www.riaukontras.com
| Fauzar Resmi Gantikan Said Syarifuddin Sebagai Penjabat Sekda Inhil | | Pesan Sabu Dari Malaysia, 3 Pengedar Diringkus Anggota Satpol Air Polres Inhil | | Pendemi Covid-19 Tidak Menghalangi Petani, Bupati Siak dan Petani Semangka Panen Raya | | Diduga Sok Tau Tugas Pers, Kasi Pemerintahan Desa Simpang Petai Olok Wartawan | | Lapas Kelas IIB Langsa Gelar Apel Zona Integritas WBK-WBBM | | DK2P Laksanakan Pendataan Sanggar dan Komunitas Seni Se-Kota Padangsidimpuan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 04 08 2020
 
Orang Dekat Amril Mukminin, Iwan Sakai, Terima 300 Juta Dari Tajul Mudaris
Editor: | Jumat, 17-07-2020 - 20:02:52 WIB

TERKAIT:
 
  • Orang Dekat Amril Mukminin, Iwan Sakai, Terima 300 Juta Dari Tajul Mudaris
  •  

    Pekanbaru, RIAUkontraS.com - Sidang dugaan suap proyek multiyears pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning dengan terdakwa mantan Bupati Bengkalis Amril Mukminin kembali digelar Kamis (16/7/20) di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

    Tim jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan lima orang saksi. Diantaranya, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PUPR Bengkalis Ardiansyah selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek saat itu,  Tajul Mudarris selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di kantor Dinas PUPR Bengkalis, Sandhi M Sidiq, Arifin Aziz dan Jainuri yang merupakan karyawan PT Citra Gading Astritama (CGA) kontraktor proyek.

    Dihadapan majelis hakim yang dipimpin Lilin Herlina SH MH, dibantu dua anggota hakim Sarudi SH dan Poster Sitorus SH MH, saksi Tajul Mudarris mengungkapkan pernah memberikan sejumlah uang kepada Amril Mukminin dan 'orang dekat' Amril bernama Iwan Sakai.

    Tajul mengakui memberikan uang ke terdakwa Amril yang saat itu menjabat sebagai Bupati Bengkalis sebanyak Rp150 juta. Uang itu merupakan fee yang diterima Tajul dari Trianto yang merupakan pihak PT CGA.

    "Kalau untuk Pak Bupati (Amril-red) saya berikan dua tahap. Tahap pertama Rp100 juta dan yang kedua Rp50 juta,"jelas Tajul.

    Menurut Tajul, uang itu diserahkannya sebelum lebaran tahun 2017 dan akhir tahun 2017."Uang itu saya serahkan langsung ke Pak Bupati di rumahnya di Jalan Siak di Pekanbaru untuk bantuan lebaran,"ungkapnya.

    Sementara uang untuk orang dekat Amril Mukminin bernama Iwan Sakai, Tarjul menyerahkan sebanyak Rp300 juta. Uang itu juga diberikannya dalam dua tahap di Kota Pekanbaru.

    "Yang pertama Rp100 juta saya serahkan kepada Iwan di Hotel Grand Elite. Kemudian yang kedua, saya serahkan di Kedai Kopi Laris Jalan Karet sebesar Rp200 juta,"paparnya.

    Tarjul menyebutkan, uang itu diberikannya kepada Iwan, karena setelah mendapat persetujuan terdakwa Amril. Namun belakangan kata Tarjul, Amril mengaku tidak pernah menyuruh Iwan meminta uang kepada Tarjul.

    Fasilitas lainnya yang diterima Tarjul saat menjadi PPTK proyek jalan itu dari PT CGA adalah, saat acara resepsi pernikahan anaknya di Kota Surabaya. Saat itu, PT CGA memberikan lima kamar di Hotel Tunjungan Plaza (TP).

    "Kamar itu untuk rombongan pak Bupati (Amril-red) atas permintaan protokol. Kemudian untuk keluarga saya,"ulasnya.

    Kepada hakim, Tajul mengakui semua pemberian PT CGA itu ada hubungannya dengan jabatannya sebagai PPTK proyek jalan Duri-Sei Pakning. Awalnya, Tajul sempat mengelak dari hakim. Namun begitu diingatkan untuk jujur di persidangan, akhirnya Tajul 'membongkar' semuanya kepada hakim.

    Dakwaan JPU menyebutkan, terdakwa Amril menerima uang gratifikasi atau suap terkait sejumlah proyek di Bengkalis. Diantaranya, sekitar Rp2,5 miliar dari PT CGA sebelum menjabat sebagai Bupati Bengkalis. Uang itu disinyalir untuk pelicin anggaran proyek peningkatan jalan Duri-Sei Pakning multiyears tahun 2017-2019.

    Selain itu, Amril kemudian kembali menerima dari PT CGA senilai Rp3,1 miliar saat telah menjabat sebagai Bupati Bengkalis. Uang tersebut diberikan sekitar Juni dan Juli 2017. Totalnya, Amril Mukminin diduga telah menerima Rp5,6 miliar.

    Proyek pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning sendiri merupakan bagian dari enam paket pekerjaan jalan di Kabupaten Bengkalis tahun 2013-2015. Dalam perjalanannya, proyek pembangunan jalan itu sempat dimenangkan oleh PT CGA.

    Akan tetapi, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis saat itu dibatalkan, karena PT CGA diisukan masuk dalam daftar hitam Bank Dunia. PT CGA lantas menempuh jalur hukum ke Mahkamah Agung (MA) dan gugatan itu dikabulkan. Artinya, PT CGA kembali berhak melanjutkan proyek tersebut.

    JPU KPK menjerat Amril dengan Pasal 12 huruf a UU Tipikor Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP. Kemudian, Pasal 11 UU Tipikor juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP dan Kedua Pasal 12 B ayat (1) UU Tipikor juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.nor


    Rilis : Indra

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Orang Dekat Amril Mukminin, Iwan Sakai, Terima 300 Juta Dari Tajul Mudaris
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    6 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved