www.riaukontras.com
| IWO Inhil Terus Membuka Donasi Melalui Posko Relawan Covid-19 | | Polres Bintan Giatkan Budidayakan Ikan Tawar | | IWO Inhil Kembali Salurkan 20 Paket Sembako Kepada Masyarakat Sungai Beringin | | PB Gerakan Nahdlatul Ulama Peduli Covid 19 Datangi Kelenteng, Salurkan Sembako | | Pengerjaan Ruas Jalan Kuala Keritang Tunggu Eksekusi | | Berikut Johansyah Menyikapi Rencana LSM Membawa Kasus Videotron Bengkalis ke Ranah Hukum
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 01 Juni 2020
 
Musrenbang 2019 Provinsi Riau, Pemkab Bengkalis sampaikan Empat Sektor Prioritas RKPD Tahun 2020
Editor: | Kamis, 28-03-2019 - 19:13:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Musrenbang 2019 Provinsi Riau, Pemkab Bengkalis sampaikan Empat Sektor Prioritas RKPD Tahun 2020
  •  

    PEKANBARU, RIAUKontraS.com  - Pemerintah Kabupaten Bengkalis sampaikan empat sektor prioritas dalam usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2019, usulan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 Provinsi Riau, meliputi abrasi pantai, konektifitas-aksesibilitas, pendidikan dan kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Bustami, HY saat mengikuti Musrenbang Provinsi Riau, Rabu (28/03) pagi bertempat di Hotel Primere Pekanbaru.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis yang juga didampingi Plt. Kepala Bappeda Yuhelmi, Sekretaris Bappeda Rinto serta Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Muhammad Azmir menyampaikan bahwa, keempat sektor usulan kita itu sangat urgent dan kiranya dapat ditanggapi Pemerintah Provinsi Riau tahun 2020.

    Adapun usulan tersebut merupakan, sektor abrasi, dimana kawasan yang mengalami abrasi pantai dengan intensitas yang tinggi di wilayah Kabupaten Bengkalis yaitu dipulau Bengkalis Kecamatan Bengkalis dengan laju abrasi antara 6 sampai 7 M per tahun dan di pulau Rupat, Kecamatan Rupat Utara dengan laju abrasi 5 sampai 6 M pertahun.

    Kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam upaya penanggulangan dan penanganan abrasi pantai di Kabupaten Bengkalis antara lain :
    1. Terbatasnya Alokasi Anggaran untuk penanggulangan abrasi pantai di Kabupaten Bengkalis yang  wilayahnya sangat luas dengan intensitas kerawanan yang relatif tinggi.
    2. Terbatasnya sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pemantauan dan penanggulangan abrasi pantai.
    3. Masih rendahnya kesadaran masyarakat dan pelaku usaha terhadap pentingnya upaya pencegahan dan penanggulangan abrasi pantai di Kabupaten Bengkalis.

    Total panjang kawasan yang butuh penanganan segera 60.35 KM, dengan kebutuhan dana sebesar Rp.1.143.250.000.000,- 

    Selanjutnya Bustami menambahkan, untuk usulan pekerjaan umum, Dalam rangka mendorong pembangunan ekonomi, perlu upaya massive dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan, yang bertujuan membuka aksesibilitas dan konektifitas antar wilayah. Kabupaten Bengkalis yang memiliki pulau terluar, yakni, Pulau Bengkalis, dan Pulau Rupat, dipandang penting untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur.

    Prioritas pembangunan infrastruktur antara lain:

    1. Jl. Gajah Gada, Duri Kec. Mandau. Merupakan jalan penghubung Kec. Mandau, Kec. Pinggir dan desa terluar Desa Duri ke Kota Duri.
    2. Jalan menghubungkan Air Putih menuju Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja, total panjang 20, 28 KM, mempunyai 2 (dua) ruas jalan, yakni: Air Putih – Selat Baru 13, 76 KM, dan Berancah – Pelabuhan Sri Setia Raja 6,52 KM.

    3. Pelabuhan Penyeberangan Ketam Putih, Bengkalis – Dakal, Meranti. Rencana pembangunan pelabuhan penyeberangan yang mengubungkan Kab. Bengkalis dan Kab. Meranti, sudah tertuamg dalam RPJMN Tahun 2014 -2019, namun sampai saat ini belum terlaksananya pembangunan pelabuhan tersebut di dua sisi.

    Lebih lanjut, Bustami menjelaskan, untuk sektor Pendidikan, mencakupi Program Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (membangun sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan, juga  Peningkatan kualitas pengajar), khususnya yang berada di Kabupaten Bengkalis. Saat ini Kabupaten Bengkalis telah memiliki 2 (dua) Perguruan Tinggi Negeri, Politeknik Negeri Bengkalis dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), serta 1 (satu) Perguruan Tinggi dalam proses pengerian, yaitu Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STIE) Syariah. Dibutuhkan dukungan semua pihak khususnya Pemerintah Provinsi Riau.

    Terakhir disektor kesehatan Dalam rangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara cepat dan terpadu, dengan karekteristik geografis Kabupaten Bengkalis, yang terdiri dari 3 (tiga) Pulau utama, Pemerintah akan mengupayakan membangun Sarana dan Prasarana kesehatan berupa Rumah Sakit di beberapa wilayah yang akan melayani masyarakat di beberapa kecamatan terdekat.

    “Dimana saat ini Kabupaten Bengkalis, telah memiliki 2 (dua) Rumah Sakit, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Bengkalis, yang berada di Kec. Bengkalis dan Rumah Sakit Umum Duri, yang berada di Kec. Duri,” ungkapnya.

    Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis berupaya membangun 2 (dua) Rumah Sakit lagi, di Kecamatan Rupat dan Bukit Batu. Diharapkan bantuan dan dukungan Pemerintah Provinsi Riau dalam merealisasikan pembangunan di 2 (dua) lokasi yang direncanakan. Kebutuhan dana dalam membangun 1 (satu) Rumah Sakit Pratama lebih Kurang Rp. 37.000.000.000,-

    EB

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Musrenbang 2019 Provinsi Riau, Pemkab Bengkalis sampaikan Empat Sektor Prioritas RKPD Tahun 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    3 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    6 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    7 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
    8 Hanya Karna Rupiah, Kepala Sekolah SMK 3 Lahewa Larang Siswi Ikut Ujian
    9 Polemik Pembangunan Jalan TOL di Riau Menggurita, Dana APBN Diduga Menjadi Dana Talangan
    10 Ketua DPRD Riau Sayangkan Dumai, Bengkalis, dan Meranti Tak Terapkan PSBB
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved