www.riaukontras.com
| Wabup Harapkan Hubungan Baik Seluruh Forkopimda Inhil Tetap Terjalin | | Ombudsman Apresiasi Peningkatan Pelayanan Publik di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru | | Kapal Bermuatan Arang Dari Rupat Dibongkar Di Sungai Mesjid | | FORGAN Audiensi Kepada Diskominfo Dumai | | Wabup Inhil:Nuzulul Qur'an Momentum Meningkatkan Kesadaran Mengamalkan Ajaran Al Qur'an | | Ada Apa dengan DAK 2019 di Talang Muandau?, Proyek Jalan Tanpa Volume yang Jelas dan Salah Alamat
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 24 Mei 2019
 
Diduga Ada Kecurangan
Ganda Parulian, A.Md Caleg Nasdem Layangkan Somasi Kepada Panwaslu Kec. Tualang
Editor: | Kamis, 02-05-2019 - 09:47:12 WIB

TERKAIT:
 
  • Ganda Parulian, A.Md Caleg Nasdem Layangkan Somasi Kepada Panwaslu Kec. Tualang
  •  

    SIAK, RIAUKontraS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak beberapa waktu lalu sempat menunda pleno tingkat Kabupaten, yang semula dijadwalkan 30 April 2019. Hingga akhirnya, Kamis 02/05/2019 pleno baru bisa dilaksanakan di Gedung Mahratu Siak. Pantauan media, hingga saat ini masih berlangsung, dan akan dilanjutkan esok hari.

    Persaingan antarcaleg di daerah pemilihan untuk menduduki kursi parlemen, khususnya tingkat Kabupaten/Kota pasti sangat ketat. Dalam helatan pileg, dugaan mekanisme kecurangan berupa penggembosan dan penggelembungan suara, selalu dikhawatirkan terjadi.

    Praktik Pileg 2019 seperti ini mungkin saja terjadi di antara para calon anggota legislatif yang sedang bersaing dan bertarung untuk mendapatkan kursi di parlemen.

    Di Kabupaten Siak, jumlah Caleg secara keseluruhan dari 16 Parpol yang ada adalah sebanyak 528 orang. Terdiri dari 341 laki-laki dan 187 perempuan. Sementara, kursi DPR Siak yang tersedia untuk diperebutkan terbatas, hanya 40 kursi.

    Salah satunya adalah Ganda Parulian, A.Md. Ia maju dari Partai Nasdem, Dapil III Siak, daerah pemilihan Kecamatan Tualang. Menurutnya perolehan suara secara keseluruhan dari berkas C1 yang dimiliki sebesar 2.848 suara. Namun hasil Pleno Kecamatan Siak perolehan suara diduga olehnya berkurang, menjadi 2.720 suara.

    Akibatnya urutan kursi ke sepuluh untuk Dapil III di Kecamatan Siak, ditempati oleh partai lain dengan selisih 77 suara. Hal inilah yang dipermasalahkan oleh Ganda Parulian, A.MD.

    Penasehat Hukum/ Pengacara dari Ganda Parulian, A.Md, Jefferson Hutagalung SH sudah melayangkan surat Somasi kepada Ketua Panwaslu Kecamatan Tualang, nomor surat: 031/SOMIR/IV/2019, tertanggal 01 Mei 2019.

    Isi Surat Somasi tersebut memaparkan antara lain adalah, kejanggalan yang terjadi di TPS sampai pada pleno desa dan kecamatan. Ada kotak surat suara tidak tersegel. Amplop C1 hollogram tidak segel dan rusak. Tidak ada berita acara perombakan C1 hollogram dan telly hollogram. Tidak Sesuai uraian C1 asli dan foto copy. Ada temuan doc C1 asli disimpan di rumah KPPS sampai berhari-hari. Ada perubahan data suara sah dan tidak sah. Saksi pleno partai Nasdem melihat PPK Desa ada lakukan perubahan untuk merubah data isi telly hollogram dihadapkan para saksi partai politik. Permintaan untuk dibuka telly agar dicocokan tidak ditanggapi oleh Ketua PPK. Adanya tindakan pemberian C1 asli hollogram kepada saksi partai tertentu. Ada temuan C1 hollogram dan telly hollogram yang tidak ditandatangani oleh saksi parpol. Bahwa ketika C1 hollogram dan telly hollogram ditemukan tidak berkesesuian maka dilakukan penghitungan suara ulang dari kotak suara sebanyak lima buah, namun tidak ada satu pun yang berkesusaian antara C1 dan telly.

    Kemudian surat Somasi tersebut diakhiri dengan meminta agar segera Ketua Panwaslu Tualang segera menyelesaikan permasalahan ini. Surat Somasi ditandatangani langsung pengacara Ganda Parulian, Jefferson Hutagalung SH.

    Disamping itu, juga terlihat hari ini Ganda Parulian, A.Md secara langsung melaporkan kasus ini ke Bawaslu Siak, Kamis 02/05/2019.

    "Ya benar mas. Saya Caleg dari Partai Nasdem merasa dirugikan. Makanya kami secara resmi melakukan upaya hukum sesuai mekanisme yang ada. Hari ini kami melaporkan resmi kepada Bawaslu Siak", ujarnya kepada riaukontras.com, Kamis 02/05/2019.

    Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Tualang, Harlen, saat dikonfirmasi terkait masalah ini, mengatakan bahwa Somasi itu adalah hal biasa.

    "Saya pikir somasi tersebut hal yang biasa jika ada yang kalah. Apalagi somasi tsb merinci kesalahan-kesalahan saat pleno yang bukan merugikan perolehan suara cliennya. Kecurangan-kecurangan yg mereka rinci dalam somasi tsb tidak jelas siapa pelakunya, tdk jls TPS mana yg sudah tdk tersegel", ujarnya, Kamis 02/05/2019.

    Harlen juga menjelaskan, "Kalaupun itu jelas, seharusnya mereka harus membuat laporan resmi yg memenuhi syarat formal dan syarat materialnya. Artinya Siapa PELAKU, Kapan, TPS berapa, dll, seperti tertuang dalam Perbawaslu No. 7 Tahun 2017 ttg penaganan laporan dan temuan. Jadi besok akan kami jawab bang. Kita sudah siapkan jawaban atas somasi tsb", tutupnya.***

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Ganda Parulian, A.Md Caleg Nasdem Layangkan Somasi Kepada Panwaslu Kec. Tualang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    4 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved