www.riaukontras.com
| Mahasiswa UIR Aksi Tolak Omnibus Law RUU Cilaka | | Kapolda Sumbar Perintahkan Penyidik Ungkap Cepat Dugaan Pembunuhan Alm KVC | | Gelar Kegiatan Pisah Sambut Kapolres Inhil, IWO Berikan Plakat dan Piagam Penghargaan | | Baru Bertugas, AKBP Dian Setyawan Melaksanakan Sholat Jum'at di Masjid Al-Huda | | Tinggalkan Kasmarni, Parpol Mulai Bersikap Realitis | | Kapolres Kuansing taja FGD Terkait PETI
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 15 08 2020
 
Kunjungan Wisatawan ke Festival Bakar Tongkang 2019, Meningkat Hingga 76 ribu Pengujung
Editor: | Kamis, 04-07-2019 - 14:08:48 WIB

TERKAIT:
 
  • Kunjungan Wisatawan ke Festival Bakar Tongkang 2019, Meningkat Hingga 76 ribu Pengujung
  •  

    PEKANBARU, RIAUKontraS.com - Festival Bakar Tongkang di kota Bagansiapiapi, kabupaten Rokan Hilir Riau tahun 2019 meningkat pengujungnya, diperkirakan pengujung dari wisatawan meningkat dari tahun sebelummya sekitar 76 Ribu Pengunjung, Rabu, (19/6/2019).

    Buat Kota Bagansiapiapi, ritual Bakar Tongkang mempunyai arti yang luar biasa dan tiap tahun diadakan. Meski hanya ritual sederhana, keberadaannya selalu menyedot ribuan wisatawan datang menyaksikanya.

    Proses ritual bakar tongkang dilaksanakan, Rabu (19/6), mulai pukul 15.00 WIB hingga Petang. Biaya untuk pelaksanaan Bakar Tongkan mancapai Rp 500 hingga Rp 600 juta. Jumlah ini hanya untuk pembiayaan ritual saja, seperti membeli peralatan replika tongkang, peralatan sembahyang dan lain sebagainya.

    Ritual bakar tongkang dimulai dari klenteng Ing Hok Kiong, yang merupakan klenteng tertua di kota Bagansiapiapi.  Dari kelenteng tersebut para peserta Bakar Tongkang bergotong royong, bahu membahu secara bergantian mengeluarkan replika tongkang yang sudah disiapkan sejak beberapa bulan lalu.

    Replika tongkang itu digotong secara bergantian, diikuti oleh peserta ritual dan pengunjung yang hadir. Melintasi jalan yang menjadi rute arak-arakan bakar tongkang.  Dimulai dari jalan Kelenteng selanjutnya melewati jalan perniagaan hingga sampai di lokasi ritual bakar tongkang dilaksanakan. Pada tahun 2019, Festival Bakar Tongkang dengan ditutup tiang tongkang jatuh ke arah laut.

    Bupati Rokan Hilir, Suyatno dalam sambutanya mengatakan, berdasarkan informasi yang saya terima, hampir 76.000 pengunjung hadir di Festival Bakar Tongkang 2019. Tahun depan semoga bisa meningkat mencapai 100.000 wisatawan yang datang," jelasnya.

    Dikatakan Bupati, Festival Bakar Tongkang adalah event pariwisata nasional. Festival ini telah masuk dalam 10 besar 100 Calendar of Events Pariwisata 2019.

    Diakhir sambutanya bupati Rokan Hilir mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau bapak Syamsuar dan bapak menteri Pariwisata, Arief Yahya. Semoga bisa selalu memberikan dukungannya kepada kabupaten Rokan Hilir, ujarnya.

    Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal, ST., M.Si mengatakan kepada wartawan, kunjungan wisatawan ke festival Bakar Tongkang tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya sekitar 76ribu wisatawan, Jelasnya.

    Dikatakan Fahmizal, dukungan yang akan kita lakukan adalah melakukan mempromosikan melalui strategi marketing Branding Advertising Saling (BAS) pada Produk-produk pariwisata seperti alam, budaya dan buatan yang ada di setiap destinasi dan event prioritas, Ungkapnya.

    Ditambahkanya, kita akan meningkatkan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang ada di Riau, dalam hal ini, untuk mengembangkan aksesibilitas ke destinasi wisata dan meningkatkan amenitas sarana dan prasarana pariwisata yang ada di provinsi Riau, tutup Fahmizal.

    Emos*

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Kunjungan Wisatawan ke Festival Bakar Tongkang 2019, Meningkat Hingga 76 ribu Pengujung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    6 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved