www.riaukontras.com
| Terkait Pungutan di SMKN 2 Pekanbaru, Emos Gea Ketua DPD LSM GERAK-Indonesia Angkat Bicara | | Grend Dragon Pub & Ktv Diduga Tidak Bayar Pajak, Daniel Minta Walikota Lakukan Penutupan | | Pejabat BNN Adu Mulut dengan Kasatpol PP Pekanbaru di Tempat Dugem | | 3 Orang Oknum Pegawai DISHUB Kota Pekanbaru Diduga Koroyok Wartawan Saat Lakukan Konfirmasi | | Nurmiaty Ingatkan Pentingnya Bacakan Buku Bagi Anak | | Meskipun tidak Digaji,Saya Siap Bekerja Demi Mensejaterahkan Masyarakat Indonesia
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 25 08 2019
 
Wabup H.Zardewan Resmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan di Ukui
Editor: | Sabtu, 27-04-2019 - 11:16:12 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup H.Zardewan Resmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan di Ukui
  •  

    PELALAWAN, RIAUKontraS.Com – Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan meresmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (Sustainable Palm Oil Initiative/SPOI) di Ukui, Pelalawan, Riau. Rabu (24/04).

    Program tersebut merupakan hasil kerja sama antara Tanoto Foundation, Asian Agri, dan United Nations Development Programme (UNDP) dalam membantu petani plasma dan swadaya untuk dapat mengelola kebun kelapa sawit secara berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup, serta mendorong mereka untuk mendapatkan Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Indonesian Sustainable Palm Oil/ISPO).

    “Saya menyambut baik pusat unggulan yang memberikan dukungan terhadap petani dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan terbantunya petani plasma dan swadaya kelapa sawit dalam mengelola kebunnya, produktivitas mereka tentu semakin meningkat, dan ini berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pelalawan,” Jelas Wabup H.Zardewan

    Mantan Sekda Kabupaten Pelalawan ini juga mengharapkan kepada para petani kelapa sawit untuk dapat memanfaatkan Centre Of Excellence sebagai wadah pengembangan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, mulai dari penentuan bibit yang baik, penanaman, dan pemupukan sampai pemetikan hasilnya. Jadi petani yang ada di kabupaten pelalawan khususnya dapat datang ketempat ini secara kelompok guna mendapatkan informasi bagaimana cara pengelolaan kelapa sawit berkelanjutan serta proses sertifikasinya. Dan jangan sampai setelah di dirikan dan di resmikan tempat ini tidak dimanfaatkan dengan baik karena jika pengelolanya baik maka hasilnya juga akan baik.

    Sementara itu juga Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan yang telah berjalan sejak 2017 merupakan wadah informasi dan pelatihan terkait pengelolaan kebun kelapa sawit berkelanjutan meliputi penyediaan informasi dan pelatihan teknis budidaya, serta pengenalan sistem sertifikasi ISPO. Program ini berlokasi di Kecamatan Ukui, yaitu di wilayah kerja PT. Inti Indosawit Subur (Asian Agri Group) dengan membina petani yang tergabung dalam KUD Bukit Potalo dan Asosiasi Amanah.

    “Kolaborasi melalui Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan ini merupakan kemitraan strategis para pemangku kepentingan kelapa sawit di Indonesia. Kami memiliki tujuan yang sejalan, yakni nemastikan pengelolaan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia, sekaligus meningkatkan kehidupan petani dari sisi ekonomi, sosial budaya, dan kualitas lingkungan hidup. Dengan demikian, bersama dengan mitra petani, kita akan meningkatkan daya saing kelapa sawit Indonesia,” kata Maria Sidabutar.

    Kepala Komunikasi Perusahaan Asian Agri Tanoto Foundation mendukung perbaikan taraf hidup petani kelapa sawit karena sejalan dengan keyakinan pendirinya Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Dukungan ini juga merefleksikan komitmen Tanoto Foundation dalam meningkatkan sumber daya manusia dan menanggulangi kemiskinan di Indonesia, selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS).

    “Pendidikan berkualitas merupakan salah satu faktor kunci dalam menanggulangi kemiskinan, karena kami percaya bahwa pendidikan berkualitas mempercepat munculnya kesetaraan peluang. Pusat Unggulan ini merupakan wadah pembelajaran bagi petani kelapa sawit sehingga mereka bisa saling belajar dan mereplikasi praktik-praktik keberlanjutan yang telah diraih petani lain yang sudah sukses,” kata CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo.

     Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga mengucapkan Apresiasi dan selamat atas diperolehnya sertifikat ISPO yang diraih oleh Asosiasi Swadaya Amanah pada bulan April 2017 dan KUD Bukit Petalo Desa Ukui Dua pada Bulan Desember Tahun 2018.(rls/Dav)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Wabup H.Zardewan Resmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan di Ukui
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved