www.riaukontras.com
| Luhut Binsar Pandjaitan Kunjungi di Techno Park Kab. Pelalawan Provinsi Riau | | DPRD Syafrizal.SE: Kalau Tidak Paham Aturan yang Mendidik, Bisa Koordinasi ke Dinas Pendidikan | | Ungkap Kasus Pencurian di PT China, Kapolsek dan 8 Personil Polsek Meral Dapat Piagam Penghargaan | | Panglima TNI Tegaskan Netralitas TNI Pada Pelaksanaan Pemilu 2019 | | Kodim 0703/Cilacap dan Jajaran Menandatangani Pakta Integritas Menuju WBK dan WBBM | | Kisah Pilu Kembali Melanda Andini, Muhammadiyah Riau Siap Membantu Sepenuh Hati
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 19 Januari 2019
 
Selisih Paham
Warga dan Kelompok Tani 'Mari Bersatu Jiwa' Dengan Investor Pengusaha Sawit, Lakukan Mediasi
Editor: | Kamis, 02-08-2018 - 20:39:44 WIB

TERKAIT:
 
  • Warga dan Kelompok Tani 'Mari Bersatu Jiwa' Dengan Investor Pengusaha Sawit, Lakukan Mediasi
  •  

    SIAK-DAYUN, RIAUKontraS.com - Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

    Jalan umum adalah jalan yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum. Sementara, jalan khusus adalah jalan yang dibangun oleh instasi, badan usaha, perseorangan, atau kelompok masyarakat/tani untuk kepentingan sendiri.

    Kamis 02/08/2018, akibat salah paham terkait fungsi jalan tersebut, salah seorang warga Desa Dayun Kec. Dayun, Sudirman (55th) dengan salah seorang warga lainnya bersitegang.

    Jalan tersebut, selain dilalui oleh warga setempat, juga dilalui pihak lain. Bahkan jalan itu bagi kelompok tani MARI BERSATU JIWA yang dipimpin oleh Ketua Slamat Pahpahan, Sekretaris Suharno, Bendahara Samsudirman dan Ketua Badan Pengawas Armen Simanihuruk, merupakan akses jalan yang sangat vital bagi anggota kelompak tani-nya.

    Kelompok tani 'MARI BERSATU JIWA' juga telah mempunyai legal standing yang mumpuni. Telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI nomor AHU-0007729.AH.01.07.TAHUN 2018 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Kelompok Tani Mari Bersatu Jiwa. Berkedudukan di Kabupaten Siak. Sesuai Akta Notaris nomor 01 Tanggal 04 Juni 2018 oleh Massudin SH.

    Kamis 02/08/2018, salah seorang pengurus kelompok tani, Samsudirman, sampaikan, "Status jalan dahulunya punya caltex. Sudah sangat lama tidak dipakai. Masyarakat yang merawat jalan, diperbaiki, gotong royong bersama warga, juga kelompok tani, untuk bisa dipergunakan lagi. Kami ingin jalan itu agar pihak yang menggunakan turut serta memperbaiki bersama-sama", ujarnya.

    Dikarenakan ada selisih paham beberapa hari lalu, bahkan sempat salah seorang dituduh merusak sebatang bibit sawit, persoalan ini akhirnya dimediasi oleh pihak kepolisian dari Polsek Siak.

    Dalam mediasi di kantor Polsek Siak, pihak pengusaha, Indra, katakan, "Material untuk memperbaiki jalan sudah dipesan. Namun material belum datang. Karena musim hujan waktu itu. Ini hanya kendala tekhnis. Jangan miskomonikasi", tuturnya.

    Juga, dalam mediasi, Babhinkamtibmas Dayun, Nainggolan. Ingin, memastikan masuk laporan pidana atau tidak.

    "Pelaporan secara resmi kepada pihak kepolisisn dalam hal ini di Polsek Siak, belum bisa. Jika disebut pengrusakan, tidak/belum memenuhi unsur. Pidana adalah fakta, tidak melalui katanya. Pidana ada ketentuan yang harus dipenuhi", ujar Kanitres Polsek Siak dalam mediasi.

    Mediasi berakhir ketika sudah bisa diambil kesepakatan dari kedua belah pihak. Bahwa, terkait masalah jalan, akan dikoordinasikan dan konsolodasi dengan pihak upika desa, untuk melakukan musyawarah. Duduk bersama guna membahas perawatan dan perbaikan jalan, agar bisa dicapai win-win solusion. Semua saling diuntungkan.***dwi

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Warga dan Kelompok Tani 'Mari Bersatu Jiwa' Dengan Investor Pengusaha Sawit, Lakukan Mediasi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    6 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    7 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    8 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved