www.riaukontras.com
| BPN Inhu Serahkan 15.189 Persil Sertifikat PTSL | | Tujuh Tahanan Kejari Pelalawan Kabur, Satu diantaranya Kembali Tertangkap | | Majelis Hakim Tolak Eksepsi Penasehat Hukum Aheng Dalam Kasus Dugaan Penipuan 1,6 Miliar | | Pemkab Inhil Serahkan Bantuan Bagi Warga Sulteng Korban Bencana Gempa Dan Tsunami | | Bupati Ikuti Tabligh Akbar Dan Istighosah di Mapolres Inhil | | Kebersamaan TNI Dengan Petani Dalam Panen Padi
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 20 Maret 2019
 
Kadis PUPR Pekanbaru Ajak Masyarakat Cegah Banjir
Editor: | Kamis, 13-12-2018 - 12:02:07 WIB
Ket Photo, Indra Pomi MT
TERKAIT:
 
  • Kadis PUPR Pekanbaru Ajak Masyarakat Cegah Banjir
  •  

    PEKANBARU, RIAUKontraS.com - Banjir yang melanda hampir semua ruas jalan di kota Pekanbaru saat ini bukan hanya kewenangan Pemerintah kota Pekanbaru. Melainkan juga oleh pemerintah provinsi dan pusat. Contohnya ruas jalan di sekitar bantaran Sungai Siak.

    Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) kota Pekanbaru Indra Pomi MT saat dikonfirmasi terkait penanganan banjir akibat hujan yang terus mengguyur kota Pekanbaru beberapa hari terakhir ini, Selasa (11/12/18).

    "Banjir coba kita tangani lebih khusus kedepan karena ini juga musim hujan, tak bisa kita bendung. Tentu saja antisipasinya adalah bagaimana membuat saluran air bisa lancar, daya dukung saluran meningkat. Kemudian yang tersumbat kita lobangi. Mudah mudahan dampak banjir ini tidak separah yang lalu lalu", ujarnya didampingi Kabid Bina Marga Akmaluddin ST

    Menurutnya, berdasarkan hasil pemetaan ada ratusan ruas jalan yang menjadi titik rawan banjir. Akan tetapi yang potensial Jalan Arifin Achmad, Sukarnno Hatta dan Rajawali Sakti.

    "Kita mencarikan solusi agar ruas ruas jalan itu tak lagi banjir. Tapi kewenangan banjir ini sesungguhnya bukan hanya kota. Ada juga kewenangan nasional seperti Perumahan Witayu di pinggir Sungai Siak. Penanganannya memang khusus. Disana ada pompa banjr tapi pompanya juga rusak.

    Indra Pomi mengatakan upaya penanganan yang bisa ia lakukan jangka pendek adalah dengan normalisasi, membongkar drainase yang tersendat, membersihkan sungai.

    "Masalah banjir ini tak bisa dilokalisir begitu saja ke Pemko Pekanbaru karena terintegrasi dengan pemerintah provinsi dan pusat. Harapan kita bagaimana caranya kita bicara bersama. Mana yang mau kita aksi terlebih dahulu. Baik jangka pendek maupun jangka panjang", ucapnya.

    Terkait permukaan parit yang ditutup kata Indra, pihaknya sudah melakukan pengecekan.

    "Kalau kendalanya dibawah parit kita bongkar. Kita sampaikan ke masyarakat dan Lurah. Seperti pembongkaran permukaan parit yang kita lakukan di Jalan Rajawali Sakti", katanya.

    Ia mengaku, upaya untuk mengatasi baniir di ruas jalan sudah dilakukan dengan melakukan pencucian parit. Hanya saja dàya dukung parit dinilai tudak cukup. Disamping itu masih banyak parit yang tidak terkoneksi dengan baik.

    "Ada parit yang mengecil, ada yang menghantam di pagar rumah warga, ada juga warga di belakang rumahnya dia tutup. Contohnya di Pattimura. Sesungguhnya disitu ada parit ke belakang. Tapi karena masyarakatnya takut banjir, dia tutup. Sehingga Jalan Pattimuranya sendiri tergenang. Akibatnya aspal di ruas jalan itu hancur", ujarnya.

    Untuk itu itu mengajak seluruh warga kota Pekanbaru agar bersama sama memikirkan dan menanggulangi banjir sesuai batas  kewenangan masing masing.

    "Warga mungkin bisa membersihkan drainase di depan rumahnya. Drainase besar Pemerintah kota akan bersihkan. Jadi kalau hanya pemerintah sendiri tidak akan mampu menangani semua", ucapnya.

    Ia mengatakan, koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) juga sudah dilakukan. Misalnya ada parit yang tersumbat dengan sampah, kita langsung koordinasi.

    Diakui, tak semua parit di kota Pekanbaru bisa dibersihkan. Untuk itu ia mengajak semua masyarakat berbuat untuk mencegah banjir yang lebih lama dan lebih luas. (fin)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Kadis PUPR Pekanbaru Ajak Masyarakat Cegah Banjir
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    6 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    7 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved