www.riaukontras.com
| Peringati HUT KE 70 Polairud Secara Virtual, Kapolri : Jadilah Polri Yang Membanggakan Institusi | | Cegah Radikalisme dan Separatisme, Kodim 0103 Aceh Utara Gelar Binkomsos | | Polres Dumai Kembali menggelar Penindakan terhadap aksi Balap liar | | Polisi Sergap Empat Penyalahguna Narkotika Jenis Pil Ekstasi di Pakiran Hiburan Malam | | Polsek Lima Puluh Tangkap 3 Kurir dan 1 Bandar Narkotika Pil Ekstasi dari Tempat Hiburan Malam | | DPRD Kota Tanjungpinang Sahkan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 01 Desember 2020
 
Bupati Inhil Dan Gubernur Riau Hadiri Peresmian 5 Desa Berlistrik Secara Virtual
Editor: Indra | Selasa, 27-10-2020 - 20:53:27 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Inhil Dan Gubernur Riau Hadiri Peresmian 5 Desa Berlistrik Secara Virtual
  •  

    Inhil, RIAUkontraS.com - PT PLN (Persero) meresmikan 5 (Lima) Desa Berlistrik di 2 (Dua) Kecamatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengungkapkan dengan peresmian 5 desa tersebut, rasio elektrifikasi Desa Berlistrik di Kabupaten Inhil mencapai 98,7 persen.

    Kehadiran Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan dalam peresmian Desa Berlistrik turut didampingi Manajer UPT3 Rengat, Erwin Gunawan, Selasa (27/10/2020).

    Listrik desa di 5 desa itu diresmikan berbarengan dengan 6 desa lainnya yang berada di wilayah Provinsi Riau. Peresmian yang berlangsung secara virtual tersebut dihadiri pula oleh Gubernur Riau, H Syamsuar, General Manager PLN dan Direktur PLN se-Kawasan Sumatera.

    5 desa berlistrik yang diresmikan, terdiri atas 1 desa dari Kecamatan Sungai Batang dan 4 desa lainnya dari Kecamatan Mandah. Kelima desa tersebut adalah, Desa Kuala Sungai Batang, Desa Batang Tumu, Desa Sepakat Jaya, Desa Bantaian dan Desa Bakau Aceh.

    Menurut Bupati Inhil, HM Wardan, peresmian sejumlah desa kala itu, merupakan bagian dari program Desa Berlistrik dan Riau Terang Bederang di Akhir Tahun 2020. Bupati mengungkapkan, target melalui program ini, salah satunya adalah rasio elektrifikasi Kabupaten Inhil mencapai angka 100 persen.

    "Ini tentunya memang satu hal yang ditunggu-tunggu dan diharapkan masyarakat kita, yakni aliran listrik. Alhamdulillah, sudah teraliri," kata Bupati usai video conferrence di Kantor Diskominfo Kabupaten Inhil, Tembilahan.

    Bupati mengungkapkan, aliran listrik yang masuk ke wilayah perdesaan, akan sangat bermanfaat dalam menunjang perekonomian, mulai dari mendorong industri rumah tangga hingga pengembangan produk turunan kelapa sebagai komoditas andalan daerah.

    "Disamping itu, di sektor pendidikan, program ini juga akan menunjang peningkatan sumber daya manusia, memudahkan anak-anak kita belajar dan memperlancar proses pembelajaran di satuan pendidikan. Susah kalau tidak ada listrik, masih pakai pelita," pungkas Bupati.

    Sampai saat ini, jumlah desa dan kelurahan berlistrik di Kabupaten Inhil adalah sebanyak 233 desa dari total 236 desa dan kelurahan se-Kabupaten Inhil. Terdapat 3 desa yang masih belum teraliri listrik, yaitu Desa Pelanduk, Kecamatan Mandah, Desa Soraya Mandiri, Kecamatan Mandah dan Desa Sakarotan, Kecamatan Teluk Belengkong.

    "Kita mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak PLN atas kinerja dan pencapaiannya untuk program ini. Insya Allah, 3 desa yang belum teraliri listrik akan diresmikan pada akhir tahun 2020 mendatang," ungkap Bupati seraya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Inhil dan masyarakat senantiasa mendukung PLN dalam pelaksanaan programnya.

    Sementara itu, Manajer UPT3 Rengat, Erwin Gunawan mengungkapkan, terima kasihnya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Inhil beserta segenap masyarakat dalam menyukseskan program Desa Berlistrik PT PLN (Persero).

    "Memang amanah pemerintah, untuk kawasan Indragiri Hilir, masih ada 3 desa lagi. 3 desa itu akan segera kita selesaikan secepatnya. Selambat-lambatnya di bulan Desember tahun 2020," tutur Erwin.

    Erwin mengatakan, pihak PLN masih memiliki 'pekerjaan rumah' untuk melistriki seluruh dusun se-Provinsi Riau, termasuk Kabupaten Inhil pada tahun 2021 mendatang.

    "Tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah beserta masyarakat, kami tidak akan mampu menyukseskan program tersebut. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih," pungkas Erwin.

    Dalam proses pemasangan listrik program Desa Berlistrik, diungkapkan Erwin, kondisi geografis Kabupaten Inhil menjadi tantangan tersendiri bagi pihak PLN. Medan yang sulit dan jauh untuk mencapai desa, dirasa cukup menghambat proses pemasangan listrik.

    "Kita tahu, wilayah kita Kabupaten Inhil ini terdiri dari perairan, sungai, hutan dan rawa. Ini yang membuat kita agak sedikit sulit mengakses desa -desa. Namun, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat tim kami untuk terus bekerja menerangi desa. Itu semua tak terlepas dari dukungan seluruh pihak. Sekali lagi Saya ucapkan terima kasih," tutup Erwin.

    Untuk diketahui, calon pelanggan dari 5 desa yang diresmikan di Kabupaten Inhil adalah sebanyak 1000 pelanggan dari 12 trafo. Dengan peresmian desa berlistrik kali ini, Rasio Elektrifikasi di Kabupaten Inhil seluruhnya meningkat hingga angka 94 persen.(Sandi)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Inhil Dan Gubernur Riau Hadiri Peresmian 5 Desa Berlistrik Secara Virtual
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved