www.riaukontras.com
| Pelantikan Komando Inti Mahatidana dan Infokom Koti Dumai Oleh Ketua MPC PP Dumai | | Pjs Bupati Rudyanto Minta Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan | | Masyarakat Tidak Gunakan Masker Diberikan Sanksi Sosial | | Peduli Ditengah Pandemi Covid19 "Karena Setiap Tetes Darah Mampu Selamatkan Nyawa.." | | Dikonfirmasi Kualitas Proyek, Rekanan Janjikan Amplop ke Wartawan | | Dugaan Praktek Pungli, PJI-Demokrasi Minta Kadisdik Non-Aktifkan Hanafi,S.Pd Dari Kepala Sekolah
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 01 November 2020
 
Kadis LHK Riau Tinjau Budidaya Gerunggang Binaan LSM IPMPL
Editor: Indra | Selasa, 29-09-2020 - 11:57:09 WIB

TERKAIT:
 
  • Kadis LHK Riau Tinjau Budidaya Gerunggang Binaan LSM IPMPL
  •  

    Bengkalis, RIAUkontraS.com - kunjungan Kadis LHK Riau M. Murodd Beserta seluruh Kabid Dinas LHK Riau pada tanggal 22 Agustus 2020, ke lokasi pusat pembibitan dan pengembangan budidaya Gerunggang LSM IPMPL JL.POROS SUNGAI ALAM - SELAT BARU DESA AIR PUTIH KEC.BENGKALIS.  

    Saat itu adalah kunjungan pertama beliau, pada kesempatan itu juga beliau sempat melakukan penanaman gerunggang di lokasi LSM IPMPL. Setelah berdiskusi beberapa waktu kadis LHK dengan Solihin selaku ketua umum LSM IPMPL dan juga ketua Koperasi Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan menyangkut beberapa persolan yang dihadapi oleh LSM IPMPL dalam upaya melakukan pembinaan 36 kelompok Tani Hutan Gerunggang dari beberapa kecamatan.

    Solihin mengatakan salah satu kendala yang mereka hadapi sejak tahun 2019 s/d 2020 yaitu tiga puluh lebih kelompok tani hutan yang mereka ajukan ke Dinas LHK Riau sejak tahun 2019 untuk ter registrasi secara sah sebagaimana ketentuan PermenLHK No.89 tahun 2018 tentang KTH sampai 2020 tak kunjung ter registrasi oleh DLH RIau tanpa di ketahui alasan nya. 

    Mendengar penjelasan Solihin saat itu M. Murodd langsung memanggil Kabid registrasi yang kebetulan ikut bersama, namun setelah di berikan penjelasan oleh Kabid Bidang registrasi bahwa diri nya belum mengetahuinya karena baru di mutasi ke jabatan tersebut. 

    Pada saat itu juga M. Murodd yang juga baru menduduki jabatan Kadis LHK Propinsi riau langsung mengatakan "besok kami pulang ke pekanbaru akan segera saya rapatkan dan saya tanda tangani registrasi tersebut ",Tenyata keseriusan M. Murodd tidak isapan jempol.

    Selang dua hari kemudian tepat pada tanggal 24 Agustus 2020 semua  KTH binaan LSM IPMPL th tergabung kurang lebih 2500 KK masyarakat dari 4 kecamatan langsung di tanda tangan M. Murodd.

    Namun kadis LHK tersebut mungkin belum merasa  puas melihat Potensi budidaya gerunggang yang di inisiasi oleh LSM IPMPL tepatnya pada tanggal 28 september 2020. Kadis LHK  kembali turun ke kota yang di juluki kota terubuk tersebut untuk melihat secara utuh upaya budidaya gerunggang LSM IPMPL.

    Setelah meninjau 5 lokasi budidaya gerunggang binaan LSM IPMPL dari ratusan lebih lokasi lainya , beliau mengatakan  akan berjuang sepenuhnya  membantu kelompok-kelompok tani hutan binaan LSM IPMPL yang berjumlah 36 kelompok tani yang memiliki ribuan hektar lahan gambut kritis dari 4  kecamatan. 

    KADIS LHK Riau, M. Murodd menyampaikan, " Kunjungan kita ke 5 lokasi budidaya Gerunggang LSM dari ratusan lebih lokasi yang telah ditanam , potensi nya luar biasa, "jelasnya.

    Sejalan dengan keinginan gubernur riau untuk menuju riau hijau, masyarakat sejahtera menyelamatkan gambut dan upaya pencegahan karlahut, serta Untuk kepastian hukum terhadap budidaya tanaman gerunggang,  GUBERNUR RIAU  secara simbolis telah mengesahkan 12 SK hutan hak tanaman budidaya milik masyarkat binaan LSM IPMPL. Jumlah penyerahan tersebut hanya sebagai simbolis SK semuanya hampir ratusan SK yang sedang berproses dan yang sudah keluar dengan luas lahan yang sudah ditanami ratusan  hektar, "terang M. Murodd. 

    Solihin  Ketua LSM IPMPL selaku pembina kelompok-kelompok tani hutan di bengkalis mengatakan kepada media ini, Kita bangga punya kepala dinas yang betul-betul respon menanggapi budidaya gerunggang ini, karena potensi kedepan gerunggang selain untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dan mencegah karlahut. 

    Melestarikan lingkungan juga yang tidak kalah pentingnya yaitu sangat potensinya sebagai sumber pendapatan asli daerah ( PAD) Riau dan sebagai tanaman unggulan riau suatu saat nanti. Nah dengan di posisikan oleh pak Gubri, Orang seperti pak M. Murod ini selaku Kadis LHK, saya yakin target pak Gubernur ingin menjadikan riau hijau kembali akan tercapai,"ujar solihin.(Indra)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Kadis LHK Riau Tinjau Budidaya Gerunggang Binaan LSM IPMPL
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved