www.riaukontras.com
| Fauzar Resmi Gantikan Said Syarifuddin Sebagai Penjabat Sekda Inhil | | Pesan Sabu Dari Malaysia, 3 Pengedar Diringkus Anggota Satpol Air Polres Inhil | | Pendemi Covid-19 Tidak Menghalangi Petani, Bupati Siak dan Petani Semangka Panen Raya | | Diduga Sok Tau Tugas Pers, Kasi Pemerintahan Desa Simpang Petai Olok Wartawan | | Lapas Kelas IIB Langsa Gelar Apel Zona Integritas WBK-WBBM | | DK2P Laksanakan Pendataan Sanggar dan Komunitas Seni Se-Kota Padangsidimpuan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 04 08 2020
 
Masyarakat Dituntut Lebih Bijak, Tentang Rekam Jejak Calon Bupati dan wakil Bupati Bengkalis
Editor: | Minggu, 26-07-2020 - 19:44:35 WIB

TERKAIT:
 
  • Masyarakat Dituntut Lebih Bijak, Tentang Rekam Jejak Calon Bupati dan wakil Bupati Bengkalis
  •  

    Bengkalis, RIAUkontraS.com - Helat pilkada Kabupaten akan dimulai, saat nya masyarakat memilih pada pilihan yang tepat untuk masa depan kabupaten Bengkalis 5 Tahun kedepan.

    Harapan besar masyarakat kabupaten Bengkalis tentu menginginkan perubahan dari sebelum nya, dimana Kabupaten Bengkalis,
    2 kali Kepala Daerah nya Tersangkut masalah hukum  Kasus Korupsi dan mendekam di bui, yang Tidak lain, adalah dilema tentang Penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah APBD yang menggiurkan Sekali.

    Tentu mungkin yang akan datang masyarakat tidak memilih yang salah, dan harus bijak mengenai Rekam Jejak serta Latar Belakang Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Ke depan untuk Masa Depan Anak Cucu kito.

    Adapun Asal Usul itu yaitu terutama Putra Daerah Atau anak Watan, Justru kita menginginkan Putra Asli Daerah mempunyai  rasa memiliki yang tinggi  Untuk Pembaharuan pada daerah kelahirannya, Membangun niat Baik Daerah nya untuk Berkembang Pesat seperti daerah Maju lainnya, Tentu harus Calon yang mempunyai Rekam jejak serta Kualitas hubungan emosional Membangun dari hati hati , serta  emosional kedekatan positif dan Kepercayaan Kembali dipilih oleh masyarakat.

    Kabupaten Bengkalis Riau, merupakan identik Menjujung tinggi Nilai berbudaya Melayu yang masyarakat sangat Kental Dengan Kedaerahan, kemudian dengan identik Melayu terdiri dari berbagai suku bangsa Seperti Etnis Jawa, Melayu,Batak,Minang,Tionghua,Sakai,dll.

    Yang sudah lama juga menempatkan dikabupaten Bengkalis istilahnyo "Dah Betapak dio dah belumut dio" dan kita Masyarakat untuk Bijaksana dalam menilai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kab.Bengkalis.

    Ada hal yang menarik ketika akan berlangsungnya pemilihan kepala daerah, yakni tentang ikhwal primordialisme putra daerah dan bukan putra daerah, di mana kata putra daerah menjadi salah satu nilai jual yang selalu di dengung-dengungkan oleh sebagian marketing politik pihak lawan yang dianggap rival terberat dengan tujuan agar masyarakat tidak memilihnya.

    Isu putra daerah juga seringkali dipergunakan untuk menekan keinginan bakal calon yang berasal dari luar daerah tersebut untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah di daerah tersebut. Permainan isu primodial dalam proses pilkada bukan barang baru lagi. Walaupun terkesan strategi politik klasik, nyatanya mengangkat isu primodial masih menjadi topik yang laku dijual dalam perhelatan pilkada di beberapa daerah. Isu kesukuan, putra daerah, isu agama, bergaris keturunan raja, ahli waris, selalu menjadi tema kampanye untuk meraup suara dari calon pemilih.

    Isu seperti ini juga bisa muncul apabila terdapat sebuah partai politik atau gabungan partai politik yang mencalonkan atau mengusung calon kepala daerah yang bukan berasal dari wilayah bersangkutan. Di satu sisi, hal ini jelas tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tentu saja merupakan hak partai politik yang bersangkutan untuk mengusung kandidat yang memiliki kapabilitas dan nilai jual tinggi.

    Di sisi lain, sudah menjadi rahasia umum peran pemilik modal atau cukong begitu besar dalam setiap pesta demokrasi, termasuk pemilihan kepala daerah, dimana pemilik modal punya andil besar bagi partai politik untuk mengusung kandidat. Sejogyanyalah, apapun aspirasi politik masyarakat adalah sebuah fakta sosial yang harus ditangkap secara cerdas oleh partai politik. Partai politik yang besar adalah partai yang aspiratif terhadap kehendak politik rakyat, bukan para cukong yang memiliki kepentingan terselubung dibalik semua itu. Karena jika tidak, partai akan kehilangan kepercayaan masyarakat, tentunya Kita  tidak menginginkan Orang Luar  memimpin menguasai daerah kita,  dan juga terulangnya Masalah hukum membelit Bupati dan Keluarga Untuk kedepan dan sebaliknya :

    1.Mempunyai Rumah Orang tua serta Nenek Buyut di daerah pemilihannya.

    2.Mengetahui Keluarga Mereka bukan Latar Belakang Keluarga dari PKI atau aliran sesat lainnya.

    3.Tidak terlibat Masalah hukum baik pun Keluarga dari Kekayaan hasil korupsi.

    4.Beredukasi  mengutamakan Kepentingan Rakyat daripada Kepentingan pribadi atau Kelompok.
     
    Sebelum kita salah langkah terlalu jauh agar Masyarakat Kabupaten Bengkalis Lebih Bijaksana  , ada baiknya jika kita mengetahui makna putra daerah Atau Rekam Jejak Calon Kepala daerah itu sendiri.

    Ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang persyaratan untuk mengikuti pemilihan kepala daerah adalah Pasal 7 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang, yang menyebutkan bahwa calon kepala daerah sebagaimana disebutkan dalam Pasal 7 ayat (1) UU No. 10/2016

    Berdasarkan persyaratan diatas dapat dilihat bahwa didalam ketentuan hukum diatas tidak ada syarat yang mengharuskan seorang calon kepala daerah harus berasal dari daerah pemilihan tersebut atau merupakan putra asli daerah atau Rekam Jejak   tersebut.( Indra)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Masyarakat Dituntut Lebih Bijak, Tentang Rekam Jejak Calon Bupati dan wakil Bupati Bengkalis
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    6 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved