www.riaukontras.com
| Ketua Komisi II Apresiasi Respon Pj. Bupati Terkait Aset Daerah Bengkalis | | Kelahiran Buah Hati T. Rusli Ahmad, Di Doakan 560 Anak Yatim dan Kyai | | Berikut Isi 4 Ikrar Netralitas Kepala Desa dan Lurah Se-Kabupaten Bengkalis | | MPC PP Kota Pekanbaru : Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Mari Maknai Sejarahnya | | Dewan Pers Indonesia Kecam Tindakan "Kekerasan" Personil Polres Alor Terhadap Wartawan | | Bekas Galian IPAL di Beberapa Titik Kota Pekanbaru Merusak Jalan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 02 Oktober 2020
 
Disdukcapil Bengkalis, Terkesan Tidak Menjalankan Tugas dan Fungsinya
Editor: Indra | Kamis, 20-08-2020 - 18:14:40 WIB
<br>
TERKAIT:
 
  • Disdukcapil Bengkalis, Terkesan Tidak Menjalankan Tugas dan Fungsinya
  •  

    Bengkalis, RIAUkontras.com - Bahwa dalam rangka penyelenggaraan urusan bidang kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) sebagai perangkat daerah mempunyai beberapa tugas dan fungsi didalam hal kependudukan  diantaranya sebagai pelaksanaan pengkoordinasian kebijakan pelayanan administrasi di bidang kependudukan.


    Sebagai pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan bahan kebijakan dalam program kepedudukan dan pengkoordinasian pelaksanaan pembinaan administrasi serta pelaksanaan tugas lainya sesuai tugas dan fungsinya.


    Tetapi lain halnya yang terjadi di Disdukcapil kab.bengkalis dalam pelayanan di bidang  catatan sipil untuk pengurusan permohonan duplikat akte perceraian yang hilang tidak bisa melayani dengan alasan masih mempelajari karna berkas - berkas lama tidak tersimpan di Disdukcapil.


    Bagaimana sebuah dinas kantor besar di kab.tidak mempunyai dan menyimpan data penting kearsipan terkait kepedudukan apa yang akan terjadi pada masyarakat Bengkalis yang merupakan WNI.Jika dalam hal pendataan dan kearsipan dinas kacau balau.


    Berdasarkan infomasi keterangan dari Kuasa hukum ET  pada tanggal 27 juli 2020, Kantor Hukum Law Office Ivan Dhori S Meliala &  Partner di Pekanbaru..


    Bahwa pihaknya telah mendatangi Kantor Disdukcapil Bengkalis untuk mengajukan surat permohonon duplikat Akta cerainya atas nama ET( Klien) berdasarkan surat no : 0109.SP.AC/15.11/VI/2020.IDSM.


    Dalam hal ini pegawai pelayanan Disdukcapil Bengkalis menyatakan bahwa surat permohonan yang dimaksud tidak dapat di proses karena Pemohon sudah pindah domisili (Jombang).


    Dikatakan oleh Kuasa Hukum Pemohon bahwa dirinya telah menjumpai Kabid Catatan Sipil Sukar di Kantor dukcapil jalan pertanian Bengkalis.


    Menurut Sukar karna tidak ada foto copi akte cerainya maka duplikat tidak bisa di terbitkan dan berkas akte cerai di tahun 2010 telah di serahkan ke UPTD  Duri. bahkan disarankan untuk mempertanyakan KUPTD Duri.setelah dicek menurut Keterangan UPTD Duri  salinan itu ada DiDukcapil Bengkalis.


    "Menurut Kuasa Hukum ET bahwa pada tanggal 18 Agustus 2020 pihaknya telah  berkoordinasi dengan Kabid Pencatatan di Disdukcapil Bengkalis akan tetapi jawaban Sukar dengan alasan yang sama karna tidak ada foto copi akta cerai maka tidak bisa di proses.


    Sementara bukti bukti surat laporan kehilangan dari kepolisian sudah ditunjukan .Sungguh ironis memang pejabat dinas dukcapil tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya imbuhnya!!!


    Pada tgl 19/8/2020 sekitar pukul 01.30 wib. tim media  mendatangi kantor Didukcapil menjumpai Kabid pencatatan sipil sukar dikantornya untuk konfirmasi menurutnya bahwa Kuasa hukum dari ET bukan melapor tetapi konsultasi.


    Terkait masalah permohonan duplikat cerai dinas tidak bisa mengeluarkan karna yg bersangkutan sudah pindah propinsi lain yaitu kab Jombang jatim.


    "Kami sudah menjalankan aturan Permendagri no 108 th  2019 dan PERPEL  PERPRES no 56 th 2018. Urus saja di Jombang karna aturan  sudah jelas."Ungkap Sukar . Pada sekitar pukul 04.00 wib.


    Setelah mendapat rekaman pembicaraan pegawai Disdukcapil Jombang Jatim dengan kuasa hukumnya ET, Tim media menjumpai Kabid dukcapil Sukar, setelah mendengarkan bahwa dari keterangan bahwa Disdukcapil kab Jombang tidak bisa menerbitkan duplikat akta cerai jika tidak ada surat rekomendasi dari kab.Bengkalis.


    Sebab nikah kawin dan cerai di bengkalis kami hanya melanjutkan sesuai bukti data.Setelah mendengar itu menurut sukar  yang bisa membuat keputusan adalah Kadis.


    Maka pada saat itu tim ini memohon agar bisa menjumpai Kadis akan tetapi sangat disayangkan beliau tidak mau keluar ruangan enggan untuk dimintai penjelasan.


    Sementara sebagai sesuai pelayan publik seharusnya bisa memberi penjelasan dengan jelas jika memang benar Disdukcapil Kabupaten Bengkalis berpegang pada aturan sebagai mana yang diungkapkan oleh bawahannya.


    Kuat Dugaan" Disdukcapil terkesan PEMALAS tidak sesuai dengan wewenang dan tugas fungsi pokok sebagai mana tertuang dalam aturan menghilangkan data dan hak daripada warga negara yang jelas dilindungi oleh negara dengan tidak menyimpan data kearsipan penduduk yang sangat penting.


    Sebagaimana yang di maksud UU RI No 24 Th 2013, Tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

    Ditempat berbeda Kadis Dukcapil ketika di SMS melalui WhatsApp hand phone selulernya menjawab saya sudah sampaikan pada kuasa hukum ybs untuk dapat diurus ditempat ybs sekarang.jawabanya tidak ubah dengan jawaban kabidnya.


    Bagaimana mungkin dapat diurus ditempat yang bersangkutan sementara surat keterangan rekom  no register akta cerai dari  Bengkalis tidak diberikan.


    Tidak heran jikalau dalam waktu dekat dari kantor hukum Law office Ifan dhori akan segera menyurati Disdukcapil Bengkalis yang Diduga tidak melakukan tugas dan fungsi pokoknya tentang pengkoordinasian pelaksanaan kebijakan tehnis dibidang kepedudukan dan pencatatan sipil.(Indra)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Disdukcapil Bengkalis, Terkesan Tidak Menjalankan Tugas dan Fungsinya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    6 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved