www.riaukontras.com
| Kuasa Hukum Nasabah Bank Bukopin Pertanyakan Kepastian Pencairan Dana | | BOB PT BSP Pertamina Hulu Salurkan 100 Paket Sembako Kepada Pemkab Siak untuk Warga Terdampak Covid- | | Masa Pandemi Covid-19, Babinsa Koramil 03 Siak Imbau Warga Gunakan Masker | | Kabar Gembira, 6 Pasien Positif Covid-19 Inhil Sembuh | | Beri Bantuan Perlengkapan Bagi MPA, Bupati Inhil Apresiasi 2 Grup Perusahaan | | Plh Bupati Bengkalis Pastikan Kesiapan Perpustakaan Encik Nurlela Desa Balai Pungut
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 04 Juli 2020
 
KUKERTA UNRI TAHUN 2020– LPPM UNIVERSITAS RIAU
Mahasiswa KUKERTA UNRI Bersama LPPM UNRI Berikan Edukasi Online hingga Jaga Posko Relawan COVID-19
Editor: | Jumat, 08-05-2020 - 10:05:13 WIB

TERKAIT:
 
  • Mahasiswa KUKERTA UNRI Bersama LPPM UNRI Berikan Edukasi Online hingga Jaga Posko Relawan COVID-19
  •  

    PEKANBARU, RIAUKontraS.com - Pandemi COVID-19 yang telah mewabah di seluruh negeri sejak awal tahun 2020 tidak menyurutkan semangat Universitas Riau untuk mendorong mahasiswanya berkarya di masa sulit ini.

    Mahasiswa diberikan kesempatan berpartisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) berbasis relawan COVID-19 sebagai pengganti model Kukerta biasa.

    Mahasiswa Universitas Riau yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) membentuk tim relawan untuk atasi pencegahan wabah COVID-19. KUKERTA berbasis relawan COVID-19 ini dinaungi oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Riau dan Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa saat menjalankan KUKERTA berbasis relawan COVID-19 ini berupa edukasi mengenai COVID-19 melalui virtual community, membuat media edukasi berupa poster digital dan video edukatif serta menjaga posko relawan COVID-19.

    Sabrina Ifza Cahyani bersama 2 anggota lainnya yaitu Virginia Takiyyah Wardhana dan Gebrina Reski yang tergabung dalam satu tim relawan yang bernama Corona Team telah melakukan berbagai macam kegiatan secara virtual untuk memberikan edukasi kepada remaja siswa SMA tentang pencegahan COVID-19. Tujuan tim relawan ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada remaja siswa SMA mengenai pencegahan COVID-19 yang notabene banyak yang belum paham dan belum menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka diharapkan remaja siswa SMA yang tergabung dalam virtual community tersebut dapat lebih memahami tentang pencegahan COVID-19 dan menjadi perantara bagi tim relawan untuk menyebarkan informasi-informasi yang valid dan anjuran-anjuran mengenai COVID-19 kepada orang terdekatnya.

    Edukasi diberikan via grup chat WhatsApp kepada komunitas remaja siswa SMA secara bergantian oleh tiap anggota tim relawan berupa teks materi dan gambar poster. Materi yang disampaikan diantaranya mengenai Pandemi COVID-19 berupa Pengertian Corona Virus, Gejala yang ditimbulkan COVID-19, Penyebaran COVID-19, dan juga Pencegahan COVID-19.

    Disampaikan juga berbagai cara pencegahannya berupa Etika Batuk dan Bersin, Cara Memasang dan Melepaskan Masker yang Benar dan Cara Membuat Masker Kain Standar CDC. Setiap penyampaian materi diskusi hanya membahas satu topik.

    Media edukasi lain yang digunakan diantaranya e-poster mengenai Etika Batuk dan Bersin, Cara Memasang dan Melepaskan Masker yang Benar serta Cara Membuat Masker Kain Standar CDC yang dipublikasikan ke media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Line.

    Video edukasi juga telah dipublikasi di berbagai media sosial termasuk YouTube yang membahas pencegahan COVID-19 berupa Etika Batuk dan Bersin, Cara Memasang dan Melepaskan Masker yang Benar serta Cara Membuat Masker Kain Standar CDC dalam channel YouTube Relawan Corona Team.

    Materi Pencegahan COVID-19  mengenai Etika Batuk dan Bersin, Cara Memasang dan Melepaskan Masker yang Benar serta Cara Membuat Masker Kain Standar CDC juga dipublikasikan dalam blog coronateam.blogspot.com.

    Tidak hanya secara online atau virtual, ada juga kegiatan lainnya yang tidak dilaksanakan secara online yaitu menjaga posko relawan COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Riau pada tanggal 2 Mei 2020. Posko relawan tersebut menerima donasi dari berbagai pihak berupa APD (Alat Pelindung Diri) dan lainnya untuk membantu tenaga medis yang menjalankan tugas menghadapi COVID-19 di Rumah Sakit yang ada di Pekanbaru, Riau.

    Kegiatan tim relawan Corona Team tentunya tidak akan terlaksana dengan baik salah satunya tanpa bimbingan Instruktur dari FK UNRI yaitu dr. Ariza Julia Paulina dan Dosen Pembimbing Lapangan dari LPPM UNRI yaitu Dahlan Tampubolon, S.E., M. Si, PhD. Semoga dengan terbentuknya tim relawan ini, bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang COVID-19 dan mengurangi rantai penularannya.

    Rls

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Mahasiswa KUKERTA UNRI Bersama LPPM UNRI Berikan Edukasi Online hingga Jaga Posko Relawan COVID-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    3 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved