www.riaukontras.com
| DR Feryyandi ST MT MM di tunjuk Sebagai Pimpinan Sementara DPRD Inhil | | Kisruh Buket Padang Terancam Ke Ranah Hukum, Ini Kata Keuchik Zainuddin | | Kapten Inf Tarmizi Mewakili Dandim 0314/Inhil Pimpin Pemadaman Karhutla di Kec.Tempuling | | Dinas Kesehatan Kab. Inhil Dirikan Posko Kesehatan Dampak Kabut Asap | | Serius Tangani Karhutla, Kadus Lemang Ucapkan Terimakasih Kepada TNI | | Lewat Telepon, Jokowi Minta Menteri, Panglima TNI,hingga Kapolri Selesaikan Masalah Karhutla di Riau
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 16 09 2019
 
Satgas PT Tasma Puja dan TNI Kodim 0302 Inhu Berjibaku Padamkan Api
Editor: | Sabtu, 03-08-2019 - 17:24:57 WIB

TERKAIT:
 
  • Satgas PT Tasma Puja dan TNI Kodim 0302 Inhu Berjibaku Padamkan Api
  •  

    INHU RIAUKontraS.com - Personil TNI Kodim 0302 Indragiri Hulu bersama satgas PT Tasma Puja berjibaku memadamkan api di halaman depan perumahan staf PT Tasma Puja,  pada Kamis (1/8/19) di Kecanatan Batang Cenaku. Kegiatan itu adalah simulasi untuk menghadapi Karhutla.

    Kobaran api itu mengeluarkan asap hitam pekat, Petugas keamanan bertegas melapor ke pos security dan membunyikan lonceng tanda terjadinya kebakaran. Atas laporan tersebut, tim langsung meluncur ke lokasi terjadinya kebakaran lahan di dalam kebun. Mereka datang dengan diangkut dua mobil pickup.

    Setibanya di lokasi kebakaran, petugas dengan sigap menurunkan peralatan pemadaman berupa pompa robin, selang air, dan nozel. Ada juga satu mesin pemadam kebakaran milik PT Tasma Puja yang diturunkan untuk melakukan pemadaman.

    Berkat kerjasama tim dan koordinasi tim yang baik, api dengan cepat dipadamkan sebelum membakar habis seluruh areal halaman. Proses itu merupakan rangkaian dari simulasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang digelar oleh Kodim 0302 Inhu dengan melibatkan Satgas kebun PT Tasma Puja yang dipimpin langsung oleh Kasdim 0302 Inhu, Mayot Inf S Nababan.

    "Simulasi yang kita gelar ini adalah untuk kesiapsiagaan kita dalam menghadapi musim kemarau yang rawan terjadi Karlahut," kata S Nababan.

    Ia menekankan bahwa selain menggelar simulasi, juga penting dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karlahut.

    " Apabila terjadi karlahut banyak yang dirugikan bukan hanya perusahaan, tapi juga masyarakat dan negara. Banyak anggaran yang dikeluarkan untuk melakukan pemadaman, mulai dari biaya menurunkan pasukan, beli bahan bakar untuk pemadaman, dan biaya modifikasi cuaca," katanya.

    Menurutnya, sejauh ini TNI di Kabupaten Inhu terus melakukan patroli sekaligus menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Hasilnya, angka titik hotspot di Kabupaten Inhu bisa ditekan. Namun sebagai bentuk antisipasi menghadapi kemarau panjang tahun ini yang diperkirakan sampai bulan Oktober 2019 mendatang, ia berharap perusahaan juga ikut memberikan sosialisasi kepada warga sekitar.

    Sementara itu, Wawan Humas PT Tasma Puja yang ikut menyaksikan simulasi pemadaman Karlahut mengatakan, bahwa pihaknya sudah memiliki personil dan sejumlah peralatan yang bisa digunakan untuk melakukan pemadaman.
     
    Ia menjelaskan saat simulasi itu, PT Tasma Puja melibatkan 21 orang anggota Satgas kebun, 15 anggota pemadam kebakaran perusahaan, dan 12 staf kebun dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

    "Kita juga memiliki sejumlah peralatan yang bisa digunakan untuk melakukan pemadaman, antara lain mesin damkar dengan kapasitas tangki sampai dua ribu liter, selang air, nozel, dan sejumlah pompa," katanya.

    Untuk menjamin ketersediaan air, di dalam areal perusahaan juga terdapat sembilan unit embung dengan luas rata-rata 24 meter persegi per unitnya. Sembilan embung itu berada di sejumlah lokasi, antara lain wilayah emplasment, sekitar PKS, dan wilayah afdeling. (dan)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Satgas PT Tasma Puja dan TNI Kodim 0302 Inhu Berjibaku Padamkan Api
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved