www.riaukontras.com
| Diduga Lakukan Pembakaran Lahan Pria 60 Tahun Diamankan Polisi | | Dandim 0314/Inhil Ikuti Sertijab Bersama 3 Dandim Lainnya | | Anggota DPRD Siak Periode 2019-2024 Resmi Dilantik | | Zulkifli, Ditetapkan Jabat Ketua Sementara DPRD Siak | | PT. Asabri Lhokseumawe Sosialisasi Program Bagi Prajurit Kodim 0104 Aceh Timur | | Dandim 0104 Aceh Timur Sivis Pacem Para Bellum
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 19 09 2019
 
PT Anugerah Karya Aslindo Kangkangi Putusan MA, LSM Penjara Indonesia Segera Ajukan Eksekusi
Editor: | Sabtu, 25-05-2019 - 07:36:27 WIB

TERKAIT:
 
  • PT Anugerah Karya Aslindo Kangkangi Putusan MA, LSM Penjara Indonesia Segera Ajukan Eksekusi
  •  

    PEKANBARU, RIAUKontraS.com - Empat tahun bergulir perkara pemutusan sepihak tentang ketenagakerjaan yang dialami seorang karyawan bernama, Sumarihon Siagian (26), seakan tidak berarti bagi salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Industri Spring Bed merk Kanguru.

    Bermula dari pagi hari dengan alasan yang tidak jelas, petugas Sekurity/Satpam perusahaan melakukan penggeledahan dompet seorang pekerja  (karyawan) yang kala itu akan melewati pos penjagaan Security.

    Kebetulan saat itu pekerja (karyawan) menyelipkan satu batang rokok didompetnya yang ditemukan oleh Satpam yang sudah lupa namanya karena sudah terlalu lama.

    Satpam langsung melaporkan kejadian itu kepada personalia yakni bernama Yeska yang menurut informasi saat ini, Yeska tersebut sudah bukan lagi sebagai personalia pada perusahaan tersebut entah kemana kabur.

    Berdasarkan laporan Satpamnya saat itu, Yeska (Personalia) langsung memanggil karyawan (Korban) yang kedapatan membawa satu batang rokok dalam dompetnya, dan saat pemanggilan itu pula sang personalia menyodorkan selembar surat untuk ditandatangani sebagai bukti pengunduran diri pekerja alias di pecat.

    Dengan rasa bingung dan sedih, Sumarihon Siagian korban (karyawan-red), menemui Daniel Gultom selaku ketua LSM PENJARA INDONESIA Kabupaten Kampar, beralamat kantor di Perumahan Puri Tanah Merah yang tidak begitu jauh jarak dari perusahaan.

    Dengan menerima keluh kesah panjang lebar,karyawan (korban) serta menyerahkan masalah yang dialaminya, dengan rendah hati membuat surat kuasa khusus pertanda kasus ini akan ditangani oleh aktivis dari LSM Penjara Indonesia Kabupaten Kampar.

    Tahap demi tahap dengan berbagai rintangan dari perusahaan yang luar biasa kaku, yang membenturkan anggota TNI terhadap TIM LSM, akhirnya pada tahun 2016 silam, Karyawan (korban-red) melalui LSM Penjara Indonesia menghasilkan putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Pekanbaru yang memutuskan, agar pihak PT. Anugerah Karya Aslindo membayar hak-hak karyawan yang diberhentikan secara sepihak tersebut, berdasarkan putusan Pengadilan, awal tahun 2018.

    Atas hasil putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru tersebut, pihak perusahaan bersikeras tak mematuhi perintah putusan PN Pekanbaru, sehingga Kasasi pada tingkat Mahkamah Agung Republik Indonesia. Namun keadilan tetap berpihak kepada yang lemah yaitu kepada karyawan, dengan putusan Mahkamah Agung RI memerintahkan supaya perusahaan membayar hak pekerja yang telah dipecat secara sepihak pada tahun 2016 silam.

    Ternyata perusahaan, masih berbelit dengan beberapa alasan," Nanti akan Kami diskusikan dulu lagi pak" kata perusahaan melalui Mariani.

    Ketua LSM Penjara Indonesia, DL Gultom kepada Wartawan mengaku "heran saya, baru kali ini perusahaan besar yang selalu produksi setiap hari itu, tidak menghargai Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru. Bahkan putusan MA Republik Indonesia pun tidak dihiraukan dan tidak dipatuhi. Namun kita tetap mengajukan permohonan eksekusi pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, supaya ada eksekusi terhadap perusahaan tersebut", ujar DL Gultom.

    Hingga berita ini naik, belum ada tanda-tanda niat baik perusahaan untuk menyelesaikan pembayaran hak karyawan (korban) sesuai yang dihasilkan putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia. ***(Tim)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • PT Anugerah Karya Aslindo Kangkangi Putusan MA, LSM Penjara Indonesia Segera Ajukan Eksekusi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved