www.riaukontras.com
| Diduga Lakukan Pembakaran Lahan Pria 60 Tahun Diamankan Polisi | | Dandim 0314/Inhil Ikuti Sertijab Bersama 3 Dandim Lainnya | | Anggota DPRD Siak Periode 2019-2024 Resmi Dilantik | | Zulkifli, Ditetapkan Jabat Ketua Sementara DPRD Siak | | PT. Asabri Lhokseumawe Sosialisasi Program Bagi Prajurit Kodim 0104 Aceh Timur | | Dandim 0104 Aceh Timur Sivis Pacem Para Bellum
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 19 09 2019
 
Warga Bahorok Desa Pinggir Tuntut HKI Bangun OverPass dan Hentikan Kegiatan di STA 73
Editor: | Rabu, 24-07-2019 - 21:23:01 WIB

TERKAIT:
 
  • Warga Bahorok Desa Pinggir Tuntut HKI Bangun OverPass dan Hentikan Kegiatan di STA 73
  •  

    PINGGIR DURI,RiauKontraS.com – Proyek Strategis Nasional, Pembangunan Jalan Tol PekanBaru (PEKDUM) yang berada di wilayah Desa Pinggir Kecamatan Pinggir kembali menuai kontroversi dan keberatan warga masyarakat Desa Pinggir.

    Setelah kondisi Jalan Muajolelo yang hancur dan licin, kini ditambah lagi dengan terganggunya akses sebagian masyarakat Desa Pinggir, khususnya yang berada di wilayah Bahorok. Dan ini membuat geram warga disana.

    Hal ini seperti yang terjadi pada Rabu (24/07/19), sekitar pukul 09.30 puluhan warga RT. 05 dan RT. 07 / RW. 03 yang selama ini menggunakan akses jalan menuju ke wilayah Kelurahan Balai Raja dan sebaliknya melakukan unjuk rasa karena sejak dilaksanakanya proyek Pembangunan Jalan Tol oleh PT.HKI mereka tidak lagi dapat melintas di wilayah yang sekarang menjadi wilayah garapan PT. HKI untuk pembangunan jalan Tol yang dilaksanakan oleh PT. HKI Seksi 4B, atau tepatnya pada lokasi STA 73-425.

    “Kami warga Bahorok ini sejak awal tidak pernah merasa keberatan dengan pembangunan Jalan Tol ini, tapi kami juga tentu tidak mau kepentingan kami terganggu”, ujar Nanang sebagai salah seorang warga Bahorok kepada perwakilan PT. HKI Seksi 4B ketika sama terjun ke lokasi STA 73-425.

    “Selama ini kami bebas melintas di jalan yang dibangun oleh masyarakat selama bertahun-tahun. Kami ke Balai Raja untuk mengurus kebun kami yang ada disana. Warga Balai Raja juga ada yang memiliki aset di Pinggir dan selama ini juga mereka bisa melintas. Tapi sejak adanya proyek Tol ini jadi terganggu aktifitas kami”, tambah Nanang.

    “Tolonglah agar PT. HKI ber-empati kepada kami, buatkan jalan akses buat kami. Terserah apakah itu dalam bentuk Under Pass atau Over Pass namanya terserah, yang penting aktifitas kami bisa normal kembali, karena selama ini kami juga mendengar desas-desus bahwa ada wilayah yang sudah diusulkan untuk dibangunkan Over Pass, padahal di sana adalah kawasan pribadi, sementara kami disini banyak.

    Dan kami juga meminta agar PT. HKI menghentikan kegiatan di STA 73 ini sebelum ada kepastian akan hal ini”, tegas Nanang kembali.
    Menanggapi hal tersebut, Adi (Bag.Umum) sebagai perwakilan PT. HKI ketika dikonfirmasi oleh RiauKontras.com menyampaikan “Sebenarnya Kami pihak HKI sudah menginventarisir persoalan ini, dan kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kebupaten Bengkalis untuk menyelesaikan persoalan pembanguan Over Pass ataupun Under Pass sebagaimana dibutuhkan oleh masyarakat.

    Dan sepengetahuan kami berdasarkan tembusan yang disampaikan kepada kami, Dinas PUPR Bengkalis juga sudah mengajukan usulan kepada PUPR Pusat untuk kemudian dilanjutkan kepada BPJT selaku perencana Proyek Jalan Tol ruas Pekan Baru – Dumai”, ujar Adi sambil menunjukkan tembusan surat dimaksud.

    “Jadi sebenarnya sekarang ini kita sama-sama menunggu koq, warga menunggu dibangunnya Over Pass, sedangkan kami juga menunggu legalitas untuk mengerjakannya. Khan gak mungkin kami ambil kebijakan sendiri buat bangun Over Pass, sementara kewenangan kami tidak sampai kesana”, tambah Adi.

    “Malah per-tanggal 17 Juli kemarin kami sudah memasukkan Surat khusus tentang hal ini berikut fhoto lokasi melalui citra satelit, sketsa lokasi dan fhoto lokasi, jadi semua sedang berproses koq”, ujar Adi lagi.

    Sementara itu, Badar sebagai Humas PT. HKI menambahkan “Kami juga sangat tidak ingin menghambat dan mengganggu kepentingan masyarakat Bahorok ini, karena saya juga kan warga Pinggir. Tapi memang ada prosedur dan alur yang harus kita ikuti bersama. Kami belum bisa membangun Over Pass atau Under Pass sebelum ada keputusan apapun dari pihak terkait, karena memang domainnya juga sudah berbeda”, ujar Badar.

    “Terkait dengan permintaan warga di sini, jika memang saudara-saudara warga Bahorok menginginkan agar kegiatan proyek di STA 73 ini dihentikan dulu kami siap koq, ayo sama-sama kita buat Berita Acara penghentian kegiatan proyek ini.

    Dan terkait dengan pembangunan Over Pass, kami juga mohon bantuan dari warga nantinya untuk dapat membantu proses realisasinya di lapangan, jika kami sudah mendapatkan kepastian dan PUPR dan BPJT”, tambah Badar.

    Dalam hal ini tentu saja semua pihak harus berpegang teguh kepada Undang-Undang No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, agar mekanisme dan ketentuan pelaksanaan kegiatan dalam proses pembangunan Jalan Tol dapat berjalan dan terlaksana tanpa menimbulkan persoalan-persoalan baru di belakang.
    (Dayat-Duri)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Warga Bahorok Desa Pinggir Tuntut HKI Bangun OverPass dan Hentikan Kegiatan di STA 73
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved