www.riaukontras.com
| PT. PKLE Didepak Dari Hutan Magrove, LSM LASKAR Minta PT. Perkola Jangan Galau dan Lebay | | Raih WTP BPK-RI 9 kali berturut-turut Bupati Mursini di Apresiasi oleh ketua DPRD KuansingĀ  | | Praktisi Hukum, Apul Sihombing SH MH, Penegakan Hukum dalam Kasus Karhutla Jangan Ada Tebang Pilih | | Polisi Lidik Pelaku Kembakaran Lahan Kecamatan Rangsang | | Ditpolair Polda Riau Selamatkan Kerugian Negara 4,9 Milyar | | Kunker Kapolres Bengkalis ke Pembibitan Kayu Gerunggang
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 08 Juli 2020
 
Satgas PT Tasma Puja dan TNI Kodim 0302 Inhu Berjibaku Padamkan Api
Editor: | Sabtu, 03-08-2019 - 17:24:57 WIB

TERKAIT:
 
  • Satgas PT Tasma Puja dan TNI Kodim 0302 Inhu Berjibaku Padamkan Api
  •  

    INHU RIAUKontraS.com - Personil TNI Kodim 0302 Indragiri Hulu bersama satgas PT Tasma Puja berjibaku memadamkan api di halaman depan perumahan staf PT Tasma Puja,  pada Kamis (1/8/19) di Kecanatan Batang Cenaku. Kegiatan itu adalah simulasi untuk menghadapi Karhutla.

    Kobaran api itu mengeluarkan asap hitam pekat, Petugas keamanan bertegas melapor ke pos security dan membunyikan lonceng tanda terjadinya kebakaran. Atas laporan tersebut, tim langsung meluncur ke lokasi terjadinya kebakaran lahan di dalam kebun. Mereka datang dengan diangkut dua mobil pickup.

    Setibanya di lokasi kebakaran, petugas dengan sigap menurunkan peralatan pemadaman berupa pompa robin, selang air, dan nozel. Ada juga satu mesin pemadam kebakaran milik PT Tasma Puja yang diturunkan untuk melakukan pemadaman.

    Berkat kerjasama tim dan koordinasi tim yang baik, api dengan cepat dipadamkan sebelum membakar habis seluruh areal halaman. Proses itu merupakan rangkaian dari simulasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang digelar oleh Kodim 0302 Inhu dengan melibatkan Satgas kebun PT Tasma Puja yang dipimpin langsung oleh Kasdim 0302 Inhu, Mayot Inf S Nababan.

    "Simulasi yang kita gelar ini adalah untuk kesiapsiagaan kita dalam menghadapi musim kemarau yang rawan terjadi Karlahut," kata S Nababan.

    Ia menekankan bahwa selain menggelar simulasi, juga penting dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karlahut.

    " Apabila terjadi karlahut banyak yang dirugikan bukan hanya perusahaan, tapi juga masyarakat dan negara. Banyak anggaran yang dikeluarkan untuk melakukan pemadaman, mulai dari biaya menurunkan pasukan, beli bahan bakar untuk pemadaman, dan biaya modifikasi cuaca," katanya.

    Menurutnya, sejauh ini TNI di Kabupaten Inhu terus melakukan patroli sekaligus menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Hasilnya, angka titik hotspot di Kabupaten Inhu bisa ditekan. Namun sebagai bentuk antisipasi menghadapi kemarau panjang tahun ini yang diperkirakan sampai bulan Oktober 2019 mendatang, ia berharap perusahaan juga ikut memberikan sosialisasi kepada warga sekitar.

    Sementara itu, Wawan Humas PT Tasma Puja yang ikut menyaksikan simulasi pemadaman Karlahut mengatakan, bahwa pihaknya sudah memiliki personil dan sejumlah peralatan yang bisa digunakan untuk melakukan pemadaman.
     
    Ia menjelaskan saat simulasi itu, PT Tasma Puja melibatkan 21 orang anggota Satgas kebun, 15 anggota pemadam kebakaran perusahaan, dan 12 staf kebun dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

    "Kita juga memiliki sejumlah peralatan yang bisa digunakan untuk melakukan pemadaman, antara lain mesin damkar dengan kapasitas tangki sampai dua ribu liter, selang air, nozel, dan sejumlah pompa," katanya.

    Untuk menjamin ketersediaan air, di dalam areal perusahaan juga terdapat sembilan unit embung dengan luas rata-rata 24 meter persegi per unitnya. Sembilan embung itu berada di sejumlah lokasi, antara lain wilayah emplasment, sekitar PKS, dan wilayah afdeling. (dan)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Satgas PT Tasma Puja dan TNI Kodim 0302 Inhu Berjibaku Padamkan Api
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved