www.riaukontras.com
| Kuasa Hukum Nasabah Bank Bukopin Pertanyakan Kepastian Pencairan Dana | | BOB PT BSP Pertamina Hulu Salurkan 100 Paket Sembako Kepada Pemkab Siak untuk Warga Terdampak Covid- | | Masa Pandemi Covid-19, Babinsa Koramil 03 Siak Imbau Warga Gunakan Masker | | Kabar Gembira, 6 Pasien Positif Covid-19 Inhil Sembuh | | Beri Bantuan Perlengkapan Bagi MPA, Bupati Inhil Apresiasi 2 Grup Perusahaan | | Plh Bupati Bengkalis Pastikan Kesiapan Perpustakaan Encik Nurlela Desa Balai Pungut
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 04 Juli 2020
 
Partiem Penderita Tumor, Terima BLT DD Diantar Langsung Oleh Camat Dayun Siak
Editor: | Selasa, 12-05-2020 - 22:52:09 WIB

TERKAIT:
 
  • Partiem Penderita Tumor, Terima BLT DD Diantar Langsung Oleh Camat Dayun Siak
  •  

    SIAK, RIAUKontraS.com - Partiem (55), warga Kampung Sialang Sakti Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak tak menyangka rumahnya didatangi Camat beserta Penghulu (Kepala Desa) yang bermaksud untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepadanya.

    Partiem merupakan keluarga pertama penerima BLT DD di Kabupaten Siak. Dari 11 kampung yang ada di Kecamatan Dayun, Kampung Sialang Sakti menjadi desa pertama penyaluran bantuan bagi keluarga terdampak Covid-19 tersebut.

    Partiem saat ini menderita sakit tumor di bagian wajah tepatnya di hidung sejak 9 tahun lalu. ia pun juga masuk salah satu kategori keluarga miskin yang terdata diantara 24 orang penerima BLT DD di Kampung Sialang Sakti.

    "Alhamdulillah, saya terima bantuan ini. Semoga cepatlah virus Corona ini pergi dari daerah kita," Kata Partiem di depan Camat dan Penghulu Kampung Sialang Sakti.

    Partiem mengaku selama ini belum ada bantuan yang ia terima selama pandemi wabah Covid ini. Dengan dan Rp600 ribu yang ia terima itu dapat meringankan beban kebutuhannya di rumah.

    Camat Dayun, Novendra Kasmara tampak mengantar langsung ke rumah-rumah warganya yang mendapat BLT DD tahap pertama ini.

    "Ini penyerahan perdana di Kabupaten Siak. Kita sudah minta petunjuk dari pak Bupati sebelum menyalurkannya. Pada dasarnya beliau setuju saja, dan polanya juga kita sampaikan," kata Camat Dayun Novendra Kasmara, Selasa (12/5/2020).

    Mengenai polanya kata Camat, sesuai dengan namanya yaitu bantuan langsung tunai. Alasan lainnya juga, mayoritas penerima BLT DK ini orang yang sudah tua dan susah sehingga akan sulit membuka buku rekening baru di bank.

    Setelah menyerahkan uang BLT DD untuk Partiem, Camat dan Penghulu melanjutkan penyerahan BLT DK kepada warga lainnya.

    Rumah selanjutnya juga masih berdinding papan. Wanita bernama Kastini (43) ini kesehariannya membuat kerajinan anyaman dari lidi pelepah sawit yang dikeringkan. Banyak lidi terjemur rapi di pekarangan rumahnya.

    "Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini. Saat sulit sekarang ini, kami memang butuh perhatian dari pemerintah. Alhamdulillah, kami dapat BLT dari dana kampung. Bahkan diantar langsung ke rumah," Kata Kastini.

    Tidak berhenti di rumah Kastini, Camat Novendra, Penghulu Sialang Sakti Iswanto Muhammad Alim lanjut mendatangi rumah warga lainnya yang sudah memasuki usia renta dan tinggal seorang diri di rumah yang dibangun warga secara swadaya yaitu Misnanti (75).

    Wanita tua bertubuh mungil itu tidak pasih berbahasa Indonesia. Sehingga saat diajak berbicara oleh Camat, ia menjawab dengan bahasa jawa tulen. Misnanti sangat dikenal akrab dengan warga setempat.

    "Keseharian ibu ini berjualan keliling, karena sekarang puasa dan Covid-19, dia jadi tidak berjualan lagi. Makanya kami Babinsa dan Babinkamtibmas mengusulkan namanya ke Penghulu untuk masuk dalam daftar penerima BLT," kata Babinsa setempat.

    Misnanti menceritakan kehidupannya kepada Camat Novendra. Bagaimana ia bisa hidup sendiri dari rumah yang dibangun oleh warga setempat. Beberapa orang anaknya sudah berkeluarga dan tinggal di Perawang dan Lubuk Dalam. Tapi karena kecintaannya dengan kampung itu, ia tidak ingin pindah ikut anak-anaknya.

    "Beberapa warga yang mendapat BLT DK tadi benar-benar tepat sasaran. Artinya penghulu benar-benar melakukan pendataan yang benar sesuai dengan kondisi warga. Ada yang sakit tumor sudah bertahun-tahun, ada yang janda, ada yang sudah tua hidup seorang diri dan buruh panen yang sudah tua," kata Mantan Camat Sungai Mandau ini.

    Dijelaskan Novendra, penerima BLT DD se Kecamatan Dayun itu ada 818 kepala keluarga. Diantaranya kampung Sialang Sakti 24 KK, Suka Mulya 39 KK, Banjar Seminai 39 KK, Teluk Merbau 60 KK, Merangkai 62 KK, Lubuk Tilan 108 KK, Brumbung Baru 54 KK, Pangkalan Makmur 94 KK, Buana Makmur 45 KK, Sawit Permai 102 KK dan Dayun 191 KK.

    "Semoga BLT ini dapat meringankan beban masyarakat Sialang Sakti dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," Kata dia. (Dwi/Adv)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Partiem Penderita Tumor, Terima BLT DD Diantar Langsung Oleh Camat Dayun Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    3 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved