www.riaukontras.com
| Usaha Jagal Sapi Potong Yang Tidak Memiliki Izin Dan Limbah Sapi Yang Mencemari Lingkungan | | Basaruddin: Masyarakat Diharapkan Senantiasa Menerapkan Disiplin Protokol Kesehatan | | Pengedar Jenis Sabu-Sabu Warga Sorek Satu Di Tangkap Polisi | | Usai Panen Jagung, Kapolda Riau Kembali Tanam Bibit di Kawasan Agrowisata RA Kopi Aren | | Ditresnarkoba Polda Riau Gulung Bandar dan 36 Kg Sabu, Berikut Oknum Berpangkat Kompol | | Polres Kuantan Singing Gelar Lat Pra OPS Zebra Lancang Kuning 2020
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 25 Oktober 2020
 
Laporkan Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan pangan, Penjabat Sekda Vicon Dengan Gubri
Editor: | Senin, 18-05-2020 - 20:50:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Laporkan Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan pangan, Penjabat Sekda Vicon Dengan Gubri
  •  

    SIAK, RIAUKontraS.com - Penjabat Sekretaris Daerah kabupaten Siak Jamaluddin, saat melakukan Video Conference High Level Meeting TPID (tim pengendali inflasi daerah) Provinsi Riau Tahun 2020 bersama Gubernur Riau Syamsuar, menjamin ketersediaan pangan dikabupaten Siak satu bulan kedepan aman.

    "Menghadapi lebaran 1441 Hijeriah yang jatuh pada hari minggu mendatang, Pemerintah menjamin ketersediaan beras satu bulan kedepan, saat ini kita memiliki stok beras sebanyak 1.182 ton. Oleh bebap itu harga beras di pasaran stabil dengan harga kisaran Rp 12,600/kilo,"kata Jamal saat melakukan Video Conference High Level Meeting TPID Provinsi Riau Tahun 2020 dengan Gubernur Riau, di Ruang Bandar Siak (Lt II Kantor Bupati), Senin, (18/05/2020).

    Lanjutnya, Di tengah Pendemi virus Corona Pemerintah diminta menjaga ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat, jelang Lebaran 1441 Hijeriah tahun 2020.

    "Sementara dikabupaten Siak untuk kebutuhan Pokok lain masih tersedia, hanya saja saat ini di Siak kekurangan stok bawang merah. Kekurangan itu mencapai  2,12 ton suplay bawang merah yang harus di penuhi, Akibatnya harga bawang merah mengalami kenaikan harga yang biasanya harga bawang Rp 35/kilo saat ini naik hingga Rp 55-60 ribu/kilonya,"ungkapnya.

    Selanjutnya, untuk menjamin ketersediaan pangan di kabupaten Siak, pemkab Siak mendorong para petani untuk menanam lebih awal. Demikian juga sekarang sudah musim hujan saat ini padi sudah tertanam seluas 4,037 H dengan perkiraan panen antara bulan Juli dan Agustus yang diperkirakan produksi nya mencapai 23,520 ton karena rata-rata perhektar panen padi mencapai 4-6 ton per hektar dengan dua kali musim tanam di Kabupaten Siak.

    "Saat ini padi kita sudah tertanam seluas 4037 Hektar, diperkirakan panen sekitar bulan Juli dan Agustus mendatang. Hamparan padi itu tersebar di tiga kecamatan, yaitu kecamatan Bungaraya, Sabag Auh dan Sungai Mandau,"terangnya.

    Sementara untuk tanaman lain seperti jagung, ubi dan kedelai, pemkab Siak  juga mendorong para petani selain menanam padi juga menanam pangan yang lain, karena kabupaten Siak belum bisa memenuhi beras dengan total produksi 23,520 ton hanya mampu memenuhi 60 persen dari total kebutuhan dalam daerah selama satu tahun.

    "Upaya kita memenuhi kebutuhan pangan, kita mendorong warga kita mengalih fungsikan lahan. Lahan sawit beralih menjadi lahan padi, saat ini yang sudah beralih fungsi seluas 2500 hektar. Di tambah pembukaan lahan baru yang akan kita fungsikan sebagai persawahan atau padi tadah hujan di daerah Teluk Lanus, seluas 250 hektar,"jelasnya.

    Sementara itu, dihadapan Gubernur Riau dan Sekda Riau Jamal juga menyampaikan tentang inflasi yang terjadi di kabupaten Siak. Untuk inflasi tahun 2019 di kabupaten Siak, pada bulan Maret rendah, sementara di bulan Juni naik. Selanjutnya untuk Devaluasi terjadi di bulan Desember. Untuk tahun 2020 inflasi terjadi di bulan Januari sebesar 2,40 persen hanya saja di bulan Februari turun menjadi 0,20, persen di bulan Maret 0,1 persen sementara di triwulan pertama angka inflasi di angka 0,78 persen.

    Dwi/Adv

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Laporkan Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan pangan, Penjabat Sekda Vicon Dengan Gubri
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved