanggulangan Daerah Aliran Sungai ( BAPDAS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI WIlayah Riau mulai bidik selamatkan pulau bengkalis dari abrasi pantai yang kian menggila sepanjang pantai bagian utara pulau bengkalis mengarah ke selat malaka dengan program  menanam kembali hutan mangrove.  

    Untuk sebagai benteng alam dari ganasnya terjangan ombak selat malaka yang setiap waktu menghantam pulau yang dijuluki kota terubuk.

    Tindakan awal dari keseriusan program swakelola padat karya penanaman mangrove oleh BAPDAS untuk tujuan penyelamatan pulau terluar, terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga malaysia itu tepatnya beberapa hari sebelumnya.  

    Tim dari BAPDAS yang di ketuai oleh JAFRI, S.Hut berserta anggota Murja, S.hut, dan dari KPH Bengkalis Pulau Bustami, SH telah turun langsung ke pantai Desa Pambang pesisir Kecamatan bantan Kab. Bengkalis yaitu salah satu dari sekian puluh Desa yang cukup parah terkena abrasi pantai. 

    Setelah  melakukan survei ke areal rencana untuk penanaman, tim Bapdas yang langsung  Didampingi oleh solihin ketua  LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) menetapkan untuk penanaman mangrove program swakelola padat karya di areal ribuan hektar yang perlu di selamatan yaitu sebanyak 24 hektar untuk tahap awal. 

    Menurut Murja S.hut kepada awak media mengatakan bahwa untuk penanggulangan areal yang akan dilakukan reboisasi mangrove untuk kabupaten bengkalis keseluruhan sebanyak 110 hektar. Dari jumlah tersebut dibagi menjadi beberapa titik areal rencana penanaman yaitu areal desa Pambang Pesisir Kec. Bantan sebanyak 24 hektar, kemudian Desa sekodi, Palkun, Desa Air Putih Kec. Bengkalis, pakning Kec.Bukit Batu dan Pulau Rupat beberapa titik desa, totalnya 110 hektar. 

    Lebih lanjut menurutnya lagi memang khusus untuk penyelamatan areal sepanjang pantai pulau bengkalis dengan pola penanaman kembali pohon mangrove untuk sebagai benteng alam, Setelah kita lihat  dilapangan secara langsung  butuhnya mencapai ribuan hektar, Hanya saja untuk tahap awal ini kemampuan anggaran dan keterbatasan waktu akibat dampak dari Covid-19, maka kegiatan ini yang dapat dilaksankan sesuai apa yang ada. 

    Namun pada saat dilapangan tim Bapdas tersebut mengatakan mereka akan menyampaikan kepada pimpinannya agar  bagaimana pada tahun anggaran  2021 program penanaman mangrove di sepanjang pantai pulau bengkalis menjadi prioritas dan lebih luas lagi,"janji nya.

    Sesungguhnya kehadiran tim BAPEDAS hingga instan survei langsung ke areal pantai cukup parah terkena abrasi yang perlu segara dilakukan penanaman mangrove, hal itu tidak lepas dari peran penting perjuangan pengurus LSM IPMPL dan KPH Bengkalis pulau dengan menyakinkan tim BAPDAS hingga dalam waktu hitungan hari atau  begitu singkatnya langsung turun survei sekaligus membuat keputusan menetapkan bahwa pantai Desa Pambang Pesisir mendapat alokasi penanaman mangrove sebanyak 24 hektar. 

    Atas perjuangan yang dilakukan oleh LSM IPMPL berserta KPH Bengkalis pulau, kepala Desa Pambang Pesisir (PASLA) berserta puluhan masyarakat pambang pesisir kala itu, mengatakan mereka cukup berterima kasih tidak terhingga atas upaya tersebut,"saya selaku kepala desa pambang pesisir berserta masyarakat mengucapkan terima kasih tidak terhingga kepada pengurus LSM IPMPL dan KPH bengkalis pulau karena memperjuangkan nasib kampung kami ini yang sudah cukup parah tekena abrasi pantai. 

    Harapan kami semoga program penanaman mangrove di sepanjang pantai pulau bengkalis mencapai ribuan hektar yang perlu di selamatkan ini bisa berlanjut pada tahun anggaran-anggaran berikutnya melalui program BAPDAS KemLhk,"harapan kades tersebut.

    Sebelum tim BAPDAS melakukan survei ke areal pantai pambang pesisir mereka sempat di bawa oleh pengurus LSM IPMPL dan Bustami, SH petugas dari KPH bengkalis meninjau langsung ke 3 areal budidaya pohon gerunggang inisiasi LSM IPMPL di areal Desa air putih, desa muntai barat dan desa pasiran untuk maksud dan tujuan meyelamatkan lahan gambut, peningkatan ekonomi masyarakat dan upaya pencegahan kebakaran lahan dan kawasan hutan. 

    Pada saat itu tim dari BAPDAS betul-betul tertegun melihatnya bahkan sempat terungkap dari mulut nya Murja, S.hut anggota tim, " ini potensi nya luar biasa, kami tak menyangka upaya yang dilakukan LSM IPMPL bersama masyarakat mampu menanam hingga puluhan bahkan ratusan hektar pohon kayu hutan tanpa bantuan pemerintah, pokoknya hal ini harus disampaikan kepada ibu Mentri dan bagaimana cara nya harus diundang  ibu Menteri  untuk dapat turun ke bengkalis melihat langsung potensi ini, karena ini bukan saja bisa menyelamatkan lingkungan, mencegah karlahut, meningkatkan ekonomi masyarakat bahkan potensi ini sangat besar bisa menjadi sumber pemasukan Negara kedepannya nanti,"tutur murja.(Indra)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • BAPDAS Mulai Beraksi Benteng Pulau Dengan Mangrove
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved