www.riaukontras.com
| Disdukcapil Pelalawan Buat Terobosan Baru dalam Melayani Masyarakat, Urus Dokumen, Satu Hari Jadi | | Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Kemenkumham Sebagai Kabupaten Cukup Peduli HAM | | Burhan Resmi Dilantik Sebagai Keuchik Gampong Pineung | | Gerakan Indonesia Bicara Baik, Ajakan Untuk Hijrah | | Cek Urine Personel Denkesyah IM 04.02 dan Rumkit Tk IV IM 07.02 Meulaboh | | Kodim 0116 Nara Terima Tim Penilai Lomba Binter
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 12 Desember 2018
 
Diduga Menyimpang
Lsm Gerak Minta Inspektorat dan Penegak Hukum Audit Sejumlah Kegiatan Fisik Desa Sungai Batang
Editor: | Rabu, 05-12-2018 - 23:37:05 WIB

TERKAIT:
 
  • Lsm Gerak Minta Inspektorat dan Penegak Hukum Audit Sejumlah Kegiatan Fisik Desa Sungai Batang
  •  

    BENGKALIS, RIAUKontraS.com - Untuk membuktikan ada tidaknya Mark Up/kecurangan terhadap Pelaksanaan sejumlah pembangunan Fisik yang dikelola oleh Kepala Desa Sungai Batang Kecamatan Bengkalis, bernisial FS yang kerjasama dengan Ketua TPK bernisial RZ,  bersumber dana APBN, ADD Tahun anggara 2018, yang diduga tidak sesuai standar  teknis.

    Diminta keseriusan pihak instansi terkait yakni Inspektorat dan penegak hukum agar segera mengauditnya, demikia yang disampaikan, Emos Gea  Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Rakyat Anti Korupsi Indonesia (DPD- LSM GERAK) Riau yang dihubungi melalui sambungan selulernya, Minggu  18-11-2018.

    Emos mengatakan, sebagaimana instruksi dari Bapak Presiden Joko Widodo, agar Dana Desa yang diturunkan pemerintah digunakan dengan baik dan tepat sasaran. Bahkan dalam acara pembukaan Rakornas pengawasan intern pemerintah di istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017) lalu, Bapak, Presiden  Jokowi sudah pernah berjanji berencana mengajak KPK turun ke desa mengecek sistem keuangan desa. Maka harapan kita kepada pihak instansi terkait dan penegak hukum di darerah ini benar-benar serius melaksanakan instruksi pak presiden tersebut, harapnya.

    Tem LSM Gerak Riau bersama awak media ini saat lakukan investigasi ditemukan pada proses Pembangunan Gedung Posyandu di Dusun I Desa Sungai Batang Kecamatan Bengkalis yang dibangun dengan Dana ABPDES (Dana Desa/APBN) T.A 2018, sebesar Rp.70.000.000,-  diduga tidak sesuai standarisasi (SNI).

    Pasalnya pemasangan batu-bata dengan cara seper empat, itupun dikerjakan asal jadi. Dan kualitas batu bata dinilai sangat diragukan kualitasnya, kita menduga pembangunan gedung posyandu yang berlokasi Jalan Utama Sungai Batang – Sekodi ini, telah terjadi penyimpangan atau pemborosan anggaran, ironisnya kalau kita perkirakan, dengan ukuran volume kurang lebih 3m x 4m, sangat tidak masuk akal dengan nilai anggaran sebesar Rp. 70.000.000, itu, kalau dihintung diduga biaya bangunan gedung posyandu tersebut tidak sampai Rp. 35.000.000, tambah Emos.

    Lanjutnya, kemudian, pembangunan galian/beko, perbatasan Desa Sungai Batang – Desa Kelemantan Barat bersumber Dana APBDes/ Dana Desa/APBN) T.A 2018, dengan Volume diperkirakan kurang lebih 2000 M, berdasarkan pantauan dilapangan, tidak ditemukan plang/papan nama kegiatan, hanya satu unit alat berat (Beko) yang terlihat dilapangan.
     
    Selanjutnya pembangunan parit jalan utama dengan volume panjang 1100 M x 1 M x 1 M, biaya sebesar Rp.42.000.000, bersumber Dana APBDES (Dana Desa/APBN) T.A 2018,  yang dikerjakan secara manual, berdasarkan hasil pantauan dilapangan hasil pelaksanaannya diduga tidak sesuai RAB/ asal jadi saja, disepanjang pembangunan parit tersebut terlihat banyak  akar kayu yang melitang diparit, Pembangunan Dwiker Lapangan Voly Bal, Volume 1 Unit dengan Nilai anggaran sebesar Rp.32.000.000, juta rupiah. APBDES (Dana Desa/APBN) Pelaksanaannya dilapangan diduga tidak sesuai perencaan awal, ungkap Emos.

    Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, bahwa sejumlah warga setempat setempat yang tidak mau disebut namanya kepada media ini, mengaku kecewa terhadap Oknum kepala Desa dan TPK yang kurang transpara dalam pelaksanaan dana Desa didaerah mereka,” Menurut pengakuan sejumlah masyarakat kepada media ini mengatakan, hampir semua kegiatan didesa ini hasil pelaksanaannya sangat mengecewakan, karena pelaksanaanya dikerjakan asal-asal saja, coba bapak-bapak lihat langsung suka-suka mereka saja tanpa memikirkan mutu dan kualitas pembangunan di desa ini, perti pembangunan Gedung Posyandu, kalau dihat dari volume kegiatannya dinilai tidak sesuai dengan Dana yang anggarkan, ini kan pemborosan dana.

    Lebih lanjut sejumlah sumber yang tidak disebut namanya ini mengatakan, warga disini sangat kecewa dengan kebijakan kepala desa dan TPK, karena mereka kurang terbuka kepada masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan didesa ini, contohnya pembangunan parit/galian beko perbatasan Desa sungai batang – desa kelemantan barat yang pelaksanaannya diduga dipaksa, seharusnya pekerjaan tersebut dilaksanakan secaya gotong royo oleh masyarakat, tetapi karena diduga karena ada kepentingan makanya tidak melibatkan masyakat.

    Ketika media ini mengkonfirmasikan, kepada Kepala Desa Sungai Batang ( FS) melaui sambungan seluler miliknya selasa (13/11/2018),  FS, mengatakan kegitan itu pak,” sudah di cek oleh sekcam, oleh PMPD, disiitu sudah ada perubahan bangunan itu, disitu ada pengembalian Dana, jumlahnyanya itu pendamping dan TPK lebih mengerti, kemudian kalau Galian itu, tidak menggunakan alat berat, sudah diklarifikasi di kecamatan, TPK yang mengerti itu, coba Tanya langsung sama TPKnya, jelas FS.

    Selanjutnya atas petunjuk dari FS, Rabu (14/11/2018), Media ini langsung mendatangi kantor Desa Sungai Batang, untuk melakukan konfirmasi kepada Ketua TPK dan Kepala Desa, namun sangat disayangkan satupun orang yang layak dikonfirmasi di kantor desa tersebut sangat sulit ditemui, bahkan sang kades dan TPK tidak ada ditempat, meskipun media sudah berkali-kali menghubungi FS, namun sayangnya tidak diangkat, sms tak di angkat.

    Sementara Sekcam Bengkalis, (RAFLI KURNIAWAN, S,IP. ketika dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya, Juma,at (17/11/2018), Kemaren memang kami  mengecek dilapangan atas instruksi dari pak camat karena setiap pekerjaan masing-masing desa kami harus turun, dan didampingi oleh korcam yang ada dikecamatan ini, ketika ditanya apakah benar ada perubahan dan juga pengembalian dana terhadap pembangunan yang diduga tdak sesuai standar, sebagaimana yang diungkapkan oleh kepala desa sungai batang, (FS) sebelumnya, sekcam membantah, itu belum dapat kami informasi seperti itu, kami croscek lagi nanti, tak ada masalah perubahan itu belum ada, yang jelas kami turun,” kami ferikasi kami buat berita acara nanti hasilnya kami sampaikan sama pak camat, kalau masalah  perubahan belum ada, baru dari bapak dapat informasi ini, nanti kami croscek lagi, kami tanya dia lagi, kalau ada laporan dari masyarakat, kami terima, janji Rafli Kurniawan.

    Hal yang sama dibenarkan oleh Kasi PMD, Hamzah, ketika dikonfirmasikan diruang kerja senin (17//11/2018), Kasi PMD (HAFZAN SYAFII SURATMAN, S,STP) menjelaskan kalau kami sudah turun untuk mengecek kelokasi, karena persyaratannya untuk  penyaruran tahap 3 itu, realisasi harus minimal 75 % tahap I, tahap II, otomatis kalau ada informat  PMK nya, berapa persen, berdasarkan itu kami turun kelapangan, kami ceklah apakah benar atau tidak laporan dia mencapai 100 % kami ukur,” kami tarik menter, kalau volumenya belum sesuai kita suruh tambah, ketika ditanya apa  benar ada perubahan pembangunan dan pengembalian dana sejumlah pembangunan fisik di desa sungai batang, HAFZAN membantah, kalau masalah perubahan itu. Belum tau, baru saya tau informasi itu dari bapak, atas informasi dari bapak, nanti kalau ada masalah kami proses, memang parit jalan Utama itu banyak  kayu-kayu, nanti kita proses berkasnya kita tahan, kalau misalnya dia lambat menyelesaikan, otomatis nanti resikonya berkasnya belum bisa kita ajukan, jelasnya.

    Demikian juga yang diungkapkan Camat Bengkalis (ADE SUWIRMAN.S,STP,MAP) yang berhasil dikonfirmasi di ruang kerjanya Senin (03-12-2018), terimakasih informasinya” nanti saya Tanya sama kepala desanya” memang kemaren kami turun melakukan monitoring, tapi kami turun bukan mengecek proyek,” kami turun memonitoring kesemua Desa untuk memastikan apakah betul-betul dilaksanakan, takutnya entah fiktif,” kalau masalah diduga ada tidaknya Mark Up, atau harganya tidak sesuai standar kabupaten,” saya tidak sampai kesana itu sudah kewenangannya Insvektorat,” makanya kami turun, kami tidak memeriksa, karena saya bukan Auditor,” untuk memeriksa itu adalah Auditor, tidak sembarangan orang. Informasi dari bapak ini, masukan bagi kami,” sama tujuan kita supaya kualitas bangunan di Desa itu bagus, jelas Camat.

    Kemudian ketika media ini,  ingin mengkonfirmasikan kepada pihak insvetorat Kabupaten Bengkalis, Senin (03-12-2018), sayangnya pihak pejabat yang membidangin masalah desa khususnya di kecamatan bengkalis, tidak berada dikantor, salah seorang petugas keamanan (satpam) kantor tersebut, bernisial (SR) mengatakan, yang membidangi Desa di Kecamatan Bengkalis, ERRY IBRAHIM, S.SOS, beliau lagi dinas luar ke pekan baru. (Tehe/Mukhtaruddin Nst)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Lsm Gerak Minta Inspektorat dan Penegak Hukum Audit Sejumlah Kegiatan Fisik Desa Sungai Batang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    5 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    6 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    7 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    8 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    9 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
    10 Wakil Bupati Minta Bupati Nias Barat Copot Kadis BPKPAD dan Kuasa BUD
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved